Pemodelan Sistem Dinamik Untuk Meningkatkan Keterisian Jumlah Penumpang Kereta Commuter Line Jenggala Rute Stasiun Indro - Stasiun Gubeng

IBRAHIM RAMADHAN IMADUDDIN, 2022110008 (2025) Pemodelan Sistem Dinamik Untuk Meningkatkan Keterisian Jumlah Penumpang Kereta Commuter Line Jenggala Rute Stasiun Indro - Stasiun Gubeng. Undergraduate thesis, Universitas Internasional Semen Indonesia.

[img] Text (COVER)
0. COVER.pdf

Download (201kB)
[img] Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (415kB)
[img] Text (HALAMAN PENGESAHAN)
2. HALAMAN PENGESAHAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (409kB) | Request a copy
[img] Text (HALAMAN PERSETUJUAN PUBLIKASI)
3. HALAMAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (628kB) | Request a copy
[img] Text (HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS)
4. HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (450kB) | Request a copy
[img] Text (LEMBAR HASIL FINAL PLAGIASI)
5. LEMBAR HASIL FINAL DETEKSI PLAGIASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (397kB) | Request a copy
[img] Text (ABSTRAK)
6. ABSTRAK.pdf

Download (146kB)
[img] Text (KATA PENGANTAR)
7. KATA PENGANTAR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (165kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR ISI)
8. DAFTAR ISI.pdf

Download (183kB)
[img] Text (DAFTAR GAMBAR)
9. DAFTAR GAMBAR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (130kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR TABEL)
10. DAFTAR TABEL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
11. BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (378kB)
[img] Text (BAB 2 TINJAUAN PUSTAKA)
12. BAB 2 TINJAUAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (386kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODE PENELITIAN)
13. BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (266kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 PENGUMPULAN DAN PENGOLAHAN DATA)
14. BAB 4 PENGUMPULAN DAN PENGOLAHAN DATA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (721kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN)
15. BAB 5 ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (460kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 6 KESIMPULAN DAN SARAN)
16. BAB 6 KESIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (237kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
18. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (227kB) | Request a copy
[img] Text (FULL TEXT)
19. SKRIPSI - IBRAHIM RAMADHAN IMADUDDIN (2022110008).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (FULL TEXT DOC)
SKRIPSI - IBRAHIM RAMADHAN IMADUDDIN (2022110008).docx
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Image (POSTER)
Poster - 2022110008 (Ibrahim Ramadhan Imaduddin).jpg

Download (494kB)

Abstract

Perubahan jadwal kereta commuter line Jenggala yang diterapkan sejak awal Februari 2025 menunjukkan dampak signifikan terhadap jumlah penumpang. Meskipun terjadi penambahan rute dan peningkatan frekuensi perjalanan kereta, jumlah penumpang justru mengalami penurunan drastis sebesar 67,6 %, dari rata-rata 500 orang per per hari menjadi hanya sekitar 162 orang per harinya. Ketidaksesuaian antara jadwal kereta dan kebutuhan perjalanan masyarakat diduga menjadi penyebab utama dari penurunan tersebut. Kejadian ini tidak berdiri sendiri, melainkan dipengaruhi oleh beberapa faktor yang berkaitan dan bersifat dinamis, seperti waktu keberangkatan, frekuensi perjalanan, dan jam sibuk masyarakat. Untuk memahami dampak perubahan jadwal tersebut secara menyeluruh, penelitian ini menggunakan metode pemodelan sistem dinamik. Metode ini dipilih karena adanya konsep looping atau umpan balik (feedback) yang merupakan ciri khas pemodelan sistem dinamik. Konsep ini memungkinkan model untuk secara terus menerus memperbarui nilai variabel berdasarkan perubahan variabel lain didalam sistem. Dengan seperti ini model tidak hanya menggambarkan kondisi statis pada satu titik waktu, melainkan memperlihatkan perkembangan yang berlangsung secara terus menerus seiring waktu. Dan model dirancang dengan menggunakan Causal Loop Diagram (CLD) dan Stock and Flow Diagram (SFD) yang dibangun berdasarkan data primer dan sekunder yang dikumpulkan melalui kuesioner, observasi langsung, dan studi literatur. Model kemudian divalidasi menggunakan Behavior Pattern Test dan dianalisis dalam dua skenario perbaikan, yaitu skenario peningkatan faktor minat penggunaan kereta dan skenario penurunan faktor penghambat penggunaan kereta. Hasil simulasi skenario menunjukkan bahwa skenario penurunan faktor penghambat penggunaan kereta adalah skenario yang dapat meningkatkan jumlah pengguna kereta commuter line Jenggala, dengan peningkatan sebesar 38% hingga 176%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Softfile/KK.25/UISI-01/TL
Uncontrolled Keywords: Pemodelan sistem dinamik, Jenggala commuter line, stock and flow diagram, simulasi transportasi, causal loop diagram
Contributors:
ContributionNameEmail
Thesis advisorSekarsari Utami Wijaya, S.Stat., M.Si.sekarsari.wijaya@uisi.ac.id
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Department of Logistic Engineering
Depositing User: IBRAHIM RAMADHAN IMADUDDIN
Date Deposited: 04 Aug 2025 16:02
Last Modified: 04 Aug 2025 16:03
URI: https://repository.uisi.ac.id/id/eprint/7945

Actions (login required)

View Item View Item