Naufal Andika Rahman, 3021710041 (2021) POCKETUISI: DESAIN UX APLIKASI MOBILE DENGAN METODE DESIGN THINKING. Undergraduate thesis, Universitas Internasional Semen Indonesia.
Text (COVER)
COVER.pdf Download (428kB) |
|
Text (HALAMAN JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf Download (426kB) |
|
Text (HALAMAN PENGESAHAN)
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Restricted to Registered users only Download (511kB) | Request a copy |
|
Text (HALAMAN PERSETUJUAN PUBLIKASI)
HALAMAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (309kB) | Request a copy |
|
Text (HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS)
HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf Restricted to Repository staff only Download (256kB) | Request a copy |
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (246kB) |
|
Text (KATA PENGANTAR)
KATA PENGANTAR.pdf Restricted to Repository staff only Download (305kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf Download (287kB) |
|
Text (DAFTAR TABEL)
DAFTAR TABEL.pdf Restricted to Repository staff only Download (272kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR GAMBAR)
DAFTAR GAMBAR.pdf Restricted to Repository staff only Download (347kB) | Request a copy |
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (742kB) |
|
Text (BAB II KAJIAN PUSTAKA)
BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (899kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III METODOLOGI PENELITIAN)
BAB III METODOLOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (718kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V KESIMPULAN DAN SARAN)
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (663kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (783kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (771kB) | Request a copy |
|
Text (FULLTEXT)
SKRIPSI-NAUFAL ANDIKA RAHMAN (3021710041).pdf Restricted to Repository staff only Download (12MB) | Request a copy |
|
Text (FULLTEXT DOC)
SKRIPSI-NAUFAL ANDIKA RAHMAN (3021710041).docx Restricted to Repository staff only Download (9MB) | Request a copy |
|
Text (JURNAL)
JURNAL-NAUFAL ANDIKA RAHMAN (3021710041).docx Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Pada penelitian ini menjelaskan bagaimana pentingnya layanan sistem informasi yang dimiliki oleh perguruan tinggi membuat seluruh data saling terkoneksi dan terorganisir dengan baik. Sistem informasi akademik membuat proses pelaksanaan kegiatan akademik menjadi lebih ringkas. UISI memiliki layanan sistem informasi akademik berbasi web yang lebih dikenal sebagai GapuraUISI. Namun layanan GapuraUISI belum sepenuhnya mengakomodasi kebutuhan mahasiswa, misalnya kegiatan absensi di UISI masih dilakukan secara manual dengan menggunakan formulir fisik yang kemudian ditandatangani oleh dosen beserta mahasiswa yang menghadiri kelas tersebut. Selain absensi, proses pembagian jadwal yang diedarkan pada awal perkuliahan dinilai tidak efektif. PocketUISI merupakan aplikasi berbasis mobile yang akan dirancang guna mendukung proses absensi dan penjadwalan mata kuliah dengan fitur yang mengutamakan kemudahan bagi calon pengguna dan kecepatan mengakses aplikasi. Aplikasi PocketUISI diharapkan bukan hanya membantu secara fungsi namun aplikasi yang dirancang untuk memberikan pengalaman pengguna yang baik sehingga aplikasi yang dibuat nyaman digunakan. Ada beberapa aspek yang menjadi perhatian dalam perancangan desain aplikasi PocketUISI yaitu menciptakan user-experience (UX) dengan menggunakan metode yang tepat. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah design-thinking process. Metode ini terbagi menjadi beberapa proses yaitu empathize, define, ideate, prototype, dan test. Pengambilan data pada penelitian ini dilakukan dengan survei dan wawancara. Seluruh masalah yang telah didapatkan kemudian dikaji kembali untuk melihat penyebab terjadinya permasalahan pada absensi dan jadwal mata kuliah. Gagasan ide yang telah dibuat kemudian diwujudkan dengan mempertimbangkan aspek visual. Tahap terakhir adalah dilakukannya pengujian untuk mengukur tingkat keberhasilan desain antarmuka pengguna PocketUISI dalam menjawab permasalahan absensi dan penjadwalan mata kuliah. Selain itu pengujian juga dimaksudkan untuk mendapatkan pemahaman baru, sehingga desain antarmuka PocketUISI dapat dikembangkan lebih lanjut agar dapat menyelesaikan permasalahan absensi dan penjadwalan mata kuliah secara menyeluruh. Berdasarkan pengujian yang dilakukan diketahui jika mayoritas permasalahan pada absensi dan penjadwalan mata kuliah berhasil diselesaikan menggunakan desain antarmuka pengguna PocketUISI.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | 000/KK.21/UISI-01/SI | ||||||
Uncontrolled Keywords: | Design-thinking, GapuraUISI, Mobile, User Experience. | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Subjects: | T Technology > T Technology (General) | ||||||
Divisions: | Department of Information System | ||||||
Depositing User: | Naufal Andika Rahman | ||||||
Date Deposited: | 11 Mar 2021 14:29 | ||||||
Last Modified: | 11 Mar 2021 14:29 | ||||||
URI: | https://repository.uisi.ac.id/id/eprint/1284 |
Actions (login required)
View Item |