Maulidya Ramadhani, 1011510247 (2019) PENGARUH PROMOSI PENJUALAN SHOPEE TERHADAP REPURCHASE INTENTION KONSUMEN DENGAN BRAND AWERENESS SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI KASUS PADA MASYARAKAT KONSUMEN SHOPEE DI KOTA GRESIK). Undergraduate thesis, Universitas Internasional Semen Indonesia.
Text (ABSTRAK)
5. ABSTRAK.pdf Download (317kB) |
|
Text (DAFTAR ISI)
7. DAFTAR ISI.pdf Download (327kB) |
|
Text (BAB I)
10. BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (453kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (423kB) |
|
Text (JURNAL)
JURNAL.docx Restricted to Repository staff only Download (96kB) | Request a copy |
|
Text (FULLTEXT)
SKRIPSI - MAULIDYA RAMADHANI (1011510247).pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (FULLTEXT DOC)
SKRIPSI - MAULIDYA RAMADHANI (1011510247).docx Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi penjualan Shopee terhadap repurchase intention melalui intervening dari brand awareness. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Ukuran sampel yang diambil sebanyak 400 orang responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Data dikumpulkan dengan menyebarkan e-kuisioner yang menggunakan skala likert 1-5 untuk mengukur 17 indikator. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah analisis jalur (path analysis) untuk mengetahui pengaruh langsung dan tidak langsung dengan menggunakan bantuan dari program IBM SPSS Statistics 23 sebagai olah statistik data. Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa konsumen Shopee didominasi oleh perempuan 18-24 tahun sebagai pelajar/mahasiswa yang memiliki pendapatan sekitar Rp. 500.000- Rp. 1.500.000 dan penelitian ini menemukan variabel promosi penjualan menunjukkan adanya pengaruh signifikan terhadap repurchase intention konsumen. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji statistik t test variabel promosi penjualan terhadap repurchase intention sebesar 19,246 (> t tabel 1,652) dan uji statistik t test variabel promosi penjualan terhadap repurchase intention melalui brand awareness sebagai variabel intervening sebesar 14,676 (> t tabel 1,652). Sehingga hipotesis H1,1 dan H1,2 diterima. Selanjutnya hasil koefisien determinasi menunjukkan bahwa variabel independen (promosi penjualan) berpengaruh sebesar 48,2% terhadap variabel dependen (repurchase intention). Maka sisanya sebesar 51,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Setelah diadakan penelitian ini diketahui bahwa terdapat pengaruh signifikan dan secara langsung maupun tidak langsung dari promosi penjualan terhadap repurchase intention, pengaruh langsung promosi penjualan terhadap repurchase intention lebih besar jika dibandingkan pengaruh tidak langsung promosi penjualan Shopee terhadap repurchase intention melalui brand awareness sebagai intervening. Hal ini dikarenakan masyarakat konsumen Shopee memiliki kecenderungan untuk membeli secara spontan (tidak terencana) atau implusive buying akibat promosi penjualan yang dianggap menarik dan menguntungkan sehingga mendorong untuk membeli produk dengan segera tanpa harus melalui konsep brand awareness yang membutuhkan waktu cukup panjang untuk mencapainya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | 173/KK.19/UISI-01/MG | ||||||
Uncontrolled Keywords: | Promosi Penjualan, Brand Awareness, Repurchase intention, Sales Promotion | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) | ||||||
Divisions: | Department of Management | ||||||
Depositing User: | Mahasiswa UISI | ||||||
Date Deposited: | 09 Jun 2020 13:06 | ||||||
Last Modified: | 09 Jun 2020 13:06 | ||||||
URI: | https://repository.uisi.ac.id/id/eprint/83 |
Actions (login required)
View Item |