Moh. Agung Pranoto, 2011910017 (2023) PEMODELAN IMPLEMENTASI BETON CEPAT KERING TERHADAP EMISI C02 DARI KEPADATAN LALU LINTAS DI RUAS JALAN PERBAIKAN. Undergraduate thesis, Universitas Internasional Semen Indonesia.
Text (COVER)
COVER.pdf Download (228kB) |
|
Text (HALAMAN JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf Download (105kB) |
|
Text (HALAMAN PENGESAHAN)
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Restricted to Registered users only Download (353kB) | Request a copy |
|
Text (HALAMAN PERSETUJUAN PUBLIKASI)
HALAMAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (240kB) | Request a copy |
|
Text (HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS)
HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf Restricted to Repository staff only Download (235kB) | Request a copy |
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (361kB) |
|
Text (KATA PENGANTAR)
KATA PENGANTAR.pdf Restricted to Repository staff only Download (230kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf Download (369kB) |
|
Text (DAFTAR GAMBAR)
DAFTAR GAMBAR.pdf Restricted to Repository staff only Download (231kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR TABEL)
DAFTAR TABEL.pdf Restricted to Repository staff only Download (233kB) | Request a copy |
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (318kB) |
|
Text (BAB II KAJIAN PUSTAKA)
BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (494kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III METODOLOGI PENELITIAN)
BAB III METODOLOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (464kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (0B) | Request a copy |
|
Text (BAB V SKENARIO)
BAB V SKENARIO.pdf Restricted to Repository staff only Download (356kB) | Request a copy |
|
Text (BAB VI PENUTUP)
BAB VI PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (236kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (360kB) |
|
Text (FULL TEXT)
SKRIPSI - MOH. AGUNG PRANOTO (2011910017).pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (FULL TEXT DOC)
SKRIPSI - MOH. AGUNG PRANOTO (2011910017).docx Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
|
Text (DRAFT JURNAL)
JURNAL - MOH. AGUNG PRANOTO (2011910017).docx Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Kemacetan adalah situasi atau keadaan tersendatnya atau bahkan terhentinya lalu lintas, salah satu penyebab kemacetan yang dominan terjadi adalah adanya perbaikan jalan, didapatkan data pada hasil wawancara dari penduduk setempat perbaikan jalan dengan perkerasan beton di jalan di wilayah Duduk Sampeyan, Gresik menyebabkan kemacetan. Dampak buruk kemacetan terhadap lingkungan yaitu berupa polusi udara dan gangguan suara kendaraan (Munawar, 2004). Umumya perbaikan jalan dengan beton mempunyai waktu pengerasan yang relatif lama bisa memakan waktu 14 hari – 28 hari atau 1 bulan, Hal tersebut menjadi permasalahan, maka dari itu PT. Semen Indonesia menciptakan inovasi baru yakni dengan menciptakan beton cepat kering, inovasi beton cepat kering dapat mempersingkat proses pengerjaan jalan serta dapat mengurangi kemacetan sekaligus akan mengurangi emisi dari CO2 yang disebabkan kendaraan. Penelitian ini bertujuan untuk memodelkan hubungan kepadatan lalu lintas dengan CO2, Menganalisa dampak dari penerapan beton cepat kering dan CO2 yang dihasilkan sehingga dapat memberikan gambaran implementasi beton cepat kering digunakan, Metode digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan simulasi sistem dinamik. Analisis akan dilakukan dengan mempertimbangkan faktor-faktor yang mempengaruhi dan berkaitan. Penelitian menggunakan dampak emisi dan biaya penaanganan emisi CO2 dari perbandingan beton cepat kering dan beton konvensional selama masa perbaikan adalah. Berdasarkan penelitian tingkat emisi perbandingan dari penerapan beton cepat kering 2 hari adalah 551.975,3 kg, 7 hari adalah 1.240.497,05 kg, dan 13 hari adalah 2.066.723,16 kg sedangkan beton konvensional adalah 2.204.427,51 kg, sedangkan biaya penanganan emisi penerapan beton cepat kering 2 hari adalah Rp. 16.559.259,00, 7 hari adalah 37.214.911,5, dan 13 hari adalah 62.001.694,8 dan untuk beton konvensional adalah Rp. 66.132.825,3
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Softfile/KK.23/UISI-01/MR | ||||||
Uncontrolled Keywords: | Beton, Beton Cepat Kering, Emisi CO2, Simulasi, Simulasi Sistem Dinamik | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) | ||||||
Divisions: | Department of Engineering Management | ||||||
Depositing User: | Moh Agung Pranoto | ||||||
Date Deposited: | 24 Feb 2023 09:26 | ||||||
Last Modified: | 24 Feb 2023 09:26 | ||||||
URI: | https://repository.uisi.ac.id/id/eprint/4724 |
Actions (login required)
View Item |