ANALISIS PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEMANGGI INSTAN PADA UMKM BINA MAKMUR DI MASA PANDEMI

Nur Laili Hidayatin, 2041710034 (2021) ANALISIS PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEMANGGI INSTAN PADA UMKM BINA MAKMUR DI MASA PANDEMI. Undergraduate thesis, Universitas Internasional Semen Indonesia.

[img] Text (COVER)
0. COVER.pdf

Download (456kB)
[img] Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (539kB)
[img] Text (HALAMAN PENGESAHAN)
2. HALAMAN PENGESAHAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (301kB) | Request a copy
[img] Text (HALAMAN PERSETUJUAN PUBLIKASI)
3. HALAMAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (278kB) | Request a copy
[img] Text (HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS)
4. HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (275kB) | Request a copy
[img] Text (ABSTRAK)
5. ABSTRAK.pdf

Download (439kB)
[img] Text (KATA PENGANTAR)
6. KATA PENGANTAR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (551kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR ISI)
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (320kB)
[img] Text (DAFTAR GAMBAR)
8. DAFTAR GAMBAR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (356kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR TABEL)
9. DAFTAR TABEL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (354kB) | Request a copy
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
10.BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (294kB)
[img] Text (BAB II KAJIAN PUSTAKA)
11.BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (452kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III METODOLOGI PENELITIAN)
12.BAB III METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (387kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
13.BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (686kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V PENUTUP)
14.BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (280kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
15.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (405kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
16.LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (FULLTEXT)
17.SKRIPSI - NUR LAILI HIDAYATIN (2041710034).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (FULLTEXT DOC)
18.SKRIPSI - NUR LAILI HIDAYATIN (2041710034).docx
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text (JURNAL)
19.JURNAL - NUR LAILI HIDAYATIN (2041710034).docx
Restricted to Repository staff only

Download (90kB) | Request a copy

Abstract

Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) memiliki peran yang cukup besar dalam pertumbuhan ekonomi suatu negara. Sehingga perlu untuk meningkatkan perkembangan dan pengembangan UMKM di Indonesia agar dapat menjadi penggerak perekonomian nasional berkelanjutan. Di tengah pesatnya perkembangan UMKM di Indonesia terdapat keterbatasan dan kendala yang dihadapi oleh UMKM yaitu dalam hal pemasaran. Selain itu maraknya wabah Covid-19 juga menjadi penyebab UMKM mengalami permasalahan dalam hal pemasaran yang berdampak pada menurunnya keputusan pembelian. Salah satunya adalah UMKM Bina Makmur yang merupakan UMKM yang memproduksi semanggi instan khususnya pada bauran pemasaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian dan mengetahui variabel bauran pemasaran manakah yang paling berpengaruh dalam keputusan pembelian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data kuesioner yang diberikan kepada konsumen. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 50 orang konsumen berdasarkan syarat minimum penggunaan sampel analisis dengan multivariate. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data akan diolah menggunakan software SPSS 24. Metode analisa yang digunakan adalah uji asumsi klasik dan uji hipotesis. Penelitian ini menggunakan indikator bauran pemasaran sebagai variabel independen yaitu produk (X1), harga (X2), tempat (X3), dan promosi (X4), serta variabel dependen keputusan pembelian (Y). Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, didapatkan hasil bahwa secara simultan variabel independen berpengaruh positif terhadap variabel dependen. Hal tersebut dibuktikan berdasarkan perhitungan nilai Fhitung > Ftabel yaitu sebesar 13.629 > 2.58. Berdasarkan perhitungan secara parsial diketahui bahwa harga dan promosi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, sedangakan untuk variabel produk dan tempat memiliki pengaruh positif namun tidak signifikan terhadap keputusan pembelian. Hal ini dapat dilihat berdasarkan perhitungan nilai t hitung > t tabel. Sedangkan variabel yang paling berpengaruh terhadap keputusan pembelian adalah variabel harga dengan nilai 0,402.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: bauran pemasaran, semanggi instan, keputusan pembelian
Contributors:
ContributionNameEmail
Thesis advisorIrvan Adhin Cholilie, S.TP., M.P.irvan.cholilie@uisi.ac.id
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Department of Agro-industrial Technology
Depositing User: Nur Laili Hidayatin
Date Deposited: 02 Sep 2021 14:40
Last Modified: 02 Sep 2021 14:40
URI: https://repository.uisi.ac.id/id/eprint/1599

Actions (login required)

View Item View Item