PERANCANGAN VISUAL IDENTITY DAN MEDIA PROMOSI INSTAGRAM MUSEUM KAMBANG PUTIH TUBAN SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN DAYA TARIK WISATAWAN

Ahmad Yoga Satria Pamungkas, 3032010005 (2024) PERANCANGAN VISUAL IDENTITY DAN MEDIA PROMOSI INSTAGRAM MUSEUM KAMBANG PUTIH TUBAN SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN DAYA TARIK WISATAWAN. Undergraduate thesis, Universitas Internasional Semen Indonesia.

[img] Text (COVER)
0. COVER.pdf

Download (210kB)
[img] Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (478kB)
[img] Text (HALAMAN PENGESAHAN)
2. HALAMAN PENGESAHAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (525kB) | Request a copy
[img] Text (HALAMAN PERSETUJUAN PUBLIKASI)
3. HALAMAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (248kB) | Request a copy
[img] Text (HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS)
4. HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (243kB) | Request a copy
[img] Text (FORM DETEKSI PLAGIASI)
5. FORM DETEKSI PLAGIASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (718kB) | Request a copy
[img] Text (ABSTRAK)
6. ABSTRAK.pdf

Download (237kB)
[img] Text (KATA PENGANTAR)
7. KATA PENGANTAR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (292kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR ISI)
8. DAFTAR ISI.pdf

Download (326kB)
[img] Text (DAFTAR GAMBAR)
9. DAFTAR GAMBAR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (260kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR TABEL)
10. DAFTAR TABEL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (250kB) | Request a copy
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
11. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (824kB)
[img] Text (BAB II KAJIAN PUSTAKA)
12. BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III METODOLOGI PENELITIAN)
13. BAB III METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (388kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV DATA DAN PERANCANGAN)
14. BAB IV DATA DAN PERANCANGAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V KESIMPULAN DAN SARAN)
15. BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (235kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (296kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
17. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text (FULL TEXT)
18. SKRIPSI - AHMAD YOGA SATRIA PAMUNGKAS (3032010005).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB) | Request a copy
[img] Text (FULL TEXT DOC)
19. SKRIPSI - AHMAD YOGA SATRIA PAMUNGKAS (3032010005).docx
Restricted to Repository staff only

Download (37MB) | Request a copy
[img] Text (POSTER)
20. POSTER.pdf

Download (1MB)

Abstract

Wisata budaya dan sejarah menjadi salah satu elemen penting dalam daya tarik destinasi wisata di Indonesia. Kota Tuban memiliki potensi besar dalam hal wisata budaya dan sejarah, dengan sejumlah situs bersejarah, tradisi, dan warisan budaya yang kaya. Museum Kambang Putih di Kota Tuban merupakan salah satu dari objek wisata budaya yang memiliki nilai sejarah yang tinggi. Namun fenomena yang terjadi saat ini, yaitu sebagian besar masyarakat Tuban tidak mengetahui Museum Kambang Putih. Selain itu juga, fenomena yang terjadi saat ini yakni wisata museum sudah mulai jarang diminati oleh masyarakat dan para wisatawan. hal ini mengakibatkan menurunya pengunjung Museum Kambang Putih pada akhir-akhir ini. Oleh karena itu, tujuan penelitian yakni untuk merancang visual identity dan media promosi instagram sebagai upaya untuk meningkatkan daya tarik Museum Kambang Putih agar dapat menarik minat wisatawan untuk berkunjung. Metode penelitian yang digunakan yakni metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan visual identity yang kuat, serta media promosi instagram yang efektif, dapat menjadikan Museum Kambang Putih menjadi lebih dikenal dan menarik perhatian wisatawan untuk berkunjung. Selain itu penelitian ini dapat dijadikan panduan bagi pengelola Museum Kambang Putih dan pemangku kepentingan terkait dalam memaksimalkan potensi museum sebagai destinasi wisata budaya dan sejarah di Kota Tuban, serta menjadi kontribusi dalam pengembangan sektor pariwisata di Indonesia.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Softfile/KK.24/UISI-01/DKV
Uncontrolled Keywords: Instagram, Museum Kambang Putih, Tuban, Visual Identity
Contributors:
ContributionNameEmail
Thesis advisorRoostikasari Nugraheni, S.Hum., M.Med.Kom.roostikasari.nugraheni@uisi.ac.id
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Department of Visual Communication Design
Depositing User: Ahmad Yoga Satria Pamungkas
Date Deposited: 01 Aug 2024 14:42
Last Modified: 01 Aug 2024 14:42
URI: https://repository.uisi.ac.id/id/eprint/6532

Actions (login required)

View Item View Item