PEMODELAN IMPLEMENTASI BETON CEPAT KERING TERHADAP EMISI C02 DARI KEPADATAN LALU LINTAS DI RUAS JALAN PERBAIKAN

Moh. Agung Pranoto, 2011910017 (2023) PEMODELAN IMPLEMENTASI BETON CEPAT KERING TERHADAP EMISI C02 DARI KEPADATAN LALU LINTAS DI RUAS JALAN PERBAIKAN. Undergraduate thesis, Universitas Internasional Semen Indonesia.

[img] Text (COVER)
COVER.pdf

Download (228kB)
[img] Text (HALAMAN JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (105kB)
[img] Text (HALAMAN PENGESAHAN)
HALAMAN PENGESAHAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (353kB) | Request a copy
[img] Text (HALAMAN PERSETUJUAN PUBLIKASI)
HALAMAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (240kB) | Request a copy
[img] Text (HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS)
HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (235kB) | Request a copy
[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (361kB)
[img] Text (KATA PENGANTAR)
KATA PENGANTAR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (230kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (369kB)
[img] Text (DAFTAR GAMBAR)
DAFTAR GAMBAR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (231kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR TABEL)
DAFTAR TABEL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (233kB) | Request a copy
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (318kB)
[img] Text (BAB II KAJIAN PUSTAKA)
BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (494kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III METODOLOGI PENELITIAN)
BAB III METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (464kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (0B) | Request a copy
[img] Text (BAB V SKENARIO)
BAB V SKENARIO.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (356kB) | Request a copy
[img] Text (BAB VI PENUTUP)
BAB VI PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (236kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (360kB)
[img] Text (FULL TEXT)
SKRIPSI - MOH. AGUNG PRANOTO (2011910017).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (FULL TEXT DOC)
SKRIPSI - MOH. AGUNG PRANOTO (2011910017).docx
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text (DRAFT JURNAL)
JURNAL - MOH. AGUNG PRANOTO (2011910017).docx
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kemacetan adalah situasi atau keadaan tersendatnya atau bahkan terhentinya lalu lintas, salah satu penyebab kemacetan yang dominan terjadi adalah adanya perbaikan jalan, didapatkan data pada hasil wawancara dari penduduk setempat perbaikan jalan dengan perkerasan beton di jalan di wilayah Duduk Sampeyan, Gresik menyebabkan kemacetan. Dampak buruk kemacetan terhadap lingkungan yaitu berupa polusi udara dan gangguan suara kendaraan (Munawar, 2004). Umumya perbaikan jalan dengan beton mempunyai waktu pengerasan yang relatif lama bisa memakan waktu 14 hari – 28 hari atau 1 bulan, Hal tersebut menjadi permasalahan, maka dari itu PT. Semen Indonesia menciptakan inovasi baru yakni dengan menciptakan beton cepat kering, inovasi beton cepat kering dapat mempersingkat proses pengerjaan jalan serta dapat mengurangi kemacetan sekaligus akan mengurangi emisi dari CO2 yang disebabkan kendaraan. Penelitian ini bertujuan untuk memodelkan hubungan kepadatan lalu lintas dengan CO2, Menganalisa dampak dari penerapan beton cepat kering dan CO2 yang dihasilkan sehingga dapat memberikan gambaran implementasi beton cepat kering digunakan, Metode digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan simulasi sistem dinamik. Analisis akan dilakukan dengan mempertimbangkan faktor-faktor yang mempengaruhi dan berkaitan. Penelitian menggunakan dampak emisi dan biaya penaanganan emisi CO2 dari perbandingan beton cepat kering dan beton konvensional selama masa perbaikan adalah. Berdasarkan penelitian tingkat emisi perbandingan dari penerapan beton cepat kering 2 hari adalah 551.975,3 kg, 7 hari adalah 1.240.497,05 kg, dan 13 hari adalah 2.066.723,16 kg sedangkan beton konvensional adalah 2.204.427,51 kg, sedangkan biaya penanganan emisi penerapan beton cepat kering 2 hari adalah Rp. 16.559.259,00, 7 hari adalah 37.214.911,5, dan 13 hari adalah 62.001.694,8 dan untuk beton konvensional adalah Rp. 66.132.825,3

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Softfile/KK.23/UISI-01/MR
Uncontrolled Keywords: Beton, Beton Cepat Kering, Emisi CO2, Simulasi, Simulasi Sistem Dinamik
Contributors:
ContributionNameEmail
Thesis advisorKuntum Khoiro Ummatin, S.T., M.T.kuntum.ummatin@uisi.ac.id
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Department of Engineering Management
Depositing User: Moh Agung Pranoto
Date Deposited: 24 Feb 2023 09:26
Last Modified: 24 Feb 2023 09:26
URI: https://repository.uisi.ac.id/id/eprint/4724

Actions (login required)

View Item View Item