PEMODELAN SISTEM DINAMIK PENGARUH SAFETY BEHAVIOR & SAFETY CONDITION TERHADAP PENINGKATAN KINERJA K3 (STUDI KASUS: PROYEK KONSTRUKSI JALAN TOL SEMARANG-DEMAK)

Indah Dwi Purnama Ningrum, 2011910014 (2023) PEMODELAN SISTEM DINAMIK PENGARUH SAFETY BEHAVIOR & SAFETY CONDITION TERHADAP PENINGKATAN KINERJA K3 (STUDI KASUS: PROYEK KONSTRUKSI JALAN TOL SEMARANG-DEMAK). Undergraduate thesis, Universitas Internasional Semen Indonesia.

[img] Text (COVER)
0. COVER.pdf

Download (178kB)
[img] Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (75kB)
[img] Text (HALAMAN PENGESAHAN)
2. HALAMAN PENGESAHAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (289kB) | Request a copy
[img] Text (HALAMAN PERSETUJUAN PUBLIKASI)
3. HALAMAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (264kB) | Request a copy
[img] Text (HALAMAN PERNYATAAN ORISINILITAS)
4. HALAMAN PERNYATAAN ORISINILITAS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (260kB) | Request a copy
[img] Text (ABSTRAK)
5. ABSTRAK.pdf

Download (259kB)
[img] Text (KATA PENGANTAR)
6. KATA PENGANTAR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (254kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR ISI)
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (328kB)
[img] Text (DAFTAR GAMBAR)
8. DAFTAR GAMBAR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (285kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR TABEL)
9. DAFTAR TABEL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (280kB) | Request a copy
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
10. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (340kB)
[img] Text (BAB II TINJAUAN PUSTAKA)
11. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III METODOLOGI PENELITIAN)
12. BAB III METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (541kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV PERANCANGAN MODEL SIMULASI DAN ANALISA DATA)
13. BAB IV PERANCANGAN MODEL SIMULASI DAN ANALISA DATA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V PERANCANGAN SKENARIO)
14. BAB V PERANCANGAN SKENARIO.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (724kB) | Request a copy
[img] Text (BAB VI PENUTUP)
15. BAB VI PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (493kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (574kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
17. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (368kB) | Request a copy
[img] Text (FULL TEXT)
SKRIPSI-INDAH DWI PURNAMA NINGRUM(2011910014).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (FULL TEXT DOC)
SKRIPSI-INDAH DWI PURNAMA NINGRUM(2011910014).doc
Restricted to Repository staff only

Download (17MB) | Request a copy
[img] Text (DRAFT JURNAL)
JURNAL-INDAH DWI PURNAMA NINGRUM (2011910014).doc
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Proyek konstruksi merupakan serangkaian kegiatan yang digunakan untuk mencapai suatu tujuan seperti bangunan atau konstruksi yang memiliki batasan waktu, biaya dan mutu tertentu. Proyek konstruksi yang saat ini sedang banyak dijalankan di Indonesia yaitu proyek konstruksi pembangunan jalan tol. Salah satu proyek konstruksi jalan tol yang baru saja dibuka pada akhir tahun 2022 yaitu proyek jalan tol Semarang-Demak. Proyek konstruksi pembangunan jalan tol sendiri masuk dalam proyek konstruksi besar yang mana banyak risiko kecelakaan kerja yang mungkin terjadi. Proyek konstruksi merupakan proyek dengan jumlah kasus kecelakaan kerja masuk dalam kategori cukup tinggi di Indonesia. Sehingga perlu adanya perhatian serius terkait penerapan K3 pada proyek konstruksi terutama oleh pihak perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk memodelkan pengaruh safety behavior dan safety condition terhadap peningkatan kinerja K3 pada proyek konstruksi jalan tol, sehingga keselamatan kerja pada proyek dapat ditingkatkan. Metode yang digunakan yaitu metode pemodelan sistem dinamik, dengan 3 submodel yaitu unsafe action, unsafe condition, dan jumlah insiden. Dengan menerapkan skenario penmabahan struktur diperoleh skenario berupa penmabahan variabel safety behavior dan safety condition untuk meningkatkan kinerja K3. Berdasarkan skenario yang dibuat diperoleh variabel dan rata-rata hasil skenario yaitu kebijakan berupa safety resources dan ergonomi yang mana kebijakan ini pada skenario mampu menurunkan jumlah insiden hingga 5%. Sehingga penambahan variabel dapat dipilih sebagai variabel untuk meningkatkan kinerja K3 berdasarkan safety behavior dan safety condition dengan menurunkan nilai unsafe action, unsafe condition dan jumlah insiden.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Softfile/KK.23/UISI-01/MR
Uncontrolled Keywords: Kinerja K3, Proyek Konstruksi, Safety Behavior, Safety Condition, Sistem Dinamis, Unsafe Action, Unsafe Condition
Contributors:
ContributionNameEmail
Thesis advisorKuntum Khoiro Ummatin, S. T., M. T.kuntum.ummatin@uisi.ac.id
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Department of Engineering Management
Depositing User: Indah Dwi Purnama Ningrum
Date Deposited: 24 Feb 2023 09:34
Last Modified: 24 Feb 2023 09:34
URI: https://repository.uisi.ac.id/id/eprint/4730

Actions (login required)

View Item View Item