Analisis Regresi Logistik Multinomial Pada Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kapal Nelayan Saat Berlayar (Studi Kasus Pesisir Pantai Desa Palang, Kabupaten Tuban)

Tania Arum Fernanda, 3021910034 (2023) Analisis Regresi Logistik Multinomial Pada Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kapal Nelayan Saat Berlayar (Studi Kasus Pesisir Pantai Desa Palang, Kabupaten Tuban). Undergraduate thesis, Universitas Internasional Semen Indonesia.

[img] Text (COVER)
0. COVER.pdf

Download (427kB)
[img] Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (369kB) | Request a copy
[img] Text (HALAMAN PENGESAHAN)
2. HALAMAN PENGESAHAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (625kB) | Request a copy
[img] Text (HALAMAN PERSETUJUAN PUBLIKASI)
3. HALAMAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (296kB) | Request a copy
[img] Text (HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS)
4. HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (263kB) | Request a copy
[img] Text (ABSTRAK)
5. ABSTRAK.pdf

Download (337kB)
[img] Text (KATA PENGANTAR)
6. KATA PENGANTAR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (318kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR ISI)
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (266kB)
[img] Text (DAFTAR GAMBAR)
8. DAFTAR GAMBAR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (266kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR TABEL)
9. DAFTAR TABEL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (271kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
10. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (521kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN PUSTAKA)
11. BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (540kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
12. BAB III METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (472kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
13. BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (673kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
14. BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (390kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (393kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
16. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (460kB) | Request a copy
[img] Text (FULLTEXT)
17. SKRIPSI - TANIA ARUM FERNANDA (3021910034).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (FULLTEXT DOC)
18. SKRIPSI - TANIA ARUM FERNANDA (3021910034).docx
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (JURNAL)
19. JURNAL - TANIA ARUM FERNANDA (3021910034).docx
Restricted to Repository staff only

Download (63kB) | Request a copy

Abstract

Kabupaten Tuban salah satu kota pesisir di kawasan Pantai Utara (Pantura) Jawa Timur yang mempunyai panjang pantai 65± km, berdasarkan penelitian morfologi pantai, pantai beserta ekosistem didalamnya berpengaruh penting bagi masyarakat yang tinggal di daerah tersebut, sehingga sebagian mata pencaharian masyarakat di pesisir pantai mayoritas berada disektor laut seperti nelayan, pedagang ikan, pembuat jaring, dsb. Untuk seorang nelayan penting dalam merawat dan menjaga kondisi kapal, serta dituntut untuk mampu memprediksi iklim cuaca dengan baik dan cermat. Berdasarkan survey lokasi yang dilakukan oleh penulis, telah dilakukan wawancara dengan warga disekitar pesisir pantai, khususnya para nelayan, dimana terdapat keresahan para nelayan yang menjadi poin penting bagi penulis, yaitu rentannya terjadi kecelakaan kapal saat berlayar ditengah laut dalam kondisi cuaca yang buruk, dikarenakan keterbatasan para nelayan untuk memprediksi iklim cuaca sesaat sebelum berangkat berlayar. Tidak hanya resiko bagi para nelayan itu sendiri, namun juga akan mempengaruhi terhadap kerusakan kapal serta hasil ikan yang akan didapat. Meningkatnya angka kecelakaan kapal saat berlayar pada tahun 2020-2021, banyak dikarenakan iklim cuaca yang buruk, oleh karena itu penting untuk dilakukan penelitian metode Regresi Logistik Multinomial mengenai faktor yang mempengaruhi kecelakaan tersebut. Penelitian ini menggunakan empat variabel independent (prediktor) yang menjadi faktor dalam terjadinya kecelakaan kapal saat berlayar, data yang digunakan oleh penulis untuk dilakukan penelitian adalah data observasi dari Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika atau BMKG beserta wawancara langsung dengan para nelayan setempat. Berdasarkan hasil analisis menggunakan Regresi Logistik Multinomial pengaruh yang paling besar secara signifikan yaitu model terbaik dari variabel X1,X2,X7. Sedangkan hasil klasifikasi yang mendapatkan nilai akurasi terbaik didapatkan dari keputusan 0 (Berangkat) sebesar 54,1%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Softfile/KK.23/UISI-01/SI
Uncontrolled Keywords: berlayar, iklim cuaca, regresi logistik multinomial
Contributors:
ContributionNameEmail
Thesis advisorBrina Miftaurrohmah, S.Si., M.Si., MCE.brina.miftahurrohmah@uisi.ac.id
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Department of Information System
Depositing User: Tania Arum Fernanda
Date Deposited: 23 Mar 2023 14:24
Last Modified: 23 Mar 2023 14:24
URI: https://repository.uisi.ac.id/id/eprint/4706

Actions (login required)

View Item View Item