IDENTIFIKASI KUALITAS PELAYANAN MENGGUNAKAN METODE SERVQUAL (STUDI KASUS PADA RUMAH SAKIT SEMEN GRESIK BAGIAN INTALAS RAWAT JALAN)

Aulia Rahmah, 1011510058 (2017) IDENTIFIKASI KUALITAS PELAYANAN MENGGUNAKAN METODE SERVQUAL (STUDI KASUS PADA RUMAH SAKIT SEMEN GRESIK BAGIAN INTALAS RAWAT JALAN). Undergraduate thesis, Universitas Internasional Semen Indonesia.

[img] Text (ABSTRAK)
5. ABSTRAK.pdf

Download (384kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (425kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
10. BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (506kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (584kB)
[img] Text (FULLTEXT)
SKRIPSI-AULIA RAHMAH (1011510058).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text (SCAN SOFT FILE AULIA RAHMAH (1011510058))
Aulia rahmah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (76MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kesenjangan antara ekspektasi dan persepsi pelanggan menggunakan metode service quality di Instalasi Rawat Jalan. Memberikan usulan perbaikan kepada Rumah Sakit Semen Gresik dan mengetahui secara rinci penyebab ketidakpuasan konsumen dengan menggunakan metode service quality. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan kuisioner dengan skala likert 1-5 serta teknik perhitungan untuk menganalisis kualitas pelayanan menggunakan rumus metode Servqual dan SPSS untuk menguji instrumen yang digunakan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari keseluruhan kriteria pada isntrumen penelitian terdapat kesenjangan (gap) antara persepsi dan ekspektasi. Hal tersebut dikarenakan upaya perbaikan kualitas pelayanan pada sumber daya manusia serta kenyamanan pasien saat berada pada ruang instalasi rawat jalan belum maksimal. Upaya yang dapat dilakukan oleh pihak Rumah Sakit sebagai penyedia jasa adalah memberikan sebuah pelatihan, menerapkan kebijakan pada staf, membenahi fasilitas yang baik agar dapat memenuhi ekspektasi pasien atau konsumennya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 041/KK.17/UISI-01/MG
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Pelatihan, Metode Servqual
Contributors:
ContributionNameEmail
Thesis advisor: Dr. Ir. Bustanul Arifin N., M.Sc.-
Thesis advisorHadi Cahyono, S.E., M.Mhadi.cahyono@uisi.ac.id
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Department of Management
Depositing User: Aliffia Cahyani
Date Deposited: 15 Jul 2020 09:56
Last Modified: 31 May 2024 14:39
URI: https://repository.uisi.ac.id/id/eprint/296

Actions (login required)

View Item View Item