IMPLEMENTASI STRATEGI CONTENT MARKETING PADA INSTAGRAM FINTECH TRANSFER DANA DALAM PERSPEKTIF PEMASARAN SYARIAH (STUDI PADA PT. FLIPTECH LENTERA INSPIRASI PERTIWI)

Akhmad Nur Fahrozi, 1031810004 (2022) IMPLEMENTASI STRATEGI CONTENT MARKETING PADA INSTAGRAM FINTECH TRANSFER DANA DALAM PERSPEKTIF PEMASARAN SYARIAH (STUDI PADA PT. FLIPTECH LENTERA INSPIRASI PERTIWI). Undergraduate thesis, Universitas Internasional Semen Indonesia.

[img] Text (COVER)
0. COVER.pdf

Download (161kB)
[img] Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (442kB)
[img] Text (HALAMAN PENGESAHAN)
2. HALAMAN PENGESAHAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (91kB) | Request a copy
[img] Text (HALAMAN PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI)
3. HALAMAN PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (352kB) | Request a copy
[img] Text (HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS)
4. HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (426kB) | Request a copy
[img] Text (PEDOMAN TRANSLITERASI ARAB LATIN)
5. PEDOMAN TRANSLITERASI ARAB LATIN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (639kB) | Request a copy
[img] Text (ABSTRAK)
6. ABSTRAK.pdf

Download (475kB)
[img] Text (KATA PENGANTAR)
7. KATA PENGANTAR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (290kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR ISI)
8. DAFTAR ISI.pdf

Download (311kB)
[img] Text (DAFTAR GAMBAR)
9. DAFTAR GAMBAR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (365kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR TABEL)
10. DAFTAR TABEL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (383kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
11. BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (646kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN PUSTAKA)
12. BAB 2 KAJIAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (932kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
13. BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (424kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
14. BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 KESIMPULAN DAN SARAN)
15. BAB 5 KESIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (354kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (531kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
17. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (FULL TEXT)
18. SKRIPSI - AKHMAD NUR FAHROZI (1031810004).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text (FULL TEXT DOC)
19. SKRIPSI - AKHMAD NUR FAHROZI (1031810004).docx
Restricted to Repository staff only

Download (18MB) | Request a copy
[img] Text (DRAFT JURNAL)
20. JURNAL - AKHMAD NUR FAHROZI (1031810004).docx
Restricted to Repository staff only

Download (51kB) | Request a copy

Abstract

Kehadiran fintech transfer dana bernama Flip (PT. Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi) menjadi solusi atas besarnya biaya admin transfer antar bank di Indonesia. Penerapan content marketing instagram Flip menjadi strategi pemasaran paling efektif dengan menghasilkan 294 ribu followers, dan memiliki tingkat engagement terbaik dibandingkan kompetitornya. Flip memiliki value perusahaan fairness serta menerapkan kebijakan yang erat dengan syariat Islam. Maka dari itu, penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis implementasi strategi content marketing pada instagram dalam perspektif pemasaran syariah pada PT. Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis fenomenologi, dengan proses pengambilan data melalui melalui wawancara semi terstruktur, observasi non partisipan, dan dokumentasi. Uji kredibilitas sumber dan teknik digunakan pada penelitian ini. Serta menggunakan teknik analisis data di lapangan model Miles and Huberman (interactive model). Analisis kesesuaian implementasi content marketing instagram Flip terhadap pemasaran syariah pada penelitian ini menggunakan karakteristik pemasaran syariah (rabbaniyyah, akhlaqiyyah, al-waqi’iyyah dan insaniyyah). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat 4 implementasi content marketing instagram Flip kategori gambar pada tahun 2021 yang tidak sesuai dengan pemasaran syariah, yakni jam unggah content marketing yang bertepatan dengan jam shalat wajib dan pada dini hari. Serta respons Minflip (admin instagram Flip) yang menjawab pertanyaan pengguna dengan kurang sopan dan terdapat pertanyaan/saran penting yang tidak terjawab. Sedangkan 17 implementasi content marketing yang sesuai dengan pemasaran syariah meliputi penggunaan aplikasi desain, font, gambar, warna, gaya bahasa, layout, copywriting, metode promosi, konten hiburan, konten informatif, headline, waktu unggah konten event, intensitas unggah konten, dan sudut pandang pembuatan konten.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Softfile/KK.22/UISI-01/ES
Uncontrolled Keywords: content marketing, fintech transfer dana, instagram, pemasaran syariah, PT. Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi
Contributors:
ContributionNameEmail
Thesis advisorElsi Mersilia Hanesti, S.EI., M.SEI., CRA.elsi.hanesti@uisi.ac.id
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Department of Islamic Economics
Depositing User: Akhmad Nur Fahrozi
Date Deposited: 12 Aug 2022 09:39
Last Modified: 12 Aug 2022 09:39
URI: https://repository.uisi.ac.id/id/eprint/3435

Actions (login required)

View Item View Item