EVALUASI LAYANAN TEKNOLOGI INFORMASI PADA SISTEM INFORMASI AKADEMIK & MONITORING TUGAS AKHIR MENGGUNAKAN KERANGKA KERJA ITIL V.3 (STUDI KASUS UNIVERSITAS INTERNASIONAL SEMEN INDONESIA)

Yakhya Miqdar Zulfikar, 3021810031 (2022) EVALUASI LAYANAN TEKNOLOGI INFORMASI PADA SISTEM INFORMASI AKADEMIK & MONITORING TUGAS AKHIR MENGGUNAKAN KERANGKA KERJA ITIL V.3 (STUDI KASUS UNIVERSITAS INTERNASIONAL SEMEN INDONESIA). Undergraduate thesis, Universitas Internasional Semen Indonesia.

[img] Text (COVER)
0. COVER.pdf

Download (166kB)
[img] Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (103kB)
[img] Text (HALAMAN PENGESAHAN)
2. HALAMAN PENGESAHAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (619kB) | Request a copy
[img] Text (HALAMAN PERNYATAAN PUBLIKASI)
3. HALAMAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (338kB) | Request a copy
[img] Text (HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS)
4. HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (230kB) | Request a copy
[img] Text (ABSTRAK)
5. ABSTRAK.pdf

Download (229kB)
[img] Text (ABSTRACT)
6. ABSTRACT.pdf

Download (228kB)
[img] Text (KATA PENGANTAR)
7. KATA PENGANTAR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (291kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR ISI)
8. DAFTAR ISI.pdf

Download (264kB)
[img] Text (DAFTAR GAMBAR)
9. DAFTAR GAMBAR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (284kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR TABEL)
10. DAFTAR TABEL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (287kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
11. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (248kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN PUSTAKA)
12. BAB 2 KAJIAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (653kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODE PENELITIAN)
13. BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (283kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 PEMBAHASAN)
14. BAB 4 PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (829kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
15. BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (366kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (231kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
17. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (698kB) | Request a copy
[img] Text (FULL TEXT)
SKRIPSI – YAKHYA MIQDAR ZULFIKAR (3021810031).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (FULL TEXT DOC)
SKRIPSI – YAKHYA MIQDAR ZULFIKAR (3021810031).docx
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text (DRAFT JURNAL)
SKRIPSI – YAKHYA MIQDAR ZULFIKAR (3021810031).docx
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI) merupakan salah satu perguruan tinggi yang mengaplikasikan layanan sistem informasi akademik (SIAKAD) dan monitoring tugas akhir (MONITA). Seluruh informasi seputar kegiatan akademik disampaikan melalui SIAKAD. Sedangkan layanan MONITA berisi fitur untuk pendampingan mahasiswa semester akhir dalam pengerjaan tugas akhir. Seiring dengan berjalannya pelayanan akademik menggunakan SIAKAD dan MONITA di UISI, maka perlu dilakukan evaluasi dalam pelaksanaannya. Evaluasi dilakukan dengan tujuan untuk pemantauan performa serta peningkatan layanan untuk memberikan rekomendasi sebagai usulan perbaikan dan peningkatan layanan SIAKAD dan MONITA agar mencapai kondisi yang diharapkan sesuai dengan best practice ITIL V3 fokus domain service operation dan subdomain service desk, incident management, dan problem management. Penelitian ini menggunakan pendekatan semi kuantitatif dengan metode purposive sampling dimana penentuan sampel dengan pertimbangan yang ditetapkan sesuai dengan tujuan dari penelitian. Kuesioner, observasi, dan wawancara sebagai metode pengumpulan data, serta Tudor IT Process Assessment sebagai metode langkah-langkah dalam evaluasi. Metode maturity level self-assessment sebagai metode untuk mengukur tingkat kematangan serta keselarasan layanan SIAKAD dan MONITA dengan kerangka kerja ITIL V3. Hasil dari penelitian ini adalah tingkat kepuasan pengguna pada keragaman dan penggunaan pada layanan yang diberikan UISI mencapai pada tingkat skala sangat baik. Tingkat kematangan service desk mencapai level 3 dengan tingkat keselarasan not comply, sedangkan untuk incident management dan problem management mencapai level 1 dan level 1.5 dengan tingkat keselarasan not comply. Penelitian ini juga menghasilkan rekomendasi alur incident management dan problem management yang disesuaikan dengan kerangka kerja ITIL V.3

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Soft File
Uncontrolled Keywords: Evaluasi, ITIL V3, Maturity level self-assessment, Service Operation
Contributors:
ContributionNameEmail
Thesis advisorYogantara Setya Dharmawan, S.Kom., MBusProcessMgt, MCEyogantara.dharmawan@uisi.ac.id
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Department of Information System
Depositing User: Yakhya Miqdar Zulfikar
Date Deposited: 10 Feb 2022 21:27
Last Modified: 10 Feb 2022 21:27
URI: https://repository.uisi.ac.id/id/eprint/2899

Actions (login required)

View Item View Item