PERANCANGAN INDEPENDENT DATA MART DAN VISUALISASI DATA ADMISI UNTUK MENDUKUNG KEBUTUHAN INFORMASI PEMASARAN (STUDI KASUS: UISI)

Agil Abdullah Ferdiansyah, 3011510004 (2019) PERANCANGAN INDEPENDENT DATA MART DAN VISUALISASI DATA ADMISI UNTUK MENDUKUNG KEBUTUHAN INFORMASI PEMASARAN (STUDI KASUS: UISI). Undergraduate thesis, Universitas Internasional Semen Indonesia.

[img] Text (ABSTRAK)
5. ABSTRAK.pdf

Download (369kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (323kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
10. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (327kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (312kB)
[img] Text (JURNAL)
JURNAL - AGIL ABDULLAH FERDIANSYAH (3011510004).docx

Download (242kB)
[img] Text (FULLTEXT)
SKRIPSI - AGIL ABDULLAH FERDIANSYAH (3011510004).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (FULLTEXT DOC)
SKRIPSI - AGIL ABDULLAH FERDIANSYAH (3011510004).docx
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Ketatnya persaingan dalam mendapatkan mahasiswa baru merupakan suatu tantangan bagi perguruan tinggi. Perencanaan strategi promosi yang efektif dan efisien adalah hal penting bagi perguruan tinggi agar dapat bertahan dalam persaingan. Data admisi merupakan aset bagi pihak pemasaran untuk mendapatkan informasi pendukung dalam perencanaan strategi promosi. Pengolahan data admisi di UISI masih dilakukan secara manual oleh pihak pemasaran, untuk itu perlu perancangan independent data mart untuk mengolah data admisi menjadi informasi yang berguna bagi pihak pemasaran. Untuk merancang independent data mart dari data admisi UISI metode yang digunakan adalah four-step Kimball, sedangkan tool yang digunakan untuk proses extract, transform, load (ETL) adalah Pentaho Data Integration (PDI)/Kettle. Data pada independent data mart admisi selanjutnya divisualisasikan pada suatu sistem berbasis web, sehingga dapat dianalisis untuk memberi informasi penunjang kepada pihak pemasaran dalam pengambilan keputusan perencanaan strategi promosi. Berdasarkan hasil pengujian, sistem visualisasi data admisi mampu memberikan informasi pendukung bagi pihak pemasaran. Sebesar 90% dari informasi yang disajikan pada sistem visualisasi data sesuai dengan informasi yang dibutuhkan pihak pemasaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 003/KK.19/UISI-01/IF
Uncontrolled Keywords: Independent Data Mart, Four-step Kimball, ETL, Admisi, Pemasaran
Contributors:
ContributionNameEmail
Thesis advisorYohanes Indra Riskajaya, S.Kom., M.Kom.yohanes.riskajaya@uisi.ac.id
Thesis advisorLailatul Hidayah, S.Kom., M.S.lailatul.hidayah@uisi.ac.id
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Department of Informatics
Depositing User: Raudhatul Munawwarah
Date Deposited: 29 Jul 2020 14:56
Last Modified: 29 Jul 2020 14:56
URI: https://repository.uisi.ac.id/id/eprint/477

Actions (login required)

View Item View Item