Analisis Dan Evaluasi Proses Bisnis Layanan Self Service Dan Layanan Cashless Terhadap Pengisian Bahan Bakar Minyak Di SPBU Xyz

Johan arif susanto, 3021910017 (2023) Analisis Dan Evaluasi Proses Bisnis Layanan Self Service Dan Layanan Cashless Terhadap Pengisian Bahan Bakar Minyak Di SPBU Xyz. Undergraduate thesis, Universitas Internasional Semen Indonesia.

[img] Text (COVER)
0. Rev COVER.pdf

Download (184kB)
[img] Text (HALAMAN JUDUL)
1. Rev HALAMAN JUDUL.pdf

Download (120kB)
[img] Text (HALAMAN PENGESAHAN)
2. HALAMAN PENGESAHAN BARU.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (HALAMAN PERSETUJUAN PUBLIKASI)
3. HALAMAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (228kB) | Request a copy
[img] Text (HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS)
4. HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (132kB) | Request a copy
[img] Text (ABSTRAK)
5. ABSTRAK.pdf

Download (182kB)
[img] Text (KATA PENGANTAR)
6. KATA PENGANTAR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (178kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR ISI)
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (116kB)
[img] Text (DAFTAR GAMBAR)
8. DAFTAR GAMBAR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (215kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR TABLE)
9. DAFTAR TABEL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (205kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 1)
10. BAB 1.pdf

Download (188kB)
[img] Text (BAB 2)
11. BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (647kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
12. BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (142kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
13. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (877kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
14. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (115kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (189kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
16. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (859kB) | Request a copy
[img] Text (FULL TEXT)
Rev3 SKRIPSI - JOHAN ARIF SUSANTO (3021910017).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (FULL TEXT DOC)
SKRIPSI - JOHAN ARIF SUSANTO (3021910017).docx
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (DRAFT JURNAL)
JURNAL - JOHAN ARIF SUSANTO (3021910017).docx
Restricted to Repository staff only

Download (576kB) | Request a copy

Abstract

Pada era perkembangan zaman saat ini untuk mempertahankan perusahaan diwajibkan untuk mengembangkan perusahaan supaya tidak mengalami kebangkrutan, maka dari itu setiap perusahaan di harapkan untuk melakukan perbaikan pada proses bisnis yang ada, yaitu dengan cara mengatur proses bisnis yang ada di perusahaan supaya perusahaan dapat melakukan pengawasan pada proses bisnis yang ada. PT Pertamina baru saja meluncurkan layanan baru berupa layanan pengisian bahan bakar secara mandiri atau self service,. Maka dari itu penelitian ini berjudul “ Analisis dan Evaluasi Proses Bisnis Layanan Self Service dan Layanan Cashless Terhadap Pengisian Bahan Bakar Minyak di SPBU XYZ ” yang memiliki tujuan untuk memodelkan dan mengevaluasi proses bisnis yang ada supaya lebih efisien. Objek Dalam penelitian ini adalah SPBU XYZ yang sudah menerapkan layanan self service yang menggunakan metode pembayaran secara cash maupun cashless, Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana gambaran proses bisnis yang ada di SPBU XYZ pada layanan self service dan layanan manual, dan mengetahui berapa lama cycle time yang ada di setiap aktivitas proses bisnis yang kemudian dilakukan perhitungan rata rata waktu yang dibutuhkan untuk setiap aktivitas pada layanan pengisian bahan bakar. Hasil yang di peroleh dari perhitungan cycle time, layanan manual memiliki waktu lebih singkat dibandingkan dengan layanan self service, dan pada akivitas pengisian bahan bakar memiliki ‘durasi paling lama dibandingakan dengan aktivitas yang ada pada setiap layanan, hal tersebut dikarenakan setiap orang melakukan pengisian dengan nominal yang berbeda sehingga menyebabkan durasi pengisian bahan bakar memiliki durasi yang cukup lama, dan dapat juga disebabkan pelanggan masih belum mengetahui cara pengisian bahan bakar pada layanan self service. Maka dari itu perlu adanya perbaikan pada proses bisnis yang ada supaya mendapatkan waktu yang singkat untuk setiap proses bisnis

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Softfile/KK.23/UISI-01/SI
Uncontrolled Keywords: Business Process Management (BPM), Business Process Modeling and Notation (BPMN), Cycle Time, BIMP
Contributors:
ContributionNameEmail
Thesis advisorYogantara Setya Dharmawan, S.Kom., MBusProcessMgt, MCEyogantara.dharmawan@uisi.ac.id
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Department of Information System
Depositing User: Johan Arif Susanto
Date Deposited: 23 Feb 2023 10:50
Last Modified: 23 Feb 2023 10:50
URI: https://repository.uisi.ac.id/id/eprint/4696

Actions (login required)

View Item View Item