OPTIMALISASI PENJADWALAN SANDAR KAPAL DI TERMINAL GAPURA SURYA NUSANTARA

Gita Regiana, 2021510020 (2019) OPTIMALISASI PENJADWALAN SANDAR KAPAL DI TERMINAL GAPURA SURYA NUSANTARA. Undergraduate thesis, Universitas Internasional Semen Indonesia.

[img] Text (ABSTRAK)
5. ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (321kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
10. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)
[img] Text (JURNAL)
JURNAL-GITA REGIANA (2021510020).docx
Restricted to Repository staff only

Download (339kB) | Request a copy
[img] Text (FULLTEXT)
SKRIPSI- GITA REGIANA (2021510020).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy
[img] Text (FULLTEXT DOC)
SKRIPSI- GITA REGIANA (2021510020).docx
Restricted to Repository staff only

Download (13MB) | Request a copy

Abstract

Pada kegiatan operasionalnya dermaga terminal penumpang melayani kegiatan sandar labuh kapal dan bongkar muat barang, akan tetapi pada beberapa kasus kegiatan tersebut tidak sesuai dengan perencanaan karena berbagai faktor diantaranya keterlambatan sandar kapal karena kapal lain belum selesai melakukan bongkar muatan. Penelitian ini memiliki tujuan untuk membuat jadwal untuk sandar kapal di dermaga yang optimal dengan tujuan agar kapal yang sudah ada dalam daftar pemohonan sandar tidak mengalami keterlambatan lagi. Penelitian ini mengembangkan algoritma penjadwalan sandar kapal dengan membandingkan sistem kade dan tanpa kade, yang memiliki tujuan untuk mencari sistem yang mempunyai utilisasi dan BOR dengan kedua kebijakan, sehingga didapatkan sistem kebijakan yang optimal. Peneliti mengharapkan dengan melakukan penelitian ini maka mendapatkan hasil perbandingan antara jadwal yang menggunakan sistem kade dan sistem tanpa kade dengan waktu pelayanan sandar kapal agar dapat memiliki utilisasi dan BOR dalam pelayanan sandar kapal di dermaga yang optimal untuk menghindari terjadinya antrian kendaraan di terminal maupun di dalam dermaga. Maka peneliti menjadwalkan kapal sandar dengan menggunakan kebijakan tanpa kade dan mendapatkan hasil nilai BOR sebesar 30,58% yang nilai BOR sebelumnya yaitu 30,49% yang berarti memliki selisih 0,09% dengan jumlah waiting time 160 menit.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 017/KK.19/UISI-01/TL
Uncontrolled Keywords: Algoritma, BOR, penjadwalan, utilisasi
Contributors:
ContributionNameEmail
Thesis advisorMaulin Masyito Putri, S.T,. M.Tmaulin.putri@uisi.ac.id
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Department of Logistic Engineering
Depositing User: Aliffia Cahyani
Date Deposited: 29 Jul 2020 14:50
Last Modified: 29 Jul 2020 14:50
URI: https://repository.uisi.ac.id/id/eprint/523

Actions (login required)

View Item View Item