Silvi Anggraini Aulia Putri, 1011510281 (2019) SIMULASI SISTEM ANTRIAN SERVIS MOBIL PADA CV. ENGGAL MOTOR DENGAN ARENA UNTUK MEMINIMALKAN LEADTIME. Undergraduate thesis, Universitas Internasional Semen Indonesia.
Text (ABSTRAK)
5. ABSTRAK.pdf Download (529kB) |
|
Text (DAFTAR ISI)
7. DAFTAR ISI.pdf Download (383kB) |
|
Text (BAB I)
10. BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (612kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (502kB) |
|
Text (JURNAL)
Draft Paper Silvi Anggraini A.P-1011510281.docx Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (FULLTEXT)
SKRIPSI - SILVI ANGGRAINI AULIA PUTRI (1011510281).pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (FULLTEXT DOC)
SKRIPSI - SILVI ANGGRAINI AULIA PUTRI (1011510281).docx Restricted to Repository staff only Download (7MB) | Request a copy |
Abstract
Antrian merupakan masalah yang umum terjadi di masyarakat ataupun dalam proses produksi suatu barang dan jasa. Antrian tersebut dapat terjadi karena tingkat permintaan layanan yang lebih besar dibandingkan dengan tingkat kemampuan fasilitas untuk memberikan layanan. CV. Enggal Motor merupakan perusahaan dibidang jasa yang salah satu bidangnya adalah pelayanan servis mobil. Servis mobil di CV. Enggal Motor memiliki kendala dalam antrian. Dampak dari panjangnya antrian tersebut mengakibatkan CV. Enggal Motor belum bisa mencapai target yang telah ditentukan yaitu 15 mobil untuk servis ringan dan 5 mobil untuk servis berat. Dalam proses pelayanan servis, CV. Enggal Motor menggunakan sistem antrian dengan disiplin First In First Out (FIFO) dimana pelanggan yang datang terlebih dahulu akan dilayani pertama kali sesuai urutan waktu kedatangan. Penelitian ini bertujuan untuk menilai Activity Cycle Diagram (ACD) yang dihasilkan proses servis dan menyimulasikan mengenai antrian servis di CV. Enggal Motor untuk meminimalkan leadtime dengan menggunakan Software ARENA. Selama proses penelitian dilakukan pengamatan terhadap waktu kedatangan, waktu dalam sistem (pengecekan sementara) dan waktu pelayanan. Dalam proses pembuatan simulasi akan dilakukan proses validasi dan verifikasi yang bertujuan untuk memastikan bahwa model yang dibuat dapat menggambarkan kondisi yang sesungguhnya. Berdasarkan hasil simulasi yang di running dapat diperoleh rata-rata leadtime 0,7739 jam atau 46,44 menit dan rata-rata antrian 3,1525 jam atau 189,15 menit. Oleh karena itu, disarankan skenario perbaikan dengan menambah server ringan dan server berat yang menghasilkan rata-rata leadtime 0,3829 jam atau 22,9 menit dan rata-rata antrian 2,8293 jam atau 169,7 menit. Dengan penambahan tersebut dapat meminimalkan leadtime antrian servis mobil di CV. Enggal Motor.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | 191/KK.19/UISI-01/MG | ||||||
Uncontrolled Keywords: | Sistem Antrian, Simulasi ARENA, Servis Mobil, Leadtime Antrian Mobil, Queues System, ARENA Simulation, Car Service, Car Queues Leadtime | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) | ||||||
Divisions: | Department of Management | ||||||
Depositing User: | Mahasiswa UISI | ||||||
Date Deposited: | 09 Jun 2020 13:24 | ||||||
Last Modified: | 09 Jun 2020 13:24 | ||||||
URI: | https://repository.uisi.ac.id/id/eprint/114 |
Actions (login required)
View Item |