PERANCANGAN BOARDGAME SEBAGAI MEDIA EDUKASI BIJAK DALAM MENGGUNAKAN GAWAI UNTUK ANAK USIA 3-5 TAHUN

Muhammad Ali Masyhuri, 3031910024 (2023) PERANCANGAN BOARDGAME SEBAGAI MEDIA EDUKASI BIJAK DALAM MENGGUNAKAN GAWAI UNTUK ANAK USIA 3-5 TAHUN. Undergraduate thesis, Universitas Internasional Semen Indonesia.

[img] Text (COVER)
0. COVER.pdf

Download (389kB)
[img] Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (381kB)
[img] Text (HALAMAN PENGESAHAN)
2. HALAMAN PENGESAHAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (597kB) | Request a copy
[img] Text (HALAMAN PERSETUJUAN PUBLIKASI)
3. HALAMAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS)
4. HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (ABSTRAK)
5. ABSTRAK.pdf

Download (231kB)
[img] Text (KATA PENGANTAR)
6. KATA PENGANTAR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (230kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR ISI)
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (406kB)
[img] Text (DAFTAR GAMBAR)
8. DAFTAR GAMBAR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (255kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR TABEL)
9. DAFTAR TABEL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (245kB) | Request a copy
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
10. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (275kB)
[img] Text (BAB II TINJAUAN PUSTAKA)
11. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III METODE PENELITIAN)
12. BAB III METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (291kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV PERANCANGAN)
13. BAB IV PERANCANGAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V PENUTUP)
14. BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (229kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (295kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
16. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (FULL TEXT)
17. SKRIPSI - MUHAMMAD ALI MASYHURI (3031910024).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text (FULL TEXT DOC)
18. SKRIPSI - MUHAMMAD ALI MASYHURI (3031910024).docx
Restricted to Repository staff only

Download (22MB) | Request a copy
[img] Text (POSTER SKRIPSI)
19. POSTER - MUHAMMAD ALI MASYHURI (3031910024).pdf

Download (26MB)

Abstract

Dewasa ini, perkembangan teknologi menyebabkan penggunaan gawai terutama smartphone tidak bisa dihindari lagi bahkan oleh anak berusia 3-5 tahun. Menurut data Badan Pusat Satistik pada tahun 2020 sebayak 29 persen anak di indonesia telah menggunakan gawai. Padahal pengaruh negatif dari penggunaan gawai tak bisa diabaikan, apalagi bagi kemampuan berkomunikasi, empati terhadap lingkungan dan perilaku bersosial dengan sekitar. Penggunaan gawai berlebih oleh anak usia 3-5 tahun disebabkan karena kurangnya media edukasi interaktif yang dapat digunakan oleh orang tua sebagai alternatif media dalam meminimalisir penggunaan gawai pada anak. Metode penelitian yang digunakan dalam perancangan ini ialah dengan wawancara, kuisioner serta studi pustaka guna mendapatkan data yang relevan untuk dianalisa secara kualitatif. Hasil dari penelitian tersebut selanjutnya dijadikan acuan dalam perancangan media interaktif berupa boardgame untuk membantu orang tua dalam mengedukasi anak mengenai dampak penggunaan gawai terhadap anak-anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Softfile/KK.23/UISI-01/DKV
Uncontrolled Keywords: Dampak gawai, media edukasi, boardgame
Contributors:
ContributionNameEmail
Thesis advisorRizky Noviasri, S.Sn., M.Ds.rizky.noviasri@uisi.ac.id
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Department of Visual Communication Design
Depositing User: Muhammad Ali Masyhuri
Date Deposited: 11 Aug 2023 15:23
Last Modified: 14 Aug 2023 14:40
URI: https://repository.uisi.ac.id/id/eprint/5134

Actions (login required)

View Item View Item