KAISAR BINTANG MAHMUDI, 2022110009 (2025) ANALISIS DAN PERBAIKAN PADA SISTEM PRODUKSI VELG MENGGUNAKAN METODE SIMULASI DISKRIT. Undergraduate thesis, Universitas Internasional Semen Indonesia.
![]() |
Text (COVER)
0. COVER.pdf Download (436kB) |
![]() |
Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf Download (173kB) |
![]() |
Text (HALAMAN PENGESAHAN)
2. HALAMAN PENGESAHAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (683kB) | Request a copy |
![]() |
Text (HALAMAN PERSETUJUAN PUBLIKASI)
3. HALAMAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (670kB) | Request a copy |
![]() |
Text (HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS)
4. HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf Restricted to Repository staff only Download (648kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DETEKSI PLAGIASI)
5. DETEKSI PLAGIASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (709kB) | Request a copy |
![]() |
Text (ABSTRAK)
6. ABSTRAK.pdf Download (460kB) |
![]() |
Text (KATA PENGANTAR)
7. KATA PENGANTAR.pdf Restricted to Repository staff only Download (395kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR ISI)
8. DAFTAR ISI.pdf Download (444kB) |
![]() |
Text (DAFTAR GAMBAR)
9. DAFTAR GAMBAR.pdf Restricted to Repository staff only Download (459kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR TABEL)
10. DAFTAR TABEL.pdf Restricted to Repository staff only Download (370kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB I PENDAHULUAN)
11. BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (519kB) |
![]() |
Text (BAB II TINJAUAN PUSTAKA)
12. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (844kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III METODOLOGI PENELITIAN)
13. BAB III METODOLOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Registered users only Download (763kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV PENGUMPULAN DAN PENGOLAHAN DATA)
14. BAB IV PENGUMPULAN DAN PENGOLAHAN DATA.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V HASIL DAN PEMBAHASAN)
15. BAB V HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Registered users only Download (789kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB VI KESIMPULAN DAN SARAN)
16. BAB VI KESIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Registered users only Download (634kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (631kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
18. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (742kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BIODATA)
19. BIODATA.pdf Restricted to Repository staff only Download (196kB) | Request a copy |
![]() |
Text (FULL TEXT)
SKRIPSI - KAISAR BINTANG MAHMUDI (2022110009).pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
Text (FULL TEXT DOC)
SKRIPSI - KAISAR BINTANG MAHMUDI (2022110009).docx Restricted to Repository staff only Download (10MB) | Request a copy |
![]() |
Image (POSTER)
POSTER - KAISAR BINTANG MAHMUDI (2022110009).jpg Download (965kB) |
Abstract
PT XYZ merupakan perusahaan manufaktur velg mobil yang menerapkan konsep Just In Time (JIT). Namun, perusahaan menghadapi masalah bottleneck pada beberapa stasiun kerja yang menyebabkan penumpukan produk di area Work In Transit (WIT), penurunan efisiensi, serta rendahnya output produksi. Kondisi ini menimbulkan urgensi perbaikan karena berdampak langsung pada kemampuan perusahaan memenuhi permintaan pelanggan. Masalah utama teridentifikasi akibat ketidakseimbangan kapasitas antar stasiun, di mana Station Casting memiliki kapasitas 12.000 unit per hari, sedangkan Station Heat Treatment (HT) mencapai 17.280 unit per hari. Selain itu, perbedaan jam operasional antar stasiun dan tingginya frekuensi material handling turut memperpanjang waktu siklus dan meningkatkan risiko bottleneck. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi masalah dan mengevaluasi skenario perbaikan menggunakan simulasi diskrit dengan software Arena. Tiga skenario diuji, yaitu skenario 1 yang memindahkan forklift casting ke machining dan menambah space tunggu pada masing masning area machining, skenario 2 menambah area machining menjadi empat dan menambah line painting menjadi tiga, serta skenario 3 yang menambahkan area machining menjadi 4 dan dihubungkan ke line painting 2. Hasil simulasi menunjukkan bahwa skenario 3 menjadi solusi terbaik dengan peningkatan output sebesar 7,8%, sedangkan penurunan waktu tunggu sebesar 31,39%, dan idle time pada station painting dan forklift menjadi yang paling optimal daripada skenario lainya. Dengan demikian, skenario 3 direkomendasikan untuk diterapkan karena mampu meningkatkan efisiensi dan performa produksi secara signifikan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Softfile/KK.25/UISI-01/TL | ||||||
Uncontrolled Keywords: | Bottleneck, Simulasi Diskrit, Just In Time, Arena Simulation, Seven Waste. | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) | ||||||
Divisions: | Department of Logistic Engineering | ||||||
Depositing User: | KAISAR BINTANG MAHMUDI | ||||||
Date Deposited: | 04 Aug 2025 16:39 | ||||||
Last Modified: | 04 Aug 2025 16:39 | ||||||
URI: | https://repository.uisi.ac.id/id/eprint/7859 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |