Widya Fitriana, 2021510048 (2019) PENJADWALAN WAKTU SANDAR DAN LEPAS SANDAR KAPAL DENGAN MEMPERTIMBANGKAN ALOKASI DERMAGA PADA PT KALTIM KARIANGAU TERMINAL. Undergraduate thesis, Universitas Internasional Semen Indonesia.
Text (ABSTRAK)
5. ABSTRAK.pdf Download (422kB) |
|
Text (DAFTAR ISI)
7. DAFTAR ISI.pdf Download (546kB) |
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
10. BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (911kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (525kB) |
|
Text (JURNAL)
JURNAL - WIDYA FITRIANA (2021510048).docx Restricted to Repository staff only Download (74kB) | Request a copy |
|
Text (FULLTEXT)
SKRIPSI - WIDYA FITRIANA (2021510048).pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (FULLTEXT DOC)
SKRIPSI - WIDYA FITRIANA (2021510048).docx Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Permasalahan efisiensi alokasi dermaga dapat memepengaruhi tingkat pemakaian dermaga. Sehingga diperlukan pengelolaan dermaga dengan menjadwalkan waktu sandar dan lepas sandar kapal dengan mempertimbangkan alokasi dermaga dengan tepat. Alokasi dermaga dalam hal ini melakukan penempatan kapal yang akan sandar sesuai dengan ketersedian dermaga yang ada. Penelitian ini akan melakukan penjadwalan dengan mempertimbangkan alokasi dermaga untuk merencanakan waktu sandar dan lepas sandar kapal yang dapat memaksimalkan kinerja pelabuhan. Kinerja pelabuhan yang diukur yaitu besarnya nilai Berth Occupancy Ratio (BOR) dan Waiting Time (WT). Objek penelitian ini yaitu PT Kaltim Kariangau Terminal sebagai perusahaan mengelola dan memberikan jasa kepelabuhan di Kariangau Kota Balikpapan. Dari hasil analisi penjadwalan dengan tujuan mengetahui waktu kapal sandar dan lepas sandar dengan mempertimbangkan alokasi dermaga, penulis menjadwalkan berdasarkan waktu kedatangan kapal yang sedang sandar kurang dari kapal yang selanjutnya akan sandar dilayani menggunakan 2 unit container crane dengan begitu mendapatkan hasil BOR sebesar 56.06% serta dengan jumlah WT sebesar 1.79 jam.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | 037/KK.19/UISI-01/TL | ||||||
Uncontrolled Keywords: | Penjadwalan dan alokasi dermaga, Berth Occupancy Ratio, Waiting Time | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) | ||||||
Divisions: | Department of Logistic Engineering | ||||||
Depositing User: | Raudhatul Munawwarah | ||||||
Date Deposited: | 04 Aug 2020 10:28 | ||||||
Last Modified: | 04 Aug 2020 10:28 | ||||||
URI: | https://repository.uisi.ac.id/id/eprint/543 |
Actions (login required)
View Item |