Indah Dwi Purnama Ningrum, 2011910014 (2023) PEMODELAN SISTEM DINAMIK PENGARUH SAFETY BEHAVIOR & SAFETY CONDITION TERHADAP PENINGKATAN KINERJA K3 (STUDI KASUS: PROYEK KONSTRUKSI JALAN TOL SEMARANG-DEMAK). Undergraduate thesis, Universitas Internasional Semen Indonesia.
Text (COVER)
0. COVER.pdf Download (178kB) |
|
Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf Download (75kB) |
|
Text (HALAMAN PENGESAHAN)
2. HALAMAN PENGESAHAN.pdf Restricted to Registered users only Download (289kB) | Request a copy |
|
Text (HALAMAN PERSETUJUAN PUBLIKASI)
3. HALAMAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (264kB) | Request a copy |
|
Text (HALAMAN PERNYATAAN ORISINILITAS)
4. HALAMAN PERNYATAAN ORISINILITAS.pdf Restricted to Repository staff only Download (260kB) | Request a copy |
|
Text (ABSTRAK)
5. ABSTRAK.pdf Download (259kB) |
|
Text (KATA PENGANTAR)
6. KATA PENGANTAR.pdf Restricted to Repository staff only Download (254kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR ISI)
7. DAFTAR ISI.pdf Download (328kB) |
|
Text (DAFTAR GAMBAR)
8. DAFTAR GAMBAR.pdf Restricted to Repository staff only Download (285kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR TABEL)
9. DAFTAR TABEL.pdf Restricted to Repository staff only Download (280kB) | Request a copy |
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
10. BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (340kB) |
|
Text (BAB II TINJAUAN PUSTAKA)
11. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB III METODOLOGI PENELITIAN)
12. BAB III METODOLOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (541kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV PERANCANGAN MODEL SIMULASI DAN ANALISA DATA)
13. BAB IV PERANCANGAN MODEL SIMULASI DAN ANALISA DATA.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V PERANCANGAN SKENARIO)
14. BAB V PERANCANGAN SKENARIO.pdf Restricted to Repository staff only Download (724kB) | Request a copy |
|
Text (BAB VI PENUTUP)
15. BAB VI PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (493kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (574kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
17. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (368kB) | Request a copy |
|
Text (FULL TEXT)
SKRIPSI-INDAH DWI PURNAMA NINGRUM(2011910014).pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (FULL TEXT DOC)
SKRIPSI-INDAH DWI PURNAMA NINGRUM(2011910014).doc Restricted to Repository staff only Download (17MB) | Request a copy |
|
Text (DRAFT JURNAL)
JURNAL-INDAH DWI PURNAMA NINGRUM (2011910014).doc Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Proyek konstruksi merupakan serangkaian kegiatan yang digunakan untuk mencapai suatu tujuan seperti bangunan atau konstruksi yang memiliki batasan waktu, biaya dan mutu tertentu. Proyek konstruksi yang saat ini sedang banyak dijalankan di Indonesia yaitu proyek konstruksi pembangunan jalan tol. Salah satu proyek konstruksi jalan tol yang baru saja dibuka pada akhir tahun 2022 yaitu proyek jalan tol Semarang-Demak. Proyek konstruksi pembangunan jalan tol sendiri masuk dalam proyek konstruksi besar yang mana banyak risiko kecelakaan kerja yang mungkin terjadi. Proyek konstruksi merupakan proyek dengan jumlah kasus kecelakaan kerja masuk dalam kategori cukup tinggi di Indonesia. Sehingga perlu adanya perhatian serius terkait penerapan K3 pada proyek konstruksi terutama oleh pihak perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk memodelkan pengaruh safety behavior dan safety condition terhadap peningkatan kinerja K3 pada proyek konstruksi jalan tol, sehingga keselamatan kerja pada proyek dapat ditingkatkan. Metode yang digunakan yaitu metode pemodelan sistem dinamik, dengan 3 submodel yaitu unsafe action, unsafe condition, dan jumlah insiden. Dengan menerapkan skenario penmabahan struktur diperoleh skenario berupa penmabahan variabel safety behavior dan safety condition untuk meningkatkan kinerja K3. Berdasarkan skenario yang dibuat diperoleh variabel dan rata-rata hasil skenario yaitu kebijakan berupa safety resources dan ergonomi yang mana kebijakan ini pada skenario mampu menurunkan jumlah insiden hingga 5%. Sehingga penambahan variabel dapat dipilih sebagai variabel untuk meningkatkan kinerja K3 berdasarkan safety behavior dan safety condition dengan menurunkan nilai unsafe action, unsafe condition dan jumlah insiden.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Softfile/KK.23/UISI-01/MR | ||||||
Uncontrolled Keywords: | Kinerja K3, Proyek Konstruksi, Safety Behavior, Safety Condition, Sistem Dinamis, Unsafe Action, Unsafe Condition | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) | ||||||
Divisions: | Department of Engineering Management | ||||||
Depositing User: | Indah Dwi Purnama Ningrum | ||||||
Date Deposited: | 24 Feb 2023 09:34 | ||||||
Last Modified: | 24 Feb 2023 09:34 | ||||||
URI: | https://repository.uisi.ac.id/id/eprint/4730 |
Actions (login required)
View Item |