OPTIMASI WAKTU PROSES DALAM SISTEM PENGIRIMAN OUTGOING PAKET POS DI KANTOR POS PEMERIKSA GRESIK DENGAN METODE DISCRETE EVENT SIMULATION (DES)

Aullya Rizkita Firdaus, 2021610011 (2020) OPTIMASI WAKTU PROSES DALAM SISTEM PENGIRIMAN OUTGOING PAKET POS DI KANTOR POS PEMERIKSA GRESIK DENGAN METODE DISCRETE EVENT SIMULATION (DES). Undergraduate thesis, Universitas Internasional Semen Indonesia.

[img] Text (COVER)
0. COVER.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (35kB) | Request a copy
[img] Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (31kB) | Request a copy
[img] Text (HALAMAN PENGESAHAN)
2. HALAMAN PENGESAHAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (430kB) | Request a copy
[img] Text (HALAMAN PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI)
3. HALAMAN PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (334kB) | Request a copy
[img] Text (HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS)
4. HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (244kB) | Request a copy
[img] Text (ABSTRAK)
5. ABSTRAK.pdf

Download (315kB)
[img] Text (KATA PENGANTAR)
6. KATA PENGANTAR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (411kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR ISI)
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (401kB)
[img] Text (DAFTAR GAMBAR)
8. DAFTAR GAMBAR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (315kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR TABEL)
9. DAFTAR TABEL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (316kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR LAMPIRAN)
10. DAFTAR LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (306kB) | Request a copy
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
11. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (412kB)
[img] Text (BAB II TINJAUAN PUSTAKA)
12. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III METODE PENELITIAN)
13. BAB III METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (358kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV PENGUMPULAN DAN PENGOLAHAN DATA)
14. BAB IV PENGUMPULAN DAN PENGOLAHAN DATA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V ANALISIS DAN PEMBAHASAN)
15. BAB V ANALISIS DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (371kB) | Request a copy
[img] Text (BAB VI KESIMPULAN DAN SARAN)
16. BAB VI KESIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (230kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (433kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
18. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (335kB) | Request a copy
[img] Text (BIODATA PENULIS)
19. BIODATA PENULIS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (263kB) | Request a copy
[img] Text (FULL TEXT)
SKRIPSI - AULLYA RIZKITA FIRDAUS (2021610011).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (FULL TEXT DOC)
SKRIPSI - AULLYA RIZKITA FIRDAUS (2021610011).doc
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy
[img] Text (JURNAL)
JURNAL-AULLYA RIZKITA FIRDAUS (2021610011).docx
Restricted to Repository staff only

Download (220kB) | Request a copy

Abstract

Saat ini di Indonesia sedang mengalami peningkatan volume pengiriman paket. Dengan adanya peningkatan tersebut, maka perlu adanya peningkatan performa pelayanan pengiriman di perusahaan jasa ekspedisi khususnya di Kantor Pos Pemeriksa Gresik. Saat ini Kantor Pos Pemeriksa Gresik sedang mengalami permasalahan terkait pelayanan pengiriman, dimana waktu pengiriman pos tidak sesuai dengan Standar Waktu Penyerahan (SWP) yang telah ditentukan. Penyebab keterlambatan tersebut karena waktu pada tahapan processing yang berbeda di setiap kantor pos dan Sentral Pengiriman Pos (SPP) dan proses transporting yang cukup lama yang diakibatkan berbagai faktor dalam perjalanan pengiriman pos. Dengan permasalahan diatas, penulis melakukan penyelesaian masalah dengan mengoptimasi waktu proses pada proses yang mengalami bottleneck dan memiliki waktu tunggu yang cukup tinggi di bagian pengiriman outgoing external dan internal Kantor Pos Pemeriksa Gresik menggunakan metode Discrete Event Simulation (DES). Dalam penelitian ini dilakukan 2 skenario perbaikan, yaitu (1) melakukan pembagian tugas kerja petugas, dan (2) melakukan penambahan petugas. Berdasarkan hasil skenario perbaikan yang telah dilakukan, skenario perbaikan ke-2 menjadi rekomendasi terbaik untuk menerapkan optimasi waktu proses. Hal tersebut dikarenakan hasil pengurangan waktu tunggu yang dihasilkan lebih besar jika dibandingkan dengan kondisi eksisting dan skenario perbaikan ke-1. Selain itu, nilai utilitas dan tingkat kesibukan (number busy) petugas pada skenario perbaikan ke-2 sebesar 1. Nilai tersebut mengartikan bahwa petugas yang bekerja pada skenario tersebut telah bekerja secara optimal dan memiliki nilai idle yang rendah. Sehingga dengan dilakukannya penambahan petugas merupakan cara yang efektif dan efisien dalam mengoptimasi waktu proses. Kata Kunci: Discrete Event Simulation, Pelayanan Pengiriman, Proses Pengiriman Paket Pos, Peningkatan Volume Pengiriman Paket

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 057/KK.20/UISI-01/TL
Uncontrolled Keywords: Discrete Event Simulation, Pelayanan Pengiriman, Proses Pengiriman Paket Pos, Peningkatan Volume Pengiriman Paket
Contributors:
ContributionNameEmail
Thesis advisorOki Anita Candra Dewi, S.T., M.T., CSCA.oki.dewi@uisi.ac.id
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Department of Logistic Engineering
Depositing User: Aullya Rizkita Firdaus
Date Deposited: 02 Sep 2020 12:21
Last Modified: 17 Nov 2020 14:39
URI: https://repository.uisi.ac.id/id/eprint/1117

Actions (login required)

View Item View Item