KAJIAN PASAR PADA RENCANA PENAMBAHAN PROGRAM STUDI BARU DI UNIVERSITAS INTERNASIONAL SEMEN INDONESIA (UISI)

Umi Sulistiyowati, 2011510082 (2018) KAJIAN PASAR PADA RENCANA PENAMBAHAN PROGRAM STUDI BARU DI UNIVERSITAS INTERNASIONAL SEMEN INDONESIA (UISI). Undergraduate thesis, Universitas Internasional Semen Indonesia.

[img] Text (ABSTRAK)
5. ABSTRAK.pdf

Download (336kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (340kB)
[img] Text (BAB I)
10. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (244kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (231kB)
[img] Text (FULLTEXT)
SKRIPSI - UMI SULISTIYOWATI (2011510082).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (FULLTEXT DOC)
SKRIPSI - UMI SULISTIYOWATI (2011510082).docx
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Sekolah Tinggi Manajemen Semen Indonesia (STiMSI) telah berdiri sejak tahun 2013 yang memiliki dua program studi yaitu Manajemen dan Manajemen Rekayasa. Setelah dua tahun berjalan STiMSI bertransformasi menjadi UISI (Universitas Internasional Semen Indonesia) dengan menambahkan delapan program studi baru. Mayoritas mahasiswa UISI berasal dari berasal dari Kabupaten Gresik, dengan jumlah 877 mahasiswa dari total 1.739 mahasiswa UISI. Fenomena yang terjadi, mahasiswa asal Lamongan yang mana merupakan wilayah terdekat dari Gresik hanya sebanyak 174 mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa kebutuhan konsumen terhadap program studi baru di UISI. Metode yang digunakan adalah statistik nonprarametrik dengan data primer yang didapatkan dari kuesioner yang disebarkan ke Kabupaten Gresik dan Kabupaten Lamongan. Sasaran respondennya adalah siswa SMA sederajat, mahasiswa dan orang tua. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa program studi Manajemen merupakan program studi di UISI yang paling diminati. Di luar sepuluh jurusan di UISI, program studi Kedokteran adalah program studi baru yang paling diminati. Terdapat enam faktor pertimbangan siswa dalam memilih perguruan tinggi, yaitu program studi yang sesuai, akreditasi, fasilitas akademik, reputasi perguruan tinggi, saran atau anjuran, dan lokasi perguruan tinggi, di mana faktor yang mempunyai nilai paling tinggi adalah program studi yang sesuai. Dari beberapa lowongan pekerjaan, program studi Manajemen, Akuntansi, Manajemen Rekayasa, Teknik Kimia, Teknik Logistik, Psikologi, Teknik Mesin, Perhotelan, dan Hukum merupakan bidang studi yang banyak dibutuhkan. Program studi Ekonomi Syariah, Teknologi Industri Pertanian, Desain Komunikasi Visual, Informatika, Sistem Informasi, Teknik Elektro, Komunikasi, Teknik Sipil, dan Kedokteran merupakan bidang studi yang kurang dibutuhkan atau diminati oleh perusahaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 67/KK.18/UISI-01/MR
Uncontrolled Keywords: Chi Square, Kuesioner, Program studi baru, Riset pasar
Contributors:
ContributionNameEmail
Thesis advisorAndhika Eko Prasetyo, S.T., M.T.andhika.prasetyo@uisi.ac.id
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Department of Engineering Management
Depositing User: Mahasiswa UISI
Date Deposited: 25 Jun 2020 08:30
Last Modified: 27 Jul 2020 14:03
URI: https://repository.uisi.ac.id/id/eprint/226

Actions (login required)

View Item View Item