SIMULASI PENGATURAN DURASI TRAFFIC LIGHT DI KOTA GRESIK SEBAGAI ALAT BANTU PENGAMBILAN KEPUTUSAN UNTUK MEMINIMUMKAN ANTRIAN KENDARAAN

Khoiruna Istighfarini, 2021610028 (2020) SIMULASI PENGATURAN DURASI TRAFFIC LIGHT DI KOTA GRESIK SEBAGAI ALAT BANTU PENGAMBILAN KEPUTUSAN UNTUK MEMINIMUMKAN ANTRIAN KENDARAAN. Undergraduate thesis, Universitas Internasional Semen Indonesia.

[img] Text (COVER)
0. COVER.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (169kB) | Request a copy
[img] Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (170kB) | Request a copy
[img] Text (HALAMAN PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI)
3. HALAMAN PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (256kB) | Request a copy
[img] Text (HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS)
4. HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (251kB) | Request a copy
[img] Text (ABSTRAK)
5. ABSTRAK.pdf

Download (252kB)
[img] Text (KATA PENGANTAR)
6. KATA PENGANTAR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (245kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR ISI)
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (288kB)
[img] Text (DAFTAR GAMBAR)
8. DAFTAR GAMBAR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (477kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR TABEL)
9. DAFTAR TABEL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (259kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR LAMPIRAN)
10 DAFTAR LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (244kB) | Request a copy
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
11. BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (696kB)
[img] Text (BAB II TINJAUAN PUSTAKA)
12. BAB 2 TINJAUAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III METODE PENELITIAN)
13. BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (604kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV PENGUMPULAN DAN PENGOLAHAN DATA)
14. BAB 4 PENGUMPULAN DAN PENGOLAHAN DATA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (923kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V ANALISIS DAN INTEPRETASI DATA)
15. BAB 5 ANALISIS DAN INTERPRETASI DATA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (BAB VI KESIMPULAN DAN SARAN)
16. BAB 6 KESIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (258kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (252kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
18. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (FULL TEXT)
Skripsi Khoiruna Istighfarini 2021610028.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB) | Request a copy
[img] Text (FULL TEXT DOC)
SKRIPSI KHOIRUNA.docx
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (JURNAL)
JURNAL_KHOIRUNA ISTIGHFARINI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (568kB) | Request a copy

Abstract

Jumlah kendaraan yang mengalami kenaikan setiap tahunnya merupakan bukti bahwa arus lalu lintas semakin padat dan memiliki dampak negatif pada masalah kemacetan. Kemacetan bisa terjadi karena pengaturan durasi lampu lalu lintas yang kurang optimal. Kemacetan di Kota Gresik terjadi di beberapa persimpangan jalan seperti perempatan Barata, perempatan Veteran, dan perempatan Kebomas. Pada penelitian ini solusi yang dapat dilakukan untuk mengurangi kemacetan adalah dengan pengembangan model menggunakan metode simulasi diskrit dengan pengembangan skenario terbaik. Pada penelitian ini didapatkan hasil bahwa simulasi ini dapat menurunkan waiting time dan number waiting. Pada Perempatan Barata dilakukan penambahan durasi lampu hijau sebanyak 3 detik di ruas jalan yang macet dan terjadi penurunan waiting time dan number waiting yang signifikan di sore hari. Jalan Kragan Rembang terjadi penurunan waiting time sebesar 27% dan number waiting menurun sebesar 2 unit, jalan Mayjend Sungkono terjadi penurunan waiting time sebesar 43% dan number waiting menurun sebesar 12 unit, jalan Veteran terjadi penurunan waiting time sebesar 30% detik dan number waiting menurun sebesar 7 unit, dan jalan Kapten Darmo terjadi kenaikan waiting time sebesar 86% dan number waiting naik sebesar 1 unit.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 072/KK.20/UISI-01/TL
Uncontrolled Keywords: Kemacetan, lampu lalu lintas, simulasi
Contributors:
ContributionNameEmail
Thesis advisorSiti Nurminarsih, S.T., M.T.siti.nurminarsih@uisi.ac.id
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Department of Logistic Engineering
Depositing User: Khoiruna Istighfarini
Date Deposited: 27 Aug 2020 08:17
Last Modified: 18 Nov 2020 10:33
URI: https://repository.uisi.ac.id/id/eprint/830

Actions (login required)

View Item View Item