Optimalisasi Rute Distribusi Spare part Multi-product dan Multi Vehicle Menggunakan Metode Cross Entropy

Ahmad Imaddudin, 2021510003 (2019) Optimalisasi Rute Distribusi Spare part Multi-product dan Multi Vehicle Menggunakan Metode Cross Entropy. Undergraduate thesis, Universitas Internasional Semen Indonesia.

[img] Text (ABSTRAK)
5. ABSTRAK.pdf

Download (303kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (297kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
11. BAB 1.pdf

Download (322kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (160kB)
[img] Text (JURNAL)
JURNAL - AHMAD IMADDUDIN (2021510003).docx
Restricted to Repository staff only

Download (102kB) | Request a copy
[img] Text (FULLTEXT)
AHMAD IMADDUDIN_2021510003.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (FULLTEXT DOC)
AHMAD IMADDUDIN_2021510003.docx
Restricted to Repository staff only

Download (11MB) | Request a copy

Abstract

Permasalahan rute kendaraan dengan mempertimbangkan kapasitas dalam proses distribusi ialah masalah yang sering dialami oleh perusahaan yang memiliki jangkauan konsumen luas dan demand tinggi. Pada penelitian ini menjelaskan permasalahan rute distribusi pada spare part sepeda motor. Tujuan dari penelitian ini ialah menentukan rute optimal dari proses distribusi dari depot ke suatu depo untuk menyebar ke titik konsumen sehingga diharapkan meminimasi biaya kendaraan yang mengangkut barang dan mengestimasi jumlah kendaraan yang digunakan. Metode yang digunakan untuk menyelesaikan masalah penelitian ini adalah Cross Entropy (CE). Cross Entropy (CE) merupakan salah satu metode optimasi yang baru dikembangkan untuk menyelesaikan beberapa kasus seperti Vehicle Routing Problem (VRP) dan Travelling Salesman Problem (TSP). Pada perhitungan kondisi eksisting menghasilkan 9 rute untuk mencapai 30 titik tujuan pengiriman dimana total jarak keseluruhan sebesar 1327.5 km sehingga dibutuhkan 6 unit kendaraan jenis K1 dan untuk kendaraan jenis K2 sebanyak 3 unit kendaraan dengan begitu didapatkan perhitungan total biaya keseluruhan yang dikeluarkan untuk 9 kendaraan sebesar 2,996,302 juta. Setelah dilakukan perhitungan untuk mencari rute yang optimal menggunakan metode Cross Entropy pada kasus dari kondisi eksisting maka didapatkan hasil 8 rute untuk memenuhi permintaan dari 30 titik tujuan pengiriman. Pada rute usulan menggunakan kendaraan jenis K1 sebanyak 7 unit dan 1 kendaraan untuk jenis K2 dengan total jarak keseluruhan sebesar 751.6 km sehingga dapat dihitung total biaya yang dibutuhkan untuk 8 kendaraan tersebut sebesar 2,272,063 juta. Dari hasil diatas dapat dilihat selisih total biaya sebanyak 724,238 ribu dan dapat di persentasekan nilai optimal dibandingkan kondisi eksisting sebesar 24%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 003/KK.19/UISI-01/TL
Uncontrolled Keywords: Cross Entropy, rute optimal, spare part sepeda motor
Contributors:
ContributionNameEmail
Thesis advisorArtya Lathifah, S.T., M.Sc., MBAartya.lathifah@uisi.ac.id
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Department of Logistic Engineering
Depositing User: Raudhatul Munawwarah
Date Deposited: 29 Jul 2020 15:57
Last Modified: 29 Jul 2020 15:57
URI: https://repository.uisi.ac.id/id/eprint/520

Actions (login required)

View Item View Item