Yakhya Miqdar Zulfikar, 3021810031 (2022) EVALUASI LAYANAN TEKNOLOGI INFORMASI PADA SISTEM INFORMASI AKADEMIK & MONITORING TUGAS AKHIR MENGGUNAKAN KERANGKA KERJA ITIL V.3 (STUDI KASUS UNIVERSITAS INTERNASIONAL SEMEN INDONESIA). Undergraduate thesis, Universitas Internasional Semen Indonesia.
Text (COVER)
0. COVER.pdf Download (166kB) |
|
Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf Download (103kB) |
|
Text (HALAMAN PENGESAHAN)
2. HALAMAN PENGESAHAN.pdf Restricted to Registered users only Download (619kB) | Request a copy |
|
Text (HALAMAN PERNYATAAN PUBLIKASI)
3. HALAMAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (338kB) | Request a copy |
|
Text (HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS)
4. HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf Restricted to Repository staff only Download (230kB) | Request a copy |
|
Text (ABSTRAK)
5. ABSTRAK.pdf Download (229kB) |
|
Text (ABSTRACT)
6. ABSTRACT.pdf Download (228kB) |
|
Text (KATA PENGANTAR)
7. KATA PENGANTAR.pdf Restricted to Repository staff only Download (291kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR ISI)
8. DAFTAR ISI.pdf Download (264kB) |
|
Text (DAFTAR GAMBAR)
9. DAFTAR GAMBAR.pdf Restricted to Repository staff only Download (284kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR TABEL)
10. DAFTAR TABEL.pdf Restricted to Repository staff only Download (287kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
11. BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (248kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN PUSTAKA)
12. BAB 2 KAJIAN PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (653kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODE PENELITIAN)
13. BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (283kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 PEMBAHASAN)
14. BAB 4 PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (829kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
15. BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (366kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (231kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
17. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (698kB) | Request a copy |
|
Text (FULL TEXT)
SKRIPSI – YAKHYA MIQDAR ZULFIKAR (3021810031).pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (FULL TEXT DOC)
SKRIPSI – YAKHYA MIQDAR ZULFIKAR (3021810031).docx Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
|
Text (DRAFT JURNAL)
SKRIPSI – YAKHYA MIQDAR ZULFIKAR (3021810031).docx Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI) merupakan salah satu perguruan tinggi yang mengaplikasikan layanan sistem informasi akademik (SIAKAD) dan monitoring tugas akhir (MONITA). Seluruh informasi seputar kegiatan akademik disampaikan melalui SIAKAD. Sedangkan layanan MONITA berisi fitur untuk pendampingan mahasiswa semester akhir dalam pengerjaan tugas akhir. Seiring dengan berjalannya pelayanan akademik menggunakan SIAKAD dan MONITA di UISI, maka perlu dilakukan evaluasi dalam pelaksanaannya. Evaluasi dilakukan dengan tujuan untuk pemantauan performa serta peningkatan layanan untuk memberikan rekomendasi sebagai usulan perbaikan dan peningkatan layanan SIAKAD dan MONITA agar mencapai kondisi yang diharapkan sesuai dengan best practice ITIL V3 fokus domain service operation dan subdomain service desk, incident management, dan problem management. Penelitian ini menggunakan pendekatan semi kuantitatif dengan metode purposive sampling dimana penentuan sampel dengan pertimbangan yang ditetapkan sesuai dengan tujuan dari penelitian. Kuesioner, observasi, dan wawancara sebagai metode pengumpulan data, serta Tudor IT Process Assessment sebagai metode langkah-langkah dalam evaluasi. Metode maturity level self-assessment sebagai metode untuk mengukur tingkat kematangan serta keselarasan layanan SIAKAD dan MONITA dengan kerangka kerja ITIL V3. Hasil dari penelitian ini adalah tingkat kepuasan pengguna pada keragaman dan penggunaan pada layanan yang diberikan UISI mencapai pada tingkat skala sangat baik. Tingkat kematangan service desk mencapai level 3 dengan tingkat keselarasan not comply, sedangkan untuk incident management dan problem management mencapai level 1 dan level 1.5 dengan tingkat keselarasan not comply. Penelitian ini juga menghasilkan rekomendasi alur incident management dan problem management yang disesuaikan dengan kerangka kerja ITIL V.3
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Soft File | ||||||
Uncontrolled Keywords: | Evaluasi, ITIL V3, Maturity level self-assessment, Service Operation | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Subjects: | T Technology > T Technology (General) | ||||||
Divisions: | Department of Information System | ||||||
Depositing User: | Yakhya Miqdar Zulfikar | ||||||
Date Deposited: | 10 Feb 2022 21:27 | ||||||
Last Modified: | 10 Feb 2022 21:27 | ||||||
URI: | https://repository.uisi.ac.id/id/eprint/2899 |
Actions (login required)
View Item |