Analisis Risiko Kecelakaan Kerja Pada Proses Bongkar Muat di Pelabuhan PT Terminal Teluk Lamong Dengan Metode HIRARC

Eka Aisyah Putri, 2011510083 (2018) Analisis Risiko Kecelakaan Kerja Pada Proses Bongkar Muat di Pelabuhan PT Terminal Teluk Lamong Dengan Metode HIRARC. Undergraduate thesis, Universitas Internasional Semen Indonesia.

[img] Text (ABSTRAK)
5. ABSTRAK.pdf

Download (356kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (208kB)
[img] Text (BAB I)
11. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (220kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (321kB)
[img] Text (FULLTEXT)
SKRIPSI - EKA AISYAH PUTIR (2011510083).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy
[img] Text (FULLTEXT DOC)
SKRIPSI - EKA AISYAH PUTRI (2011510083).rtf
Restricted to Repository staff only

Download (80MB) | Request a copy

Abstract

Potensi kecelakaan kerja dapat terjadi pada setiap aktivitas pekerjaan. Kecelakaan kerja dapat diakibatkan oleh mesin-mesin maupun faktor kelalaian pekerja. Pada pekerjaan bongkar muat tidak hanya menghasilkan jasa, tetapi menimbulkan bahaya yang ada di dalamnya. Penelitian ini dilakukan pada proses bongkar muat di pelabuhan milik PT Terminal Teuk Lamong, yang bertujuan untuk mengidentifikasi potensi kecelakaan kerja yang terjadi sehingga dapat dilakukan pencegahannya. Dalam penelitian ini upaya identifikasi dan pencegahan terjadinya kecelakaan kerja akan dilakukan menggunakan metode Hazard Identification Risk Assessment and Risk Control (HIRARC), dengan melakukan identifikasi bahaya (hazard identification) penilaian risiko (risk assessment) dan pengendalian risiko (risk control). Data yang digunakan diperoleh dari wawancara dan observasi langsung di area pelabuhan. Hasil dari penelitian didapatkan 46 penyebab kecelakaan dengan 8 penyebab kecelakaan dengan risiko rendah, 28 penyebab kecelakaan dengan risiko sedang dan 10 bahaya dengan risiko tinggi. Saran pengendalian teknik yaitu penambahansirine pada kabin operator, wind speed, limit swift. Pengendalian Administratif berupa SOP, lisensi K3 (SIO), safety induction, safety sign, pemeriksaan vessel safety inspection checklist, emergency drill dan Alat Pelindung Diri (APD).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 68/KK.18/UISI-01/MR
Uncontrolled Keywords: Bongkar Muat, HIRARC, Kecelakaan kerja, Pelabuhan, Risiko
Contributors:
ContributionNameEmail
Thesis advisorIzzati Winda Murti, S.T., M.T.izzati.murti@uisi.ac.id
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Department of Engineering Management
Depositing User: Mahasiswa UISI
Date Deposited: 25 Jun 2020 08:30
Last Modified: 27 Jul 2020 13:52
URI: https://repository.uisi.ac.id/id/eprint/227

Actions (login required)

View Item View Item