Auliya Yustika Hidayat, 2041710007 (2021) KAJIAN IMPLEMENTASI ALTERNATIF STRATEGI PEMASARAN OFFLINE DAN ONLINE UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK BAKPAO PADA MASA PANDEMI (STUDI KASUS UD BAKPAO ABI JAYA). Undergraduate thesis, Universitas Internasional Semen Indonesia.
Text (COVER)
0. COVER.pdf Download (367kB) |
|
Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf Download (366kB) |
|
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Restricted to Registered users only Download (700kB) | Request a copy |
|
Text (HALAMAN PERSETUJUAN PUBLIKASI)
3. HALAMAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (280kB) | Request a copy |
|
Text (HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS)
4. HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf Restricted to Repository staff only Download (275kB) | Request a copy |
|
Text (ABSTRAK)
5. ABSTRAK.pdf Download (263kB) |
|
Text (KATA PENGANTAR)
6. KATA PENGANTAR.pdf Restricted to Repository staff only Download (309kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR ISI)
7. DAFTAR ISI.pdf Download (874kB) |
|
Text (DAFTAR GAMBAR)
8. DAFTAR GAMBAR.pdf Restricted to Repository staff only Download (282kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR TABEL)
9. DAFTAR TABEL.pdf Restricted to Repository staff only Download (284kB) | Request a copy |
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
10. BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (275kB) |
|
Text (BAB II KAJIAN PUSTAKA)
11. BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (307kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III METODOLOGI PENELITIAN)
12. BAB III METODOLOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (424kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
13. BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (934kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V PENUTUP)
14. BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (256kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (333kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
16. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (960kB) | Request a copy |
|
Text (FULLTEXT)
17. SKRIPSI - Auliya Yustika Hidayat (2041710007).pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (FULLTEXT DOC)
18. SKRIPSI - Auliya Yustika Hidayat (2041710007).docx Restricted to Repository staff only Download (11MB) | Request a copy |
|
Text (JURNAL - AULIYA YUSTIKA HIDAYAT (2041710007))
19. JURNAL - AULIYA YUSTIKA HIDAYAT (2041710007).docx Restricted to Repository staff only Download (377kB) | Request a copy |
Abstract
Perkembangan dunia bisnis sudah dinilai semakin beragam sehingga perlu dilakukan beberapa strategi untuk dapat mempertahankan usaha ditengah globalisasi. Dari sekian banyaknya usaha, ada beberapa usaha yang masih belum melakukan strategi pemasaran yang baik pada usaha mereka, salah satunya yaitu UD Bakpao Abi Jaya. Pemasaran yang dilakukan oleh UD Bakpao Abi Jaya hanya menggunakan armada gerobak yang berkeliling ke beberapa daerah sekitar Kabupaten Gresik seperti daerah Gresik Kota Baru (GKB), Kedanyang, Benjeng, Giri, dan lainnya. Strategi pemasaran yang dilakukan saat ini masih sederhana yaitu dengan menggunakan pengeras suara yang ada pada gerobak dan dari mulut ke mulut (word of mouth) melalui tetangga sekitar tempat produksi bakpao, serta pemasaran bakpao juga belum meluas sehingga hanya masyarakat Gresik Kota saja yang mengenal produk Bakpao Abi Jaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor internal dan faktor eksternal dalam pemasaran bakpao di UD Bakpao Abi Jaya, merumuskan alternatif strategi pemasaran, implementasi strategi pemasaran, serta melakukan evaluasi strategi pemasaran yang telah diterapkan di UD Bakpao Abi Jaya. Metode analisis data yang digunakan yaitu analisis matriks internal (matriks IFE) dan matriks eksternal (matriks EFE). Metode alternatif strategi pemasaran yang digunakan yaitu matriks IE. TOPSIS digunakan untuk pengambilan keputusan menentukan prioritas strategi pemasaran. Hasil perhitungan matriks IFE diperoleh total skor sebesar 3,730. Sedangkan hasil perhitungan matriks EFE diperoleh total skor sebesar 3,432 yang menunjukkan bahwa posisi UD Bakpao Abi Jaya berada pada Kuadran I yaitu bersifat Agresif. Berdasarkan hasil perhitungan prioritas alternatif strategi pemasaran offline terbaik yaitu alternatif pemasaran dengan menambah wilayah pasar dengan nilai preferensi tertinggi yaitu sebesar 0,96113. Sedangkan hasil perhitungan prioritas alternatif strategi pemasaran online terbaik yaitu pemasaran menggunakan instagram dengan nilai preferensi tertinggi kedua yaitu sebesar 0,95767. Setelah dilakukan penerapan implementasi dihasilkan peningkatan penjualan produk bakpao sebesar 15%, sedangkan sisa produk yang tidak terjual hanya 9%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | matriks IFE EFE, matriks SWOT, strategi pemasaran, TOPSIS | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Subjects: | S Agriculture > S Agriculture (General) | ||||||
Divisions: | Department of Agro-industrial Technology | ||||||
Depositing User: | Auliya Yustika Hidayat | ||||||
Date Deposited: | 14 Mar 2021 07:51 | ||||||
Last Modified: | 14 Mar 2021 07:51 | ||||||
URI: | https://repository.uisi.ac.id/id/eprint/1297 |
Actions (login required)
View Item |