IBRAHIM RAMADHAN IMADUDDIN, 2022110008 (2025) Pemodelan Sistem Dinamik Untuk Meningkatkan Keterisian Jumlah Penumpang Kereta Commuter Line Jenggala Rute Stasiun Indro - Stasiun Gubeng. Undergraduate thesis, Universitas Internasional Semen Indonesia.
![]() |
Text (COVER)
0. COVER.pdf Download (201kB) |
![]() |
Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf Download (415kB) |
![]() |
Text (HALAMAN PENGESAHAN)
2. HALAMAN PENGESAHAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (409kB) | Request a copy |
![]() |
Text (HALAMAN PERSETUJUAN PUBLIKASI)
3. HALAMAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (628kB) | Request a copy |
![]() |
Text (HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS)
4. HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf Restricted to Repository staff only Download (450kB) | Request a copy |
![]() |
Text (LEMBAR HASIL FINAL PLAGIASI)
5. LEMBAR HASIL FINAL DETEKSI PLAGIASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (397kB) | Request a copy |
![]() |
Text (ABSTRAK)
6. ABSTRAK.pdf Download (146kB) |
![]() |
Text (KATA PENGANTAR)
7. KATA PENGANTAR.pdf Restricted to Repository staff only Download (165kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR ISI)
8. DAFTAR ISI.pdf Download (183kB) |
![]() |
Text (DAFTAR GAMBAR)
9. DAFTAR GAMBAR.pdf Restricted to Repository staff only Download (130kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR TABEL)
10. DAFTAR TABEL.pdf Restricted to Registered users only Download (175kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
11. BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (378kB) |
![]() |
Text (BAB 2 TINJAUAN PUSTAKA)
12. BAB 2 TINJAUAN PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (386kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODE PENELITIAN)
13. BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Registered users only Download (266kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 PENGUMPULAN DAN PENGOLAHAN DATA)
14. BAB 4 PENGUMPULAN DAN PENGOLAHAN DATA.pdf Restricted to Registered users only Download (721kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN)
15. BAB 5 ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Registered users only Download (460kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 6 KESIMPULAN DAN SARAN)
16. BAB 6 KESIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Registered users only Download (109kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (237kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
18. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (227kB) | Request a copy |
![]() |
Text (FULL TEXT)
19. SKRIPSI - IBRAHIM RAMADHAN IMADUDDIN (2022110008).pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
Text (FULL TEXT DOC)
SKRIPSI - IBRAHIM RAMADHAN IMADUDDIN (2022110008).docx Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
![]() |
Image (POSTER)
Poster - 2022110008 (Ibrahim Ramadhan Imaduddin).jpg Download (494kB) |
Abstract
Perubahan jadwal kereta commuter line Jenggala yang diterapkan sejak awal Februari 2025 menunjukkan dampak signifikan terhadap jumlah penumpang. Meskipun terjadi penambahan rute dan peningkatan frekuensi perjalanan kereta, jumlah penumpang justru mengalami penurunan drastis sebesar 67,6 %, dari rata-rata 500 orang per per hari menjadi hanya sekitar 162 orang per harinya. Ketidaksesuaian antara jadwal kereta dan kebutuhan perjalanan masyarakat diduga menjadi penyebab utama dari penurunan tersebut. Kejadian ini tidak berdiri sendiri, melainkan dipengaruhi oleh beberapa faktor yang berkaitan dan bersifat dinamis, seperti waktu keberangkatan, frekuensi perjalanan, dan jam sibuk masyarakat. Untuk memahami dampak perubahan jadwal tersebut secara menyeluruh, penelitian ini menggunakan metode pemodelan sistem dinamik. Metode ini dipilih karena adanya konsep looping atau umpan balik (feedback) yang merupakan ciri khas pemodelan sistem dinamik. Konsep ini memungkinkan model untuk secara terus menerus memperbarui nilai variabel berdasarkan perubahan variabel lain didalam sistem. Dengan seperti ini model tidak hanya menggambarkan kondisi statis pada satu titik waktu, melainkan memperlihatkan perkembangan yang berlangsung secara terus menerus seiring waktu. Dan model dirancang dengan menggunakan Causal Loop Diagram (CLD) dan Stock and Flow Diagram (SFD) yang dibangun berdasarkan data primer dan sekunder yang dikumpulkan melalui kuesioner, observasi langsung, dan studi literatur. Model kemudian divalidasi menggunakan Behavior Pattern Test dan dianalisis dalam dua skenario perbaikan, yaitu skenario peningkatan faktor minat penggunaan kereta dan skenario penurunan faktor penghambat penggunaan kereta. Hasil simulasi skenario menunjukkan bahwa skenario penurunan faktor penghambat penggunaan kereta adalah skenario yang dapat meningkatkan jumlah pengguna kereta commuter line Jenggala, dengan peningkatan sebesar 38% hingga 176%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Softfile/KK.25/UISI-01/TL | ||||||
Uncontrolled Keywords: | Pemodelan sistem dinamik, Jenggala commuter line, stock and flow diagram, simulasi transportasi, causal loop diagram | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Subjects: | T Technology > T Technology (General) | ||||||
Divisions: | Department of Logistic Engineering | ||||||
Depositing User: | IBRAHIM RAMADHAN IMADUDDIN | ||||||
Date Deposited: | 04 Aug 2025 16:02 | ||||||
Last Modified: | 04 Aug 2025 16:03 | ||||||
URI: | https://repository.uisi.ac.id/id/eprint/7945 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |