IMPLEMENTASI PENDEKATAN SIMULASI DISKRIT UNTUK MENINGKATKAN EFISIENSI SISTEM BONGKAR MUAT PELABUHAN CURAH KERING (STUDI KASUS: PT GRESIK JASATAMA)

ALFI CORNELIA LARASATI, 2021810003 (2022) IMPLEMENTASI PENDEKATAN SIMULASI DISKRIT UNTUK MENINGKATKAN EFISIENSI SISTEM BONGKAR MUAT PELABUHAN CURAH KERING (STUDI KASUS: PT GRESIK JASATAMA). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS INTERNASIONAL SEMEN INDONESIA.

[img] Text (COVER)
0. COVER.pdf

Download (166kB)
[img] Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (151kB)
[img] Text (HALAMAN PENGESAHAN)
2. HALAMAN PENGESAHAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (446kB) | Request a copy
[img] Text (HALAMAN PERSETUJUAN PUBLIKASI)
3. HALAMAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (434kB) | Request a copy
[img] Text (HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS)
4. HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (329kB) | Request a copy
[img] Text (ABSTRAK)
5. ABSTRAK.pdf

Download (414kB)
[img] Text (KATA PENGANTAR)
6. KATA PENGANTAR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (762kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR ISI)
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (474kB)
[img] Text (DAFTAR GAMBAR)
8. DAFTAR GAMBAR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (465kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR TABEL)
9. DAFTAR TABEL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (465kB) | Request a copy
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
10. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (421kB)
[img] Text (BAB II KAJIAN PUSTAKA)
11. BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (985kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III METODOLOGI PENELITIAN)
12. BAB III METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (622kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
13. BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (977kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V ANALISIS DAN INTERPRETASI)
14. BAB V ANALISIS DAN INTERPRETASI HASIL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB VI KESIMPULAN DAN SARAN)
15. BAB VI KESIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (413kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (480kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
17. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (FULLTEXT)
18. SKRIPSI-ALFICORNELIA LARASATI (2021810003).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (FULLTEXT DOC)
19. SKRIPSI-ALFICORNELIA LARASATI (2021810003).docx
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (JURNAL)
20. JURNAL - ALFI CORNELIA LARASATI (2021810003).docx
Restricted to Repository staff only

Download (134kB) | Request a copy

Abstract

Kelancaran proses bongkar muat dipengaruhi oleh sumber daya manusia dan peralatan bongkar muat. Kegiatan bongkar muat memiliki waktu yang sangat terbatas sehingga mengurangi idle time. Hingga saat ini, di Indonesia masih banyak yang menggunakan TKBM (Tenaga Kerja Bongkar Muat) dan seringkali dijadikan pertimbangan dalam efisiensi waktu saat bongkar muat. Perusahaan ini masih menggunakan pekerja TKBM untuk proses bongkar muatnya, terutama bongkar muat cargobag (pupuk). Keadaan bongkar muat sering terjadi keterlambatan karena pekerja kelelahan. Perusahaan sangat sulit untuk melakukan percobaan metode kerja secara langsung di lapangan karena tingkat kesibukan perusahaan dan menimbulkan masalah dalam proses bongkar muat. Pemodelan simulasi diskrit dapat menganalisa sistem dalam mengetahui tingkah laku dari suatu model tanpa harus langsung merubah tujuan dilakukannya penelitian ini untuk menguji dalam menentukan perbaikan skenario yang paling efisien dalam jumlah tenaga kerja bongkar muat. Mendapatkan hasil terbaik pada skenario 3. Perbandingan tersebut dilihat dari waktu pemindahan tenaga kerja kapal muat dari waktu paling rendah 0,33 % menit dan paling besar 0,57% menjadi paling rendah 0% dan paling besar 0,10%. Waktu pemindahan tenaga kerja kapal bongkar dari waktu paling rendah 1,4% dan paling besar 1,9% menjadi paling rendah 1,02% dan paling besar 1,47%. Waktu tenaga kerja truk bongkar dari paling rendah 18,0% paling besar 21,3% menjadi paling rendah 0,03% dan paling besar 0,3%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Softfile/KK.22/UISI-01/TL
Uncontrolled Keywords: Bongkar Muat, Pupuk, TKBM (Tenaga Kerja Bongkar Muat), Simulasi Diskrit
Contributors:
ContributionNameEmail
Thesis advisorMuhammad Faisal Ibrahim, S.T., M.T.muhammad.ibrahim@uisi.ac.id
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Department of Logistic Engineering
Depositing User: Alfi Cornelia Larasati
Date Deposited: 25 Aug 2022 15:04
Last Modified: 25 Aug 2022 15:04
URI: https://repository.uisi.ac.id/id/eprint/3690

Actions (login required)

View Item View Item