PENJADWALAN DAN PENENTUAN JUMLAH TRUK PENGIRIMAN SEMEN DARI PT SEMEN INDONESIA (PERSERO) TBK TUBAN KE GUDANG DISTRIBUTOR JAWA TIMUR

Amanda Putri Sikumbang, 2021510008 (2019) PENJADWALAN DAN PENENTUAN JUMLAH TRUK PENGIRIMAN SEMEN DARI PT SEMEN INDONESIA (PERSERO) TBK TUBAN KE GUDANG DISTRIBUTOR JAWA TIMUR. Undergraduate thesis, Universitas Internasional Semen Indonesia.

[img] Text (ABSTRAK)
5. ABSTRAK.pdf

Download (330kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (425kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
11. BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (491kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (329kB)
[img] Text (JURNAL)
JURNAL - AMANDA PUTRI SIKUMBANG (2021510008).docx

Download (150kB)
[img] Text (FULLTEXT)
SKRIPSI - AMANDA PUTRI SIKUMBANG (2021510008).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (FULLTEXT DOC)
SKRIPSI - AMANDA PUTRI SIKUMBANG (2021510008).docx
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

PT Semen Indonesia (Persero) Tbk pada tahun 2017-2018 mengalami penurunan sebesar 450.530 ton. Salah satu faktor turunnya realisasi pengiriman disebabkan oleh kurangnya truk atau armada yang ditugaskan untuk melakukan pengiriman ke gudang distributor. Tujuan dari penelitian ini yaitu memaksimalkan pemenuhan permintaan semen dengan menentukan penjadwalan pengiriman serta penentuan jumlah armada. Dengan adanya penelitin ini dapat mempermudah PT Semen Indonesia (Persero) Tbk untuk melakukan pengiriman ke gudang distributor dengan melihat time windows gudang tersebut. Oleh karena itu penelitian ini dirancang dengan mengembangkan algoritma penjadwalan dari penelitian sebelumnya. Sehingga menemukan dua skenario yaitu skenario forward scheduling dan skenario backward scheduling dan dibantu dengan Microsoft Excel. Kedua skenario beroperasi pada estimasi truk sampai ke gudang dengan kebijakan masingmasing skenario. Hasil yang didapat dari penelitian ini berupa penjadwalan truk selama 7 hari dan adanya kebijakan dari masing-masing skenario berdampak pada rilis pengiriman meningkat sebesar 14% dan 13%. Selain itu, penelitian ini menghasilkan total jumlah truk yang digunakan dalam satu hari sebesar 126 unit truk lebih sedikit dibanding dengan kondisi eksisting.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 008/KK.19/UISI-01/TL
Uncontrolled Keywords: Backward scheduling, forward scheduling, gudang distributor, penjadwalan truk, time windows
Contributors:
ContributionNameEmail
Thesis advisorMaulin Masyito Putri, S.T., M.T.maulin.putri@uisi.ac.id
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Department of Logistic Engineering
Depositing User: Raudhatul Munawwarah
Date Deposited: 29 Jul 2020 16:05
Last Modified: 29 Jul 2020 16:05
URI: https://repository.uisi.ac.id/id/eprint/526

Actions (login required)

View Item View Item