PENENTUAN HEADWAY DENGAN TIMETABLE PADA TRANS JATIM MENGGUNAKAN METODE BRANCH AND BOUND DENGAN MEMPERTIMBANGKAN KETERSEDIAAN ARMADA DAN FREKUENSI KEBERANGKATAN

DENOK SAFARA SEKAR DELY, 2022110006 (2025) PENENTUAN HEADWAY DENGAN TIMETABLE PADA TRANS JATIM MENGGUNAKAN METODE BRANCH AND BOUND DENGAN MEMPERTIMBANGKAN KETERSEDIAAN ARMADA DAN FREKUENSI KEBERANGKATAN. Undergraduate thesis, Universitas Internasional Semen Indonesia.

[img] Text (COVER)
0. COVER.pdf

Download (200kB)
[img] Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (139kB)
[img] Text (HALAMAN PENGESAHAN)
2. HALAMAN PENGESAHAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (760kB) | Request a copy
[img] Text (HALAMAN PERSETUJUAN PUBLIKASI)
3. HALAMAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (804kB) | Request a copy
[img] Text (HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS)
4. HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (ABSTRAK)
5. ABSTRAK.pdf

Download (406kB)
[img] Text (KATA PENGANTAR)
6. KATA PENGANTAR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (371kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR ISI)
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (425kB)
[img] Text (DAFTAR GAMBAR)
8. DAFTAR GAMBAR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (361kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR TABEL)
9. DAFTAR TABEL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (406kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR LAMPIRAN)
10. DAFTAR LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (381kB) | Request a copy
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
11. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (969kB)
[img] Text (BAB II TINJAUAN PUSTAKA)
12. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (986kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III METODOLOGI PENELITIAN)
13. BAB III METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV PENGUMPULAN DAN PENGOLAHAN DATA)
14. BAB IV PENGUMPULAN DAN PENGOLAHAN DATA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V ANALISIS HASIL DAN KESIMPULAN)
15. BAB V ANALISIS HASIL DAN KESIMPULAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB VI KESIMPULAN DAN SARAN)
16. BAB VI KESIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (643kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (651kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
18. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text (BIODATA PENULIS)
19. BIODATA PENULIS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (209kB) | Request a copy
[img] Text (FULL TEXT)
SKRIPSI - DENOK SAFARA SEKAR DELY (2022110006).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB) | Request a copy
[img] Text (FULL TEXT DOC)
SKRIPSI - DENOK SAFARA SEKAR DELY (2022110006).docx
Restricted to Repository staff only

Download (34MB) | Request a copy
[img] Image (POSTER)
POSTER SKRIPSI - DENOK SAFARA SEKAR DELY (2022110006).png

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini membahas permasalahan penjadwalan Trans Jatim Koridor I yang belum mampu mengakomodasi seluruh permintaan penumpang, sehingga menimbulkan ketidakefisienan dalam pemanfaatan armada. Penelitian ini bertujuan menyusun timetable Trans Jatim dengan mempertimbangkan headway dan kapasitas bus. Proses dilakukan dalam dua tahap, yakni penentuan frekuensi optimal berdasarkan model optimasi, kemudian dilanjutkan dengan metode branch and bound untuk mendapatkan distribusi headway minimum crowding. Waktu operasional dibagi menjadi peak hour dan off-peak hour untuk meningkatkan akurasi jadwal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model yang dikembangkan berhasil menghasilkan timetable harian Senin – Minggu yang adaptif terhadap fluktuasi permintaan, dengan distribusi headway yang merata dan realistis. Tingkat okupansi yang sebelumnya melebihi kapasitas dapat ditekan, dan kebutuhan jumlah armada ditentukan secara optimal. Sebagai contoh, hari Jumat memerlukan 49 bus sedangkan hari Selasa hanya 34 bus. Temuan ini menunjukkan bahwa sistem penjadwalan yang diusulkan mampu meningkatkan efisiensi operasional dan kualitas layanan Trans Jatim.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Softfile/KK.25/UISI-01/TL
Uncontrolled Keywords: Penjadwalan, Headway, Timetable, Crowding, Branch and bound
Contributors:
ContributionNameEmail
Thesis advisorMaulin Masyito Putri, S.T., M.T.maulin.putri@uisi.ac.id
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Department of Logistic Engineering
Depositing User: DENOK SAFARA SEKAR DELY
Date Deposited: 04 Aug 2025 08:34
Last Modified: 04 Aug 2025 08:34
URI: https://repository.uisi.ac.id/id/eprint/7779

Actions (login required)

View Item View Item