Perancangan Game Based Learning untuk Mata Pelajaran Matematika Bab Operasi Bilangan (Studi Kasus: Siswa Kelas 4 SD Negeri Gondangtapen Jolosutro)

Yeni Veronika Rusadhi, 3031610034 (2020) Perancangan Game Based Learning untuk Mata Pelajaran Matematika Bab Operasi Bilangan (Studi Kasus: Siswa Kelas 4 SD Negeri Gondangtapen Jolosutro). Undergraduate thesis, Universitas Internasional Semen Indonesia.

[img] Text (COVER)
0. COVER.pdf

Download (163kB)
[img] Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (152kB)
[img] Text (HALAMAN PENGESAHAN)
2. HALAMAN LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB) | Request a copy
[img] Text (HALAMAN PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI)
3. HALAMAN PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS)
4. HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (ABSTRAK)
5. ABSTRAK.pdf

Download (290kB)
[img] Text (KATA PENGANTAR)
6. KATA PENGANTAR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (345kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR ISI)
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (298kB)
[img] Text (DAFTAR BAGAN)
8. DAFTAR BAGAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (283kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR TABEL)
9. DAFTAR TABEL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (288kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR GAMBAR)
10. DAFTAR GAMBAR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (357kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
11. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (445kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN PUSTAKA)
12. BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
13. BAB III METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (432kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 PEMBAHASAN)
14. BAB IV PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 KESIMPULAN DAN SARAN)
15. BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (339kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (429kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
17. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (799kB) | Request a copy
[img] Text (FULL TEXT)
SKRIPSI-YENI VERONIKA RUSADHI (3031610034).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (31MB) | Request a copy
[img] Text (FULL TEXT DOC)
SKRIPSI - YENI VERONIKA RUSADHI (3031610034).docx
Restricted to Repository staff only

Download (31MB) | Request a copy
[img] Text (JURNAL)
JURNAL - YENI VERONIKA RUSADHI (3031610034).docx
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Indonesia merupakan negara kepualauan yang memiliki sejumlah lokasi geografis pantai. Lokasi pesisir mempunyai potensi sumberdaya yang tinggi, namun terdapat beberapa daerah yang masih tertinggal dalam hal pendidikan atau pengembangan sumberdaya manusia. SD Negeri Gondangtapen, merupakan sekolah dasar yang berada di daerah pesisir Jolosutro dengan permasalahan pada bidang pendidikan. Sekolah ini mempunyai akses yang jauh dari daerah pemerintahan dan ketersediaan prasarana yang belum memadai. Hal ini berdampak pada penurunan kualitas pendidikan yang terjadi karena minimnya fasilitas belajar dan kegiatan penyampaian materi yang sulit dipahami oleh siswa, sehingga mengurangi minat belajar siswa dan mengakibatkan adanya kesukaran dalam proses pembelajaran, khususnya pada mata pelajaran matematika. Tujuan diadakannya studi penelitian adalah untuk mengetahui metode belajar dan media yang tepat untuk mengatasi kesulitan belajar siswa SD Negeri Gondangtapen. Untuk menghasilkan desain media pembelajaran yang optimal, penelitian dilakukan dengan metode penelitian kualitatif, pendekatan studi kasus, dan metode pengambilan data dokumentasi, wawancara, dan pengamatan langsung. Solusi yang ditawarkan untuk permasalahan tersebut adalah menggunakan strategi pembelajaran fun lerning berupa perancangan game based learning untuk materi operasi hitung mata pelajaran matematika yang dibuat dengan teknik illustrasi dan memanfaatan potensi lingkungan pesisir pantai.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 022/KK.20/UISI-01/DKV
Uncontrolled Keywords: Game Based Learning, Gondangtapen, Matematika, Edukasi
Contributors:
ContributionNameEmail
Thesis advisorRizky Noviasri, S.Sn., M.Ds.rizky.noviasri@uisi.ac.id
Subjects: N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
Divisions: Department of Visual Communication Design
Depositing User: Yeni Veronika Rusadhi
Date Deposited: 28 Aug 2020 16:18
Last Modified: 17 Nov 2020 14:26
URI: https://repository.uisi.ac.id/id/eprint/675

Actions (login required)

View Item View Item