Firsttania Syaquira Raflis, 1022010013 (2024) TINGKAT KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP PROGRAM CSR (CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY) PADA PT PETROKIMIA GRESIK (STUDI PADA KAMPUNG PISANG TREPAN). Undergraduate thesis, Universitas Internasional Semen Indonesia.
Text (COVER)
0. COVER.pdf Download (453kB) |
|
Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf Download (391kB) |
|
Text (HALAMAN PENGESAHAN)
2. HALAMAN PENGESAHAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (349kB) | Request a copy |
|
Text (HALAMAN PERSETUJUAN PUBLIKASI)
3. HALAMAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (365kB) | Request a copy |
|
Text (HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS)
4. HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf Restricted to Repository staff only Download (310kB) | Request a copy |
|
Text (ABSTRAK)
5. ABSTRAK.pdf Download (709kB) |
|
Text (KATA PENGANTAR)
6. KATA PENGANTAR.pdf Restricted to Repository staff only Download (246kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR ISI)
7. DAFTAR ISI.pdf Download (436kB) |
|
Text (DAFTAR GAMBAR)
8. DAFTAR GAMBAR.pdf Restricted to Repository staff only Download (416kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR TABEL)
9. DAFTAR TABEL.pdf Restricted to Repository staff only Download (240kB) | Request a copy |
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
10. BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (366kB) |
|
Text (BAB II KAJIAN PUSTAKA)
11. BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (257kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III METODOLOGI PENELITIAN)
12. BAB III METODOLOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Registered users only Download (452kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
13. BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Registered users only Download (598kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V PENUTUP)
14. BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Registered users only Download (246kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (478kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
16. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (332kB) | Request a copy |
|
Text (FULL TEXT)
17. SKRIPSI - FIRSTTANIA SYAQUIRA RAFLIS (1022010013).pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (FULL TEXT DOC)
18. SKRIPSI - FIRSTTANIA SYAQUIRA RAFLIS (1022010013).docx Restricted to Repository staff only Download (14MB) | Request a copy |
|
Image (POSTER)
19. POSTER - FIRSTTANIA SYAQUIRA RAFLIS (1022010013).png Download (336kB) |
Abstract
Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan upaya perusahaan dalam meningkatkan kesejahteraan sosial dan lingkungan dengan tujuan menciptakan dampak positif pada keberlanjutan lingkungan hidup. PT Petrokimia Gresik, sebuah perusahaan BUMN yang bergerak di bidang agroindustri dan produksi pestisida, berkomitmen melaksanakan CSR untuk melindungi lingkungan dari dampak operasional pabriknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan masyarakat terhadap program CSR yang dilaksanakan oleh PT Petrokimia Gresik. Pengumpulan data dilakukan dengan metode kualitatif deskriptif melalui pendekatan studi kasus, termasuk observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1. Tahap perencanaan yang meliputi : a) Partisipasi masyarakat dalam proses perencanaan menunjukkan nilai “sangat puas”, hal ini disebabkan oleh pendekatan yang baik yang dilakukan perusahaan dengan terjun langsung ke lapangan dan berinteraksi langsung dengan pihak desa sebelum melaksanakan program CSR. b) Transparansi informasi dan komunikasi dinilai “sangat puas”, hal ini disebabkan PT Perokimia Gresik telah mengadakan pelatihan dan sosialisasi. c) Ketersediaan infrastruktur dari perusahaan menunjukkan nilai “netral”, karena menunjukkan bahwa PT Petrokimia Gresik menyediakan fasilitas dan alat yang bermanfaat. Namun, tedapat kekurangan dalam jumlah, jenis alat dan modal. 2. Tahap Pelaksanaan dikategorikan “tidak puas”, hal ini disebabkan kegiatan monitoring yang tidak konsisten. 3. Tahap pasca pelaksanaan yang meliputi : a) Dampak program terhadap kesejahteraan masyarakat menunjukkan nilai “puas”, karena program memberikan dampak positif melalui pelatihan kerajinan dan pengolahan pohon pisang yang berkontribusi pada perekonomian masyarakat. b) Tantangan dalam implementasi program yang menunjukkan nilai “tidak puas”, hal ini disebabkan karena adanya penyakit fusarium terhadap tanaman pisang, meskipun telah dilakukan penanganan tetapi hasilnya masih belum optimal. Serta 4. Kepuasan masyarakat terhadap program menunjukkan nilai “netral”, hal ini karena meskipun program CSR telah memberikan beberapa manfaat, masih ada ketidakpuasan dikalangan masyarakat karena beberapa kebutuhan dasar belum terpenuhi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Softfile/KK.24/UISI-01/AK | ||||||
Uncontrolled Keywords: | Tingkat Kepuasan; CSR; Tingkat Kepuasan CSR; PT Petrokimia Gresik; Kampung Pisang Trepan | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting | ||||||
Divisions: | Department of Accounting | ||||||
Depositing User: | Firsttania Syaquira Raflis | ||||||
Date Deposited: | 01 Aug 2024 14:11 | ||||||
Last Modified: | 01 Aug 2024 14:11 | ||||||
URI: | https://repository.uisi.ac.id/id/eprint/6523 |
Actions (login required)
View Item |