Muhammad Ali Masyhuri, 3031910024 (2023) PERANCANGAN BOARDGAME SEBAGAI MEDIA EDUKASI BIJAK DALAM MENGGUNAKAN GAWAI UNTUK ANAK USIA 3-5 TAHUN. Undergraduate thesis, Universitas Internasional Semen Indonesia.
Text (COVER)
0. COVER.pdf Download (389kB) |
|
Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf Download (381kB) |
|
Text (HALAMAN PENGESAHAN)
2. HALAMAN PENGESAHAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (597kB) | Request a copy |
|
Text (HALAMAN PERSETUJUAN PUBLIKASI)
3. HALAMAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS)
4. HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (ABSTRAK)
5. ABSTRAK.pdf Download (231kB) |
|
Text (KATA PENGANTAR)
6. KATA PENGANTAR.pdf Restricted to Repository staff only Download (230kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR ISI)
7. DAFTAR ISI.pdf Download (406kB) |
|
Text (DAFTAR GAMBAR)
8. DAFTAR GAMBAR.pdf Restricted to Repository staff only Download (255kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR TABEL)
9. DAFTAR TABEL.pdf Restricted to Repository staff only Download (245kB) | Request a copy |
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
10. BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (275kB) |
|
Text (BAB II TINJAUAN PUSTAKA)
11. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB III METODE PENELITIAN)
12. BAB III METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (291kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV PERANCANGAN)
13. BAB IV PERANCANGAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V PENUTUP)
14. BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (229kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (295kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
16. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
|
Text (FULL TEXT)
17. SKRIPSI - MUHAMMAD ALI MASYHURI (3031910024).pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
|
Text (FULL TEXT DOC)
18. SKRIPSI - MUHAMMAD ALI MASYHURI (3031910024).docx Restricted to Repository staff only Download (22MB) | Request a copy |
|
Text (POSTER SKRIPSI)
19. POSTER - MUHAMMAD ALI MASYHURI (3031910024).pdf Download (26MB) |
Abstract
Dewasa ini, perkembangan teknologi menyebabkan penggunaan gawai terutama smartphone tidak bisa dihindari lagi bahkan oleh anak berusia 3-5 tahun. Menurut data Badan Pusat Satistik pada tahun 2020 sebayak 29 persen anak di indonesia telah menggunakan gawai. Padahal pengaruh negatif dari penggunaan gawai tak bisa diabaikan, apalagi bagi kemampuan berkomunikasi, empati terhadap lingkungan dan perilaku bersosial dengan sekitar. Penggunaan gawai berlebih oleh anak usia 3-5 tahun disebabkan karena kurangnya media edukasi interaktif yang dapat digunakan oleh orang tua sebagai alternatif media dalam meminimalisir penggunaan gawai pada anak. Metode penelitian yang digunakan dalam perancangan ini ialah dengan wawancara, kuisioner serta studi pustaka guna mendapatkan data yang relevan untuk dianalisa secara kualitatif. Hasil dari penelitian tersebut selanjutnya dijadikan acuan dalam perancangan media interaktif berupa boardgame untuk membantu orang tua dalam mengedukasi anak mengenai dampak penggunaan gawai terhadap anak-anak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Softfile/KK.23/UISI-01/DKV | ||||||
Uncontrolled Keywords: | Dampak gawai, media edukasi, boardgame | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Subjects: | N Fine Arts > NX Arts in general | ||||||
Divisions: | Department of Visual Communication Design | ||||||
Depositing User: | Muhammad Ali Masyhuri | ||||||
Date Deposited: | 11 Aug 2023 15:23 | ||||||
Last Modified: | 14 Aug 2023 14:40 | ||||||
URI: | https://repository.uisi.ac.id/id/eprint/5134 |
Actions (login required)
View Item |