PENJADWALAN WAKTU SANDAR DAN LEPAS SANDAR KAPAL DENGAN MEMPERTIMBANGKAN ALOKASI DERMAGA PADA PT KALTIM KARIANGAU TERMINAL

Widya Fitriana, 2021510048 (2019) PENJADWALAN WAKTU SANDAR DAN LEPAS SANDAR KAPAL DENGAN MEMPERTIMBANGKAN ALOKASI DERMAGA PADA PT KALTIM KARIANGAU TERMINAL. Undergraduate thesis, Universitas Internasional Semen Indonesia.

[img] Text (ABSTRAK)
5. ABSTRAK.pdf

Download (422kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (546kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
10. BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (911kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (525kB)
[img] Text (JURNAL)
JURNAL - WIDYA FITRIANA (2021510048).docx
Restricted to Repository staff only

Download (74kB) | Request a copy
[img] Text (FULLTEXT)
SKRIPSI - WIDYA FITRIANA (2021510048).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (FULLTEXT DOC)
SKRIPSI - WIDYA FITRIANA (2021510048).docx
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Permasalahan efisiensi alokasi dermaga dapat memepengaruhi tingkat pemakaian dermaga. Sehingga diperlukan pengelolaan dermaga dengan menjadwalkan waktu sandar dan lepas sandar kapal dengan mempertimbangkan alokasi dermaga dengan tepat. Alokasi dermaga dalam hal ini melakukan penempatan kapal yang akan sandar sesuai dengan ketersedian dermaga yang ada. Penelitian ini akan melakukan penjadwalan dengan mempertimbangkan alokasi dermaga untuk merencanakan waktu sandar dan lepas sandar kapal yang dapat memaksimalkan kinerja pelabuhan. Kinerja pelabuhan yang diukur yaitu besarnya nilai Berth Occupancy Ratio (BOR) dan Waiting Time (WT). Objek penelitian ini yaitu PT Kaltim Kariangau Terminal sebagai perusahaan mengelola dan memberikan jasa kepelabuhan di Kariangau Kota Balikpapan. Dari hasil analisi penjadwalan dengan tujuan mengetahui waktu kapal sandar dan lepas sandar dengan mempertimbangkan alokasi dermaga, penulis menjadwalkan berdasarkan waktu kedatangan kapal yang sedang sandar kurang dari kapal yang selanjutnya akan sandar dilayani menggunakan 2 unit container crane dengan begitu mendapatkan hasil BOR sebesar 56.06% serta dengan jumlah WT sebesar 1.79 jam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 037/KK.19/UISI-01/TL
Uncontrolled Keywords: Penjadwalan dan alokasi dermaga, Berth Occupancy Ratio, Waiting Time
Contributors:
ContributionNameEmail
Thesis advisorMaulin Masyito Putri, S.T., M.T.maulin.putri@uisi.ac.id
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Department of Logistic Engineering
Depositing User: Raudhatul Munawwarah
Date Deposited: 04 Aug 2020 10:28
Last Modified: 04 Aug 2020 10:28
URI: https://repository.uisi.ac.id/id/eprint/543

Actions (login required)

View Item View Item