Uhfanul Hidayati, 2011510075 (2018) ANALISIS SEGMENTASI PASAR BISNIS RUMAH KOS DENGAN METODE K-MEANS CLUSTERING (STUDI KASUS : KECAMATAN KEBOMAS DAN KECAMATAN GRESIK). Undergraduate thesis, Universitas Internasional Semen Indonesia.
Text (ABSTRAK)
5. ABSTRAK.pdf Download (615kB) |
|
Text (DAFTAR ISI)
7. DAFTAR ISI.pdf Download (544kB) |
|
Text (BAB I)
10. BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (634kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (539kB) |
|
Text (FULLTEXT)
SKRIPSI - UHFANUL HIDAYATI (2011510075).pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) | Request a copy |
|
Text (FULLTEXT DOC)
SKRIPSI - UHFANUL HIDAYATI (2011510075).docx Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Kabupaten Gresik sebagai kawasan industri menjadi sasaran bagi para pendatang yang sedang mencari tempat kerja, pratik kerja dan tempat meneruskan pendidikan. Adanya pendatang yang membutuhkan tempat tinggal menambah peluang usaha rumah kos, yang mana 11.763 jiwa penduduk Kabupaten Gresik yang berpenghasilan rendah masih menempati hunian berstatus kontrak/sewa. Besarnya peluang memunculkan kompetitor baru sehingga pemilik usaha harus memiliki strategi pemasaran yang tepat dengan menentukan segmen dan target pasar. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tipe pengguna dan rumah yang ada dipasar serta segmentasinya. Segmentasi pasar tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan metode K-Means Clustering. Proses klasterisasi dilakukan dengan mengelompokkan data berdasarkan kemiripannya. Data yang digunakan adalah data pengguna dan data rumah. Berdasarkan hasil dan analisis cluster pengguna diketahui bahwa cluster pengguna terbesar yaitu cluster pengguna 3 dengan 37,53% pengguna didominasi oleh mahasiswa, sedangkan dari hasil dan analisis cluster rumah diketahui bahwa cluster rumah terbesar yaitu cluster rumah 3 dengan 40,94% rumah untuk kalangan pria dan wanita lajang. Sedangkan, hasil analisis segmentasi pasar menunjukkan bahwa cluster pengguna 1 merupakan pangsa pasar dari cluster rumah 1 dan cluster rumah 4, cluster pengguna 2 merupakan pangsa pasar dari cluster rumah 1, cluster pengguna 3 merupakan pangsa pasar dari cluster rumah 3 dan cluster rumah 5, cluster pengguna 4 merupakan cluster pengguna yang lebih flexibel karena merupakan pangsa pasar dari kelima cluster rumah dan cluster pengguna 5 merupakan pangsa pasar dari cluster rumah 3 dan cluster rumah 5.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | 62/KK.18/UISI-01/MR | ||||||
Uncontrolled Keywords: | Indekos, K-Means Clustering, Segmentasi Pasar | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) | ||||||
Divisions: | Department of Engineering Management | ||||||
Depositing User: | Mahasiswa UISI | ||||||
Date Deposited: | 25 Jun 2020 08:29 | ||||||
Last Modified: | 27 Jul 2020 14:03 | ||||||
URI: | https://repository.uisi.ac.id/id/eprint/221 |
Actions (login required)
View Item |