IMPLEMENTASI HYBRID ALGORITMA GENETIKA PADA PERMASALAHAN VEHICLE ROUTING PROBLEM PICK-UP AND DELIVERY WITH TIME WINDOWS

Fajar Fitri Andriyanto, 2021510019 (2019) IMPLEMENTASI HYBRID ALGORITMA GENETIKA PADA PERMASALAHAN VEHICLE ROUTING PROBLEM PICK-UP AND DELIVERY WITH TIME WINDOWS. Undergraduate thesis, Universitas Internasional Semen Indonesia.

[img] Text (ABSTRAK)
5. ABSTRAK.pdf

Download (416kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (643kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
10. BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (424kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (527kB)
[img] Text (JURNAL)
JURNAL - FAJAR FITRI ANDRIYANTO (2021510019).doc
Restricted to Repository staff only

Download (432kB) | Request a copy
[img] Text (FULLTEXT)
SKRIPSI FAJAR FITRI ANDRIYANTO_2021510019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (FULLTEXT DOC)
SKRIPSI FAJAR FITRI ANDRIYANTO_2021510019.docx
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini membahas pengembangan algoritma genetika untuk menyelesaikan permasalahan Vehicle routing problem Pick-up and Delivery with Time Windows (VRPPDTW) di PT. Rajawali Mentari Kargo (RMK). Dimana kondisi perusahaan saat ini adalah melayani 42 titik wilayah menggunakan 15 kendaraan, 13 kendaran digunakan dalam melakukan Pick-Up and Delivery di Wilayah Surabaya dan Sidoarjo, sementara 2 kendaran lain digunakan dalam pengambilan barang di Bandara Juanda. dimana jumlah kendaraan tersebut dinilai kurang optimal dalam melakukan sebuah pengiriman. Rute dari perusahaan saat ini juga dibagi menjadi 13 wilayah Cluster yang mencakup 42 titik diwilayah Surabaya dan Sidoarjo. Pengembangan algoritma dilakukan dengan jalan menambahkan teknik pembangkitan inisial solusi neirest neighbor berdasarkan jam tutup, jam buka, dan jarak terminimum. Modifikasi selanjutnya adalah merubah proses crossover menjadi mutasi swap dan mutasi exchange. Sedangkan karakteristik persoalan VRPPDTW dalam penelitian ini memiliki fungsi tujuan meminimalkan jarak tempuh dan jumlah kendaraan. Jarak minimum dan jumlah kendaraan yang diperoleh berasal dari total nilai fitness, nilai fitness sendiri didapatkan dari total nilai penalti jarak, demand, waktu buka dan tutup suatu depot. Penalti ini terjadi jika kendaraan datang atau meninggalkan konsumen di luar jam operasional konsumen (buka tutup kantor cabang). Hasil penelitian ini terbatas pada jumlah iterasi yang dilakukan atau dihentikan pada iterasi ke-10. Solusi optimal yang didapatkan dari implentasi usulan rute yang terdiri dari 4 rute, 42 kantor cabang dengan pembagian rute 1 melayani 10 KC, rute 2 melayani 10 KC, rute 3 melayani 11 KC, dan rute 4 melayani 11 KC, dan 4 rute yang dilakukan pengerjaan mendapatkan nilai fitness sebesar 1.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 016/KK.19/UISI-01/TL
Uncontrolled Keywords: VRPPDTW, Hybrid Algoritma Genetika, Nearest Neigbour Time Windows
Contributors:
ContributionNameEmail
Thesis advisorMuhammad Faisal Ibrahim, S.T., M.Tmuhammad.ibrahim@uisi.ac.id
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Department of Logistic Engineering
Depositing User: Aliffia Cahyani
Date Deposited: 29 Jul 2020 14:53
Last Modified: 18 Nov 2020 11:22
URI: https://repository.uisi.ac.id/id/eprint/519

Actions (login required)

View Item View Item