ANALISIS AIRCRAFT ROUTING DENGAN MEMPERTIMBANGKAN KETERSEDIAAN PESAWAT ATR PADA MASKAPAI GARUDA INDONESIA

Ayu Rahmawati Persada, 2021510011 (2019) ANALISIS AIRCRAFT ROUTING DENGAN MEMPERTIMBANGKAN KETERSEDIAAN PESAWAT ATR PADA MASKAPAI GARUDA INDONESIA. Undergraduate thesis, Universitas Internasional Semen Indonesia.

[img] Text (ABSTRAK)
5. ABSTRAK.pdf

Download (314kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (323kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
10. BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (322kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (434kB)
[img] Text (JURNAL)
PAPER.docx
Restricted to Repository staff only

Download (163kB) | Request a copy
[img] Text (FULLTEXT)
SKRIPSI-AYU RAHMAWATI PERSADA (2021510011).docx
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (FULLTEXT DOC)
SKRIPSI-AYU RAHMAWATI PERSADA (2021510011).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Moda transportasi udara merupakan salah satu pilihan transportasi cepat yang digunakan masyarakat untuk membantu kebutuhan perpindahan barang maupun manusia. Memaksimalkan pelayanan merupakan salah satu visi sebuah maskapai. Setiap maskapai akan melakukan aircraft routing untuk meminimalkan biaya operasi, masing-masing tail number akan memiliki rute yang telah ditetapkan oleh pihak maskapai. Tail number merupakan kode setiap fleet yang dimiliki maskapai. Tahapan sebelum melakukan aircraft routing yaitu dengan menentukan flight scheduling dan fleet assignment. Penelitian ini bertujuan untuk menyelesaikan aircraft routing problem di PT Garuda Indonesia studi kasus pesawat tipe ATR, sehingga data yang diperlukan meliputi jumlah pesawat dan destinasi yang akan di layani. Selanjutnya, akan dilakukan pembangunan rute untuk penugasan setiap fleet dengan beberapa batasan yang telah ditentukan. Kemudian akan dilakukan pemilihan mengenai tingkat utilisasi tertinggi yang berguna untuk memaksimalkan penggunaan pesawat dan akan dilakukan analisa terhadap pemilihan utilisasi terkait destinasi yang akan dilayani dengan mempertimbangkan ketersediaan pesawat yang di miliki pihak maskapai. Berdasarkan hasil penelitian ini, dari empat skenario yang telah dibuat didapatkan hasil utilisasi optimal sebesar 4,9333 dengan jumlah 5 pesawat yang dibutuhkan dengan menggunakan kombinasi rute yang telah dibangun, 3 pesawat untuk wilayah Maluku dan 2 pesawat untuk wilayah Papua dengan sit connection 30 menit.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 010/KK.19/UISI-01/TL
Uncontrolled Keywords: aircraft routing, flight scheduling, fleet assignment, ketersediaan pesawat.
Contributors:
ContributionNameEmail
Thesis advisorMaulin Masyito Putri, S.T., M.T.maulin.putri@uisi.ac.id
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Department of Logistic Engineering
Depositing User: Raudhatul Munawwarah
Date Deposited: 29 Jul 2020 16:05
Last Modified: 29 Jul 2020 16:05
URI: https://repository.uisi.ac.id/id/eprint/529

Actions (login required)

View Item View Item