Muhammad Nabil Abdullah, 2021910030 (2023) MODEL SIMULASI SISTEM PENCETAKAN TIKET PENUMPANG KAPAL UNTUK MEMINIMALKAN PANJANG ANTRIAN. Undergraduate thesis, Universitas Internasional Semen Indonesia.
Text (COVER)
0. COVER.pdf Download (187kB) |
|
Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf Download (312kB) |
|
Text (HALAMAN PENGESAHAN)
2. HALAMAN PENGESAHAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (807kB) | Request a copy |
|
Text (HALAMAN PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI)
3. HALAMAN PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (451kB) | Request a copy |
|
Text (HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS)
4. HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf Restricted to Repository staff only Download (449kB) | Request a copy |
|
Text (LEMBAR HASIL DETEKSI PLAGIASI SKRIPSI)
5. LEMBAR HASIL DETEKSI PLAGIASI SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (582kB) | Request a copy |
|
Text (ABSTRAK)
6. ABSTRAK.pdf Download (449kB) |
|
Text (KATA PENGANTAR)
7. KATA PENGANTAR.pdf Restricted to Repository staff only Download (569kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR ISI)
8. DAFTAR ISI.pdf Download (615kB) |
|
Text (DAFTAR GAMBAR)
9. DAFTAR GAMBAR.pdf Restricted to Repository staff only Download (565kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR TABEL)
10. DAFTAR TABEL.pdf Restricted to Repository staff only Download (444kB) | Request a copy |
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
11. BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (583kB) |
|
Text (BAB II TINJAUAN PUSTAKA)
12. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB III METODE PENELITIAN)
13. BAB III METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (693kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV PENGUMPULAN DAN PENGOLAHAN DATA)
14. BAB IV PENGUMPULAN DAN PENGOLAHAN DATA.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V ANALISIS DAN INTERPRESTASI HASIL)
15. BAB V ANALISIS DAN INTERPRESTASI HASIL.pdf Restricted to Repository staff only Download (701kB) | Request a copy |
|
Text (BAB VI KESIMPULAN DAN SARAN)
16. BAB VI KESIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (441kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (563kB) |
|
Text (LAMPIRAN DAN BIODATA PENULIS)
18. LAMPIRAN DAN BIODATA PENULIS.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (FULLTEXT)
20. SKRIPSI - MUHAMMAD NABIL ABDULLAH (2021910030).pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
|
Text (FULLTEXT DOC)
21. SKRIPSI - MUHAMMAD NABIL ABDULAH (2021910030).docx Restricted to Repository staff only Download (8MB) | Request a copy |
|
Text (POSTER PENELITIAN)
19. POSTER PENELITIAN.pdf Download (683kB) |
Abstract
Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya adalah salah satu pelabuhan terbesar di Indonesia dan menjadi salah satu pintu masuk penting bagi penumpang atau barang yang masuk dan keluar dari Indonesia. Adapun Permasalahan utamanya terletak pada pencetakan tiket penumpang yang sering mengalami antrian yang disebabkan karena jumlah loket yang ada tidak bisa melayani antrian penumpang dengan maksimal sehingga perlu adanya perbaikan sistem dengan menggunakan model simulasi diskrit. Dalam penelitian ini, sebuah model simulasi telah dibangun untuk mengevaluasi sistem pencetakan tiket penumpang kapal dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi panjang antrian seperti waktu tunggu yang lama untuk pengecekan data atau proses adminitrasi, dan memberikan solusi yang efisien sehingga dapat mengurangi panjang antrian. Rata-rata penumpang melakukan proses adminitrasi itu sendiri kisaran 2-5 menit/penumpang. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menerapakan hasil simulasi pada sistem pencetakan tiket, seperti menambahkan mesin pencetak atau menggunakan teknik antrian yang lebih efektif, dapat mempersingkat panjang dan mengurangi waktu tunggu di pelabuhan kapal. Penelitian ini dapat dijadikan referensi bagi pihak yang terkait untuk meningkatkan sistem pencetakan tiket penumpang kapal yang lebih efektif dan efisien. Maka dari itu, untuk hasil terbaiknya ada penambahan untuk mengubah resource yaitu jumlah pegawai admin beserta mesinnya. Hasil dari skenario perbaikan ini didapatkan hasil terbaik pada skenario 2 dengan penambahan 2 pegawai admin berserta 2 mesin. Dan mendapatkan penurunan waiting time. Dengan hasil waktunya yaitu 0,2736 jam dengan utilitas pegawai mendapat 0,9996 dan mesin mendapat 0,00076239 jam.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Softfile/KK.23/UISI-01/TL | ||||||
Uncontrolled Keywords: | antrian, model simulasi, diskrit, sistem pencetak tiket | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Subjects: | T Technology > T Technology (General) T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
||||||
Divisions: | Department of Logistic Engineering | ||||||
Depositing User: | Muhammad Nabil Abdullah | ||||||
Date Deposited: | 16 Aug 2023 16:12 | ||||||
Last Modified: | 16 Aug 2023 16:12 | ||||||
URI: | https://repository.uisi.ac.id/id/eprint/5383 |
Actions (login required)
View Item |