Penerapan Structural Equation Modeling (Sem) Dalam Analisis Pemilihan Moda Transportasi Umum Trans Jatim Koridor 1 (Gresik–Surabaya–Sidoarjo)

Aldy Nuary Irnianto, 2022110002 (2025) Penerapan Structural Equation Modeling (Sem) Dalam Analisis Pemilihan Moda Transportasi Umum Trans Jatim Koridor 1 (Gresik–Surabaya–Sidoarjo). Undergraduate thesis, Universitas Internasional Semen Indonesia.

[img] Text (COVER)
0. COVER.pdf

Download (292kB)
[img] Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (249kB)
[img] Text (HALAMAN PENGESAHAN)
2. HALAMAN PENGESAHAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (316kB) | Request a copy
[img] Text (HALAMAN PERSETUJUAN PUBLIKASI)
3. HALAMAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (321kB) | Request a copy
[img] Text (HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS)
4. HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (291kB) | Request a copy
[img] Text (LEMBAR HASIL FINAL PLAGIASI SKRIPSI)
5. LEMBAR HASIL FINAL DETEKSI PLAGIASI SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (307kB) | Request a copy
[img] Text (ABSTRAK)
6. ABSTRAK.pdf

Download (353kB)
[img] Text (KATA PENGANTAR)
7. KATA PENGANTAR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (316kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR ISI)
8. DAFTAR ISI.pdf

Download (353kB)
[img] Text (DAFTAR GAMBAR)
9. DAFTAR GAMBAR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (238kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR TABEL)
10. DAFTAR TABEL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (237kB) | Request a copy
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
11. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (389kB)
[img] Text (BAB II TINJAUAN PUSTAKA)
12. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (582kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III METODOLOGI PENELITIAN)
13. METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (738kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV PENGUMPULAN DAN PENGOLAHAN DATA)
14. BAB IV PENGUMPULAN DAN PENGOLAHAN DATA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (664kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V ANALISA HASIL DAN PEMBAHASAN)
15. BAB V ANALISA HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (357kB) | Request a copy
[img] Text (BAB VI KESIMPULAN DAN SARAN)
16. BAB VI KESIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (280kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (316kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
18. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (FULL TEXT)
19. SKRIPSI-ALDY NUARY IRNIANTO-2022110002-.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (FULL TEXT DOC)
20. SKRIPSI-ALDY NUARY IRNIANTO-2022110002-.docx
Restricted to Repository staff only

Download (11MB) | Request a copy
[img] Image (POSTER)
POSTER_ALDY NUARY_2022110002.jpg

Download (2MB)

Abstract

Peningkatan signifikan jumlah kendaraan pribadi di kawasan Gresik, Surabaya, dan Sidoarjo telah memunculkan tantangan besar, terutama terkait kemacetan lalu lintas, polusi udara, serta menurunnya efisiensi mobilitas masyarakat. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, Pemerintah Provinsi Jawa Timur menghadirkan layanan transportasi umum Trans Jatim sebagai upaya menyediakan moda transportasi yang terjangkau, nyaman, dan efisien. Namun demikian, tingkat penggunaan Trans Jatim masih tergolong rendah, ditunjukkan oleh tren kenaikan kendaraan pribadi di wilayah ini dalam beberapa tahun terakhir. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis berbagai faktor yang memengaruhi perilaku pemilihan moda Trans Jatim Koridor 1 (Gresik–Surabaya–Sidoarjo) dengan pendekatan kuantitatif menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM). Variabel yang diteliti meliputi konektivitas, aksesibilitas, kenyamanan, informasi, pelayanan awak armada, waktu tempuh, dan dampak lingkungan. Data diperoleh melalui kuesioner terhadap 370 responden dengan teknik purposive sampling. Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa waktu tempuh merupakan faktor paling dominan dalam memengaruhi keputusan pemilihan moda dengan koefisien pengaruh sebesar 0,347, disusul kenyamanan (0,230), aksesibilitas (0,153), dan informasi (0,108). Sementara itu, pelayanan awak armada dan dampak lingkungan memberikan pengaruh tidak langsung melalui variabel mediasi. Model SEM yang dikembangkan menunjukkan nilai goodness of fit yang memenuhi kriteria kelayakan, antara lain RMSEA sebesar 0,063, CFI 0,924, TLI 0,913, dan GFI 0,884. Temuan penelitian ini menjadi dasar strategis bagi pembuat kebijakan dan operator layanan Trans Jatim dalam merumuskan peningkatan kualitas, efisiensi, serta daya tarik transportasi umum sebagai solusi mobilitas perkotaan yang berkelanjutan dan ramah lingkungan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Softfile/KK.25/UISI-01/TL
Uncontrolled Keywords: Trans Jatim, pemilihan moda transportasi, SEM, perilaku pengguna, transportasi umum.
Contributors:
ContributionNameEmail
Thesis advisorMaulin Masyito Putri, S.T., M.T.maulin.putri@uisi.ac.id
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Department of Logistic Engineering
Depositing User: ALDY NUARY IRNIANTO
Date Deposited: 04 Aug 2025 16:02
Last Modified: 04 Aug 2025 16:02
URI: https://repository.uisi.ac.id/id/eprint/7955

Actions (login required)

View Item View Item