PENGARUH ETIKA BISNIS ISLAM TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA UMKM NASI GORENG MAS ARIS POHWATES BOJONEGORO

Ahmad Rofiul Huda, 1031710004 (2025) PENGARUH ETIKA BISNIS ISLAM TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA UMKM NASI GORENG MAS ARIS POHWATES BOJONEGORO. Undergraduate thesis, Universitas Internasional Semen Indonesia.

[img] Text (COVER)
0. COVER.pdf

Download (224kB)
[img] Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (155kB)
[img] Text (HALAMAN PENGESAHAN)
2. HALAMAN PENGESAHAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (HALAMAN PERSETUJUAN PUBLIKASI)
3. HALAMAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (172kB) | Request a copy
[img] Text (HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS)
4. HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (174kB) | Request a copy
[img] Text (HALAMAN FINAL PLAGIASI)
5. HALAMAN FINAL PLAGIASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (768kB) | Request a copy
[img] Text (HALAMAN TRANSLITERASI BAHASA ASING)
6. HALAMAN TRANSLITERASI BAHASA ASING.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (727kB) | Request a copy
[img] Text (ABSTRAK)
7. ABSTRAK.pdf

Download (169kB)
[img] Text (KATA PENGANTAR)
8. KATA PENGANTAR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (300kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR ISI)
9. DAFTAR ISI.pdf

Download (201kB)
[img] Text (DAFTAR GAMBAR)
10. DAFTAR GAMBAR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (163kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR TABEL)
11. DAFTAR TABEL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (295kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
12. BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (825kB)
[img] Text (BAB 2 TINJAUAN PUSTAKA)
13. BAB 2 TINJAUAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (723kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODE PENELITIAN)
14. BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (629kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
15. BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (866kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 KESIMPULAN)
16. BAB 5 KESIMPULAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (162kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (169kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
18. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BIODATA PENULIS)
19. BIODATA PENULIS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (355kB) | Request a copy
[img] Text (FULL TEXT)
20. SKRIPSI - AHMAD ROFIUL HUDA (1031710004).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text (FULL TEXT DOC)
21. SKRIPSI - AHMAD ROFIUL HUDA (1031710004).docx
Restricted to Repository staff only

Download (12MB) | Request a copy
[img] Image (POSTER)
POSTER - AHMAD ROFIUL HUDA (1031710004).png

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang penerapan etika bisnis secara Islami dalam upaya memperoleh kepuasan dari pelanggan. Adapun untuk penelitian ini bertujuan supaya dapat mengetahui pengaruh etika bisnis Islam terhadap kepuasan pelanggan dari UMKM Nasi Goreng Mas Aris Pohwates Bojonegoro secara regresi linear sederhana. Dalam penelitian ini yang menjadi subjek penelitian adalah pelanggan yang membeli nasi goreng di UMKM Mas Aris, sedangkan objek penelitiannya adalah pengaruh etika bisnis Islam terhadap kepuasan pelanggan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif yaitu metode survei. Menggunakan metode penelitian kuantitatif karena hasil data yang didapat merupakan kumpulan daripada angka-angka. Populasi dalam penelitian ini mencakup semua pelanggan yang berjumlah 276 orang yang diperoleh dari hasil survei peneliti selama lebih kurang 2 bulan. Sedangkan sampel dalam penelitian ini diambil sejumlah 73 orang yang diperoleh berdasarkan rumus slovin dengan tingkat error sebesar 10%. Penelitian ini mengindikasi bahwa etika bisnis Islam berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pelanngan yang dapat dilihat dari hasil analisis berupa uji hipotesis yang menunjukkan angka signifikansi diperoleh 0,002 lebih kecil dari 0,05 (0,002 < 0,05) yang artinya Ha diterima, yang berarti hipotesis yang telah diajukan telah terbukti. Yaitu etika bisnis Islam berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan UMKM Nasi Goreng Mas Aris Pohwates Bojonegoro. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linear sederhana dan hipotesis melalui uji parsial dan uji koefisien determinasi dengan menggunakan program SPSS 21.0.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Softfile/KK.25/UISI-01/ES
Uncontrolled Keywords: UMKM, Etika Bisnis Islam, Kepuasan Pelanggan
Contributors:
ContributionNameEmail
Thesis advisorAhmad Dahlan Malik, B.A.(Hons)., M.Ec., CFP®ahmad.malik@uisi.ac.id
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Department of Islamic Economics
Depositing User: Ahmad Rofiul Huda
Date Deposited: 12 Mar 2025 07:45
Last Modified: 12 Mar 2025 07:45
URI: https://repository.uisi.ac.id/id/eprint/7354

Actions (login required)

View Item View Item