Ismail Romadhan Pegan, 2021710025 (2021) KOMBINASI MODEL HOR DAN MARKOV PADA PENGELOLAAN RISIKO RANTAI PASOK SELAMA PANDEMI COVID-19 STUDI KASUS: PRODUK FAST MOVING CONSUMER GOODS DI KAB. BANGKALAN. Undergraduate thesis, Universitas Internasional Semen Indonesia.
Text (COVER)
0. COVER.pdf Download (204kB) |
|
Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf Download (204kB) |
|
Text (HALAMAN PENGESAHAN)
2. HALAMAN PENGESAHAN.pdf Restricted to Registered users only Download (144kB) | Request a copy |
|
Text (HALAMAN PERSETUJUAN PUBLIKASI)
3. HALAMAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (131kB) | Request a copy |
|
Text (HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS)
4. HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf Restricted to Repository staff only Download (127kB) | Request a copy |
|
Text (ABSTRAK)
5. ABSTRAK.pdf Download (138kB) |
|
Text (KATA PENGANTAR)
6. KATA PENGANTAR.pdf Restricted to Repository staff only Download (203kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR ISI)
7. DAFTAR ISI.pdf Download (137kB) |
|
Text (DAFTAR GAMBAR)
8. DAFTAR GAMBAR.pdf Restricted to Repository staff only Download (127kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR TABEL)
9. DAFTAR TABEL.pdf Restricted to Repository staff only Download (129kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
10. BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (229kB) |
|
Text (BAB 2 TINJAUAN PUSTAKA)
11. BAB 2 TINJAUAN PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (553kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODE PENELITIAN)
12. BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (237kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 PENGUMPULAN DAN PENGOLAHAN DATA)
13. BAB 4 PENGUMPULAN DAN PENGOLAHAN DATA.pdf Restricted to Repository staff only Download (596kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PEMBAHASAN)
14. BAB 5 PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (161kB) | Request a copy |
|
Text (KESIMPULAN DAN SARAN)
15. KESIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (133kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (279kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
17. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (415kB) | Request a copy |
|
Text (FULL TEXT)
SKRIPSI ISMAIL ROMADHAN PEGAN 2021710025 FULL PDF (2).pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
|
Text (FULL TEXT DOC)
SKRIPSI ISMAIL ROMADHAN PEGAN 2021710025 FULL DOC.docx Restricted to Repository staff only Download (12MB) | Request a copy |
|
Text (JURNAL)
JURNAL ISMAIL ROMADHAN PEGAN 2021710025.docx Restricted to Repository staff only Download (197kB) | Request a copy |
Abstract
Produk Fast Moving Consumer Goods (FMCG) merupakan produk kebutuhan sehari-hari dengan perputaran penjualan yang relatif cepat dan dijual dengan harga yang terjangkau.Produk FMCG akan terus berkembang pesat dalam rangka mendukung pertumbuhan dan pembangunan manusia. Parameter dari pertumbuhan manusia adalah nilai Indeks Pembangunan Manusia (IPM). Nilai IPM Kabupaten Bangkalan selama jangka waktu 6 tahun mengalami kenaikan 5,6 %. Peningkatan kasus penyebaran COVID-19 di Kabupaten Bangkalan berdampaknya pada ketidakpastian risiko rantai pasok produk FMCG. Penelitian ini menggunakan pendekatan Model House of Risk (HOR) yang dikombinasikan dengan Model Markov. Data diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner, wawancara,brainstorming dan studi literatur. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh identifikasi dari hasil House of Risk fase 1 berupa 12 Risk event, 12 Risk agentdengan 5 Risk agent prioritas yang mengacu pada diagram pareto. Kemudian dari hasil House of Risk Fase 2 diperoleh 7 aksi mitigasi antara lain melakukan konsolidasi dengan pemegang kebijakan untuk menemukan solusi diikuti rerouting untuk menemukan rute alternatif, mengevaluasi kinerja gudang retail serta optimalisasi aspek inventory management, melakukan peramalan kembali dengan mengidentifikasi pola pembelian dan minat masyarakat selama Pandemi COVID-19, merancang resiliensi pola rantai pasokan diikuti kolaborasi dengan pihak pendukung seperti 3PL atau freight forwarder, menawarkan Promosi menarik dengan menyesuaikan trend, melakukan evaluasi internal terkait penyesuaian strategi bisnis dengan kebijakan pemerintah selama pandemi COVID-19, mengevaluasi kinerja rantai pasokan produk pada masing-masing retailer disertai optimaliasi cash to cash cycle time dan order fulfillment cycle time. Pemodelan Markov memprediksi bahwa kemungkinan brand switching antar produk FMCG masih akan terjadi dengan probabilitas mencapai 70% Kata Kunci: Produk FMCG, COVID-19, House of Risk, Model Markov, Brand Switching
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Produk FMCG, COVID-19, House of Risk, Model Markov, Brand Switching | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) | ||||||
Divisions: | Department of Logistic Engineering | ||||||
Depositing User: | Ismail Romadhan Pegan | ||||||
Date Deposited: | 27 Sep 2021 16:05 | ||||||
Last Modified: | 27 Sep 2021 16:05 | ||||||
URI: | https://repository.uisi.ac.id/id/eprint/1621 |
Actions (login required)
View Item |