KAJIAN IMPLEMENTASI ALTERNATIF STRATEGI PEMASARAN OFFLINE DAN ONLINE UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK BAKPAO PADA MASA PANDEMI (STUDI KASUS UD BAKPAO ABI JAYA)

Auliya Yustika Hidayat, 2041710007 (2021) KAJIAN IMPLEMENTASI ALTERNATIF STRATEGI PEMASARAN OFFLINE DAN ONLINE UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK BAKPAO PADA MASA PANDEMI (STUDI KASUS UD BAKPAO ABI JAYA). Undergraduate thesis, Universitas Internasional Semen Indonesia.

[img] Text (COVER)
0. COVER.pdf

Download (367kB)
[img] Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (366kB)
[img] Text (LEMBAR PENGESAHAN)
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (700kB) | Request a copy
[img] Text (HALAMAN PERSETUJUAN PUBLIKASI)
3. HALAMAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (280kB) | Request a copy
[img] Text (HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS)
4. HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (275kB) | Request a copy
[img] Text (ABSTRAK)
5. ABSTRAK.pdf

Download (263kB)
[img] Text (KATA PENGANTAR)
6. KATA PENGANTAR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (309kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR ISI)
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (874kB)
[img] Text (DAFTAR GAMBAR)
8. DAFTAR GAMBAR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (282kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR TABEL)
9. DAFTAR TABEL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (284kB) | Request a copy
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
10. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (275kB)
[img] Text (BAB II KAJIAN PUSTAKA)
11. BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (307kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III METODOLOGI PENELITIAN)
12. BAB III METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (424kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
13. BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (934kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V PENUTUP)
14. BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (256kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (333kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
16. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (960kB) | Request a copy
[img] Text (FULLTEXT)
17. SKRIPSI - Auliya Yustika Hidayat (2041710007).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (FULLTEXT DOC)
18. SKRIPSI - Auliya Yustika Hidayat (2041710007).docx
Restricted to Repository staff only

Download (11MB) | Request a copy
[img] Text (JURNAL - AULIYA YUSTIKA HIDAYAT (2041710007))
19. JURNAL - AULIYA YUSTIKA HIDAYAT (2041710007).docx
Restricted to Repository staff only

Download (377kB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan dunia bisnis sudah dinilai semakin beragam sehingga perlu dilakukan beberapa strategi untuk dapat mempertahankan usaha ditengah globalisasi. Dari sekian banyaknya usaha, ada beberapa usaha yang masih belum melakukan strategi pemasaran yang baik pada usaha mereka, salah satunya yaitu UD Bakpao Abi Jaya. Pemasaran yang dilakukan oleh UD Bakpao Abi Jaya hanya menggunakan armada gerobak yang berkeliling ke beberapa daerah sekitar Kabupaten Gresik seperti daerah Gresik Kota Baru (GKB), Kedanyang, Benjeng, Giri, dan lainnya. Strategi pemasaran yang dilakukan saat ini masih sederhana yaitu dengan menggunakan pengeras suara yang ada pada gerobak dan dari mulut ke mulut (word of mouth) melalui tetangga sekitar tempat produksi bakpao, serta pemasaran bakpao juga belum meluas sehingga hanya masyarakat Gresik Kota saja yang mengenal produk Bakpao Abi Jaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor internal dan faktor eksternal dalam pemasaran bakpao di UD Bakpao Abi Jaya, merumuskan alternatif strategi pemasaran, implementasi strategi pemasaran, serta melakukan evaluasi strategi pemasaran yang telah diterapkan di UD Bakpao Abi Jaya. Metode analisis data yang digunakan yaitu analisis matriks internal (matriks IFE) dan matriks eksternal (matriks EFE). Metode alternatif strategi pemasaran yang digunakan yaitu matriks IE. TOPSIS digunakan untuk pengambilan keputusan menentukan prioritas strategi pemasaran. Hasil perhitungan matriks IFE diperoleh total skor sebesar 3,730. Sedangkan hasil perhitungan matriks EFE diperoleh total skor sebesar 3,432 yang menunjukkan bahwa posisi UD Bakpao Abi Jaya berada pada Kuadran I yaitu bersifat Agresif. Berdasarkan hasil perhitungan prioritas alternatif strategi pemasaran offline terbaik yaitu alternatif pemasaran dengan menambah wilayah pasar dengan nilai preferensi tertinggi yaitu sebesar 0,96113. Sedangkan hasil perhitungan prioritas alternatif strategi pemasaran online terbaik yaitu pemasaran menggunakan instagram dengan nilai preferensi tertinggi kedua yaitu sebesar 0,95767. Setelah dilakukan penerapan implementasi dihasilkan peningkatan penjualan produk bakpao sebesar 15%, sedangkan sisa produk yang tidak terjual hanya 9%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: matriks IFE EFE, matriks SWOT, strategi pemasaran, TOPSIS
Contributors:
ContributionNameEmail
Thesis advisorIrvan Adhin Cholilie, S.TP., M.Pirvan.cholilie@uisi.ac.id
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Department of Agro-industrial Technology
Depositing User: Auliya Yustika Hidayat
Date Deposited: 14 Mar 2021 07:51
Last Modified: 14 Mar 2021 07:51
URI: https://repository.uisi.ac.id/id/eprint/1297

Actions (login required)

View Item View Item