PUSAT PERBELANJAAN DALAM PERSEPSI MASYARAKAT URBAN SURABAYA SEBAGAI RUANG REKREASI

Athira Esa Sekarwati, 1011510019 (2017) PUSAT PERBELANJAAN DALAM PERSEPSI MASYARAKAT URBAN SURABAYA SEBAGAI RUANG REKREASI. Undergraduate thesis, Universitas Internasional Semen Indonesia.

[img] Text (ABSTRAK)
5. ABSTRAK.pdf

Download (692kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (158kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
10. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (793kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (380kB)
[img] Text (FULLTEXT)
SKRIPSI - ATHIRA ESA SEKARWATI (1011510019).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (FULLTEXT DOC)
SKRIPSI - ATHIRA ESA SEKARWATI (1011510019).docx
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Belakangan diketahui bahwa pusat perbelanjaan berkembang pesat di kota-kota besar di dunia. Perkembangan pusat perbelanjaan tersebut tidak terlepas dari praktik gaya hidup modern dan konsumtif yang dilakukan oleh masyarakat urban. Setiap waktu luang tiba saat akhir pekan atau hari libur, pusat perbelanjaan di Surabaya dipadati oleh pengunjung. Pusat perbelanjaan abad ke dua puluh satu ini dibangun untuk memungkinkan pengunjung menghabiskan waktu luangnya dengan bersantai dan mendapatkan pengalaman yang menghibur. Pengalaman sendiri mampu membentuk ingatan dalam bentuk persepsi dalam benak konsumen. Berangkat dari fenomena dan realita tersebut studi ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana masyarakat urban dalam praktiknya mempersepsikan sebuah pusat perbelanjaan. Penelitian ini mengambil latar Kota Surabaya dengan objek masyarakat urban Surabaya, karena dianggap mampu merepresentasikan fenomenan pusat perbelanjaan yang sedang terjadi. Dengan metode kualitatif deskiptif, studi ini diharapkan mampu memberikan gambaran riil mengenai fenomena dan realita yang terjadi di Surabaya. Dengan menggunakan teknik pemilihan informan purposive, sebanyak lima belas orang terpilih diwawancari oleh peneliti dengan menggunakan Teknik wawancara semi tersturktur. Berdasarkan hasil wawancara tersebut dan observasi yang dilakukan di hampir seluruh pusat perbelanjaan di Surabaya, diketahui bahwa pusat perbelanjaan telah dipersepsikan oleh masyarakat urban sebagai sebuah ruang bagi mereka untuk mencari hiburan dan bersantai saat waktu luang atau dikenal dengan istilah ruang rekreasi. Pusat perbelanjaan sebagai ruang rekreasi memungkinkan masyarakat urban melakukan beragam aktivitas yang menghibur seperti menonton film, kuliner di restoran, nongkrong di coffee shop, bermain bersama anak di area permainan, berolahraga di pusat kebugaran, hingga mencari inspirasi. Dengan berkunjung ke pusat perbelanjaan sebagaian masyarakat urban sepakat bahwa hal tersebut mampu memulihkan mereka dari kejenuhan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 014/KK.17/UISI-01/MG
Uncontrolled Keywords: Pusat perbelanjaan, masyarakat urban, persepsi, waktu luang, hiburan, rekreasi
Contributors:
ContributionNameEmail
Thesis advisorRosa Rilantiana, S.E., M.M.rosa.rilantiana@uisi.ac.id
Thesis advisorBambang Tutuko, S.E., M.M., CFP®bambang.tutuko@uisi.ac.id
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Department of Management
Depositing User: Aliffia Cahyani
Date Deposited: 09 Jun 2020 13:45
Last Modified: 09 Jun 2020 13:45
URI: https://repository.uisi.ac.id/id/eprint/134

Actions (login required)

View Item View Item