MODEL SIMULASI SISTEM PENCETAKAN TIKET PENUMPANG KAPAL UNTUK MEMINIMALKAN PANJANG ANTRIAN

Muhammad Nabil Abdullah, 2021910030 (2023) MODEL SIMULASI SISTEM PENCETAKAN TIKET PENUMPANG KAPAL UNTUK MEMINIMALKAN PANJANG ANTRIAN. Undergraduate thesis, Universitas Internasional Semen Indonesia.

[img] Text (COVER)
0. COVER.pdf

Download (187kB)
[img] Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (312kB)
[img] Text (HALAMAN PENGESAHAN)
2. HALAMAN PENGESAHAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (807kB) | Request a copy
[img] Text (HALAMAN PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI)
3. HALAMAN PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (451kB) | Request a copy
[img] Text (HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS)
4. HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (449kB) | Request a copy
[img] Text (LEMBAR HASIL DETEKSI PLAGIASI SKRIPSI)
5. LEMBAR HASIL DETEKSI PLAGIASI SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (582kB) | Request a copy
[img] Text (ABSTRAK)
6. ABSTRAK.pdf

Download (449kB)
[img] Text (KATA PENGANTAR)
7. KATA PENGANTAR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (569kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR ISI)
8. DAFTAR ISI.pdf

Download (615kB)
[img] Text (DAFTAR GAMBAR)
9. DAFTAR GAMBAR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (565kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR TABEL)
10. DAFTAR TABEL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (444kB) | Request a copy
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
11. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (583kB)
[img] Text (BAB II TINJAUAN PUSTAKA)
12. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III METODE PENELITIAN)
13. BAB III METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (693kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV PENGUMPULAN DAN PENGOLAHAN DATA)
14. BAB IV PENGUMPULAN DAN PENGOLAHAN DATA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V ANALISIS DAN INTERPRESTASI HASIL)
15. BAB V ANALISIS DAN INTERPRESTASI HASIL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (701kB) | Request a copy
[img] Text (BAB VI KESIMPULAN DAN SARAN)
16. BAB VI KESIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (441kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (563kB)
[img] Text (LAMPIRAN DAN BIODATA PENULIS)
18. LAMPIRAN DAN BIODATA PENULIS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (FULLTEXT)
20. SKRIPSI - MUHAMMAD NABIL ABDULLAH (2021910030).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (FULLTEXT DOC)
21. SKRIPSI - MUHAMMAD NABIL ABDULAH (2021910030).docx
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy
[img] Text (POSTER PENELITIAN)
19. POSTER PENELITIAN.pdf

Download (683kB)

Abstract

Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya adalah salah satu pelabuhan terbesar di Indonesia dan menjadi salah satu pintu masuk penting bagi penumpang atau barang yang masuk dan keluar dari Indonesia. Adapun Permasalahan utamanya terletak pada pencetakan tiket penumpang yang sering mengalami antrian yang disebabkan karena jumlah loket yang ada tidak bisa melayani antrian penumpang dengan maksimal sehingga perlu adanya perbaikan sistem dengan menggunakan model simulasi diskrit. Dalam penelitian ini, sebuah model simulasi telah dibangun untuk mengevaluasi sistem pencetakan tiket penumpang kapal dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi panjang antrian seperti waktu tunggu yang lama untuk pengecekan data atau proses adminitrasi, dan memberikan solusi yang efisien sehingga dapat mengurangi panjang antrian. Rata-rata penumpang melakukan proses adminitrasi itu sendiri kisaran 2-5 menit/penumpang. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menerapakan hasil simulasi pada sistem pencetakan tiket, seperti menambahkan mesin pencetak atau menggunakan teknik antrian yang lebih efektif, dapat mempersingkat panjang dan mengurangi waktu tunggu di pelabuhan kapal. Penelitian ini dapat dijadikan referensi bagi pihak yang terkait untuk meningkatkan sistem pencetakan tiket penumpang kapal yang lebih efektif dan efisien. Maka dari itu, untuk hasil terbaiknya ada penambahan untuk mengubah resource yaitu jumlah pegawai admin beserta mesinnya. Hasil dari skenario perbaikan ini didapatkan hasil terbaik pada skenario 2 dengan penambahan 2 pegawai admin berserta 2 mesin. Dan mendapatkan penurunan waiting time. Dengan hasil waktunya yaitu 0,2736 jam dengan utilitas pegawai mendapat 0,9996 dan mesin mendapat 0,00076239 jam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Softfile/KK.23/UISI-01/TL
Uncontrolled Keywords: antrian, model simulasi, diskrit, sistem pencetak tiket
Contributors:
ContributionNameEmail
Thesis advisorMuhammad Faisal Ibrahim, S.T., M.T.muhammad.ibrahim@uisi.ac.id
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Department of Logistic Engineering
Depositing User: Muhammad Nabil Abdullah
Date Deposited: 16 Aug 2023 16:12
Last Modified: 16 Aug 2023 16:12
URI: https://repository.uisi.ac.id/id/eprint/5383

Actions (login required)

View Item View Item