PENENTUAN FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KELELAHAN KERJA PADA PENGENDARA OJEK ONLINE GO-JEK DI KABUPATEN GRESIK

AHMAD ALIAFI BUSYRO, 2011710005 (2021) PENENTUAN FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KELELAHAN KERJA PADA PENGENDARA OJEK ONLINE GO-JEK DI KABUPATEN GRESIK. Undergraduate thesis, Universitas Internasional Semen Indonesia.

[img] Text (COVER)
0. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (1MB)
[img] Text (HALAMAN PENGESAHAN)
2. HALAMAN PENGESAHAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (HALAMAN PERSETUJUAN PUBLIKASI)
3. HALAMAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS)
4. HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (ABSTRAK)
5. ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text (KATA PENGANTAR)
6. KATA PENGANTAR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR ISI)
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (2MB)
[img] Text (DAFTAR GAMBAR)
8. DAFTAR GAMBAR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR TABEL)
9. DAFTAR TABEL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
10. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB II KAJIAN PUSTAKA)
11. BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III METODOLOGI PENELITIAN)
12. BAB III METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
13. BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V PENUTUP)
14. BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)
[img] Text (LAMPIRAN)
16. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (FULL TEXT)
17. SKRIPSI - AHMAD ALIAFI BUSYRO (2011710005).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (FULL TEXT DOC)
18. SKRIPSI - AHMAD ALIAFI BUSYRO (2011710005).docx
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (JURNAL)
19. JURNAL - AHMAD ALIAFI BUSYRO (2011710005).docx
Restricted to Repository staff only

Download (54kB) | Request a copy

Abstract

Ojek online merupakan salah satu sarana transprortasi umum darat yang sering di gunakan oleh masyarakat karena sifatnya yang fleksibel tanpa ada batasan area serta dengan tarif yang terbilang ekonomis. Alasan lainnya ojek online lebih di minati karena dalam satu aplikasi pemesanan ojek online terdapat fitur fitur yang cukup lengkap seperti memesan makanan, dapat melakukan transaksi non tunai, melakukan pengiriman barang, maupun kegiatan penunjang lainnya. Dengan semakin banyaknya masyarakat yang menggunakan jasa ojek online sebagai salah satu sarana transportasi, maka semakin banyak pula pengendara pengendara ojek online khususnya di Kabupaten Gresik. Keberadaan ojek online ini tentu saja berkontribusi positif terhadap peningkatan jumlah kendaraan bermotor roda dua (sepeda motor). Pekerjaan sebagai pengendara ojek online ini merupakan pekerjaan yang cukup intens sehingga memiliki risiko yang menyebabkan terjadinya kelelahan. Dalam penelitian ini variabel yang digunakan adalah variabel bebas (dependent) meliputi umur, kondisi fisik/kesehatan, beban kerja, masa kerja, waktu istirahat, durasi berkendara, dan juga kualitas tidur dengan memadukan variabel terkait (independent) yakni kelelahan kerja. Penelitian ini akan menggunakan metode semi-kuantitaif dan pendekatan cross sectional atau potong lintang dimana nantinya hanya dilakukan dalam satu waktu tertentu yang bertujuan untuk menganalisa hubungan antara faktor-faktor penyebab risiko kelelahan kerja dengan melalui wawancara dan pengumpulan data sekaligus pada waktu yang bersamaan. Analisis data yang digunakan adalah univariat dan bivariat menggunakan uji Chi Square. Pada hasil pengujian dengan menggunakan uji Chi Square variabel yang berhubungan dengan kelelahan kerja antara lain usia, masa kerja dan pencahayaan, sedangkan variabel yang tidak berhubungan dengan kelelahan adalah variabel status gizi dan suhu. Didapatkan hasil pengujian jumlah orang yang mengalami kelelahan ringan sebanyak 21 orang, kelelahan sedang 26 orang dan kelelahan berat 11 orang. Untuk faktor yang mempengaruhi kelelahan kerja yakni faktor masa kerja, durasi kerja, dan suhu lingkungan, sedangkan faktor yang tidak mempengaruhi yakni faktor usia, pencahayaan dan IMT.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Cross Section, Kecelakaan Kerja, Kelelahan, Pengendara Ojek Online
Contributors:
ContributionNameEmail
Thesis advisorIZZATI WINDA MURTI, S.T., M.T.izzati.murti@uisi.ac.id
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Department of Engineering Management
Depositing User: Ahmad Aliafi Busyro
Date Deposited: 15 Sep 2021 15:43
Last Modified: 15 Sep 2021 15:43
URI: https://repository.uisi.ac.id/id/eprint/1778

Actions (login required)

View Item View Item