ANALISIS DAN PERBAIKAN PADA SISTEM PRODUKSI VELG MENGGUNAKAN METODE SIMULASI DISKRIT

KAISAR BINTANG MAHMUDI, 2022110009 (2025) ANALISIS DAN PERBAIKAN PADA SISTEM PRODUKSI VELG MENGGUNAKAN METODE SIMULASI DISKRIT. Undergraduate thesis, Universitas Internasional Semen Indonesia.

[img] Text (COVER)
0. COVER.pdf

Download (436kB)
[img] Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (173kB)
[img] Text (HALAMAN PENGESAHAN)
2. HALAMAN PENGESAHAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (683kB) | Request a copy
[img] Text (HALAMAN PERSETUJUAN PUBLIKASI)
3. HALAMAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (670kB) | Request a copy
[img] Text (HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS)
4. HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (648kB) | Request a copy
[img] Text (DETEKSI PLAGIASI)
5. DETEKSI PLAGIASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (709kB) | Request a copy
[img] Text (ABSTRAK)
6. ABSTRAK.pdf

Download (460kB)
[img] Text (KATA PENGANTAR)
7. KATA PENGANTAR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (395kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR ISI)
8. DAFTAR ISI.pdf

Download (444kB)
[img] Text (DAFTAR GAMBAR)
9. DAFTAR GAMBAR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (459kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR TABEL)
10. DAFTAR TABEL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (370kB) | Request a copy
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
11. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (519kB)
[img] Text (BAB II TINJAUAN PUSTAKA)
12. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (844kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III METODOLOGI PENELITIAN)
13. BAB III METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (763kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV PENGUMPULAN DAN PENGOLAHAN DATA)
14. BAB IV PENGUMPULAN DAN PENGOLAHAN DATA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V HASIL DAN PEMBAHASAN)
15. BAB V HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (789kB) | Request a copy
[img] Text (BAB VI KESIMPULAN DAN SARAN)
16. BAB VI KESIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (634kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (631kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
18. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (742kB) | Request a copy
[img] Text (BIODATA)
19. BIODATA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (196kB) | Request a copy
[img] Text (FULL TEXT)
SKRIPSI - KAISAR BINTANG MAHMUDI (2022110009).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (FULL TEXT DOC)
SKRIPSI - KAISAR BINTANG MAHMUDI (2022110009).docx
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy
[img] Image (POSTER)
POSTER - KAISAR BINTANG MAHMUDI (2022110009).jpg

Download (965kB)

Abstract

PT XYZ merupakan perusahaan manufaktur velg mobil yang menerapkan konsep Just In Time (JIT). Namun, perusahaan menghadapi masalah bottleneck pada beberapa stasiun kerja yang menyebabkan penumpukan produk di area Work In Transit (WIT), penurunan efisiensi, serta rendahnya output produksi. Kondisi ini menimbulkan urgensi perbaikan karena berdampak langsung pada kemampuan perusahaan memenuhi permintaan pelanggan. Masalah utama teridentifikasi akibat ketidakseimbangan kapasitas antar stasiun, di mana Station Casting memiliki kapasitas 12.000 unit per hari, sedangkan Station Heat Treatment (HT) mencapai 17.280 unit per hari. Selain itu, perbedaan jam operasional antar stasiun dan tingginya frekuensi material handling turut memperpanjang waktu siklus dan meningkatkan risiko bottleneck. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi masalah dan mengevaluasi skenario perbaikan menggunakan simulasi diskrit dengan software Arena. Tiga skenario diuji, yaitu skenario 1 yang memindahkan forklift casting ke machining dan menambah space tunggu pada masing masning area machining, skenario 2 menambah area machining menjadi empat dan menambah line painting menjadi tiga, serta skenario 3 yang menambahkan area machining menjadi 4 dan dihubungkan ke line painting 2. Hasil simulasi menunjukkan bahwa skenario 3 menjadi solusi terbaik dengan peningkatan output sebesar 7,8%, sedangkan penurunan waktu tunggu sebesar 31,39%, dan idle time pada station painting dan forklift menjadi yang paling optimal daripada skenario lainya. Dengan demikian, skenario 3 direkomendasikan untuk diterapkan karena mampu meningkatkan efisiensi dan performa produksi secara signifikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Softfile/KK.25/UISI-01/TL
Uncontrolled Keywords: Bottleneck, Simulasi Diskrit, Just In Time, Arena Simulation, Seven Waste.
Contributors:
ContributionNameEmail
Thesis advisorDr., Winda Narulidea, S.T., M.T.winda.narulidea@uisi.ac.id
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Department of Logistic Engineering
Depositing User: KAISAR BINTANG MAHMUDI
Date Deposited: 04 Aug 2025 16:39
Last Modified: 04 Aug 2025 16:39
URI: https://repository.uisi.ac.id/id/eprint/7859

Actions (login required)

View Item View Item