OPTIMALISASI SISTEM ANTRIAN PADA MANAJEMEN TEBANG MUAT ANGKUT PT. PERKEBUNAN NUSANTARA XI, PABRIK GULA KEDAWOENG, PASURUAN

Kiki Dian Permata Gandhi, 1011510045 (2017) OPTIMALISASI SISTEM ANTRIAN PADA MANAJEMEN TEBANG MUAT ANGKUT PT. PERKEBUNAN NUSANTARA XI, PABRIK GULA KEDAWOENG, PASURUAN. Undergraduate thesis, Universitas Internasional Semen Indonesia.

[img] Text (ABSTRAK)
5. ABSTRAK.pdf

Download (340kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (453kB)
[img] Text (PENDAHULUANA)
11. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (619kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (450kB)
[img] Text (FULLTEXT)
SKRIPSI-KIKI DIAN PERMATA GANDHI(1011510045).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (FULLTEXT DOC)
SKRIPSI-KIKI DIAN PERMATA GANDHI(1011510045).docx
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Manajemen tebang muat angkut merupakan aktivitas utama dalam pelaksanaan supply chain di pabrik gula Kedawoeng. Manajemen tebang muat angkut merupakan kegiatan pengadaan bahan baku yang sangat rentan dengan faktor waktu dan jarak karena tebu memiliki batasan waktu menunggu agar kandungan gula atau rendemen yang diperoleh maksimal dan dapat menghasilkan gula dengan kuantitas dan kualitas yang tinggi. Penilaian kinerja supply chain pabrik gula Kedawoeng dilakukan dengan menggunakan value chain diagram yang bertujuan untuk mengetahui aktivitas apa saja yang masih memerlukan perbaikan dan pengawasan. Berdasarkan hasil penilaian, diketahui bahwa sistem antrian merupakan salah satu aktivitas yang perlu dioptimalkan karena berkaitan dengan waktu tunggu tebu maksimal yaitu 36 jam. Didalam pabrik gula Kedawoeng terjadi 2 kali proses tunggu yaitu proses tunggu selektor 1 dan di meja tebu. Untuk meminimalisir waktu tunggu pada selektor 1 dan meja tebu, dilakukan proses simulasi antrian menggunakan software ARENA sehingga diperoleh waktu dan jumlah pengiriman truk optimal. Selama proses penelitian dilakukan pengamatan terhadap waktu kedatangan, pengiriman, proses seleksi, pelayanan, perjalanan dan persentase keberhasilan dengan detail. Dalam proses pembuatan replikasi akan dilakukan proses validasi dan verifikasi yang bertujuan untuk memastikan bahwa model yang dibuat dapat menggambarkan kondisi yang sesungguhnya. Pada penelitian ini, direkomendasikan dua skenario perbaikan yaitu dengan perubahan batch dan perubahan batch dan delay. Skenario yang dipilih adalah skenario dengan batch 7 dan delay 45 sebagai saran perbaikan sistem antrian yang berjalan saat ini

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 033/KK.17/UISI-01/MG
Uncontrolled Keywords: Manajemen Tebang Muat Angkut, Simulasi Antrian, Rantai Nilai, Simulasi Arena, Rantai pasok
Contributors:
ContributionNameEmail
Thesis advisorNugroho Priyo Negoro, S.T., S.E., M.T-
Thesis advisorAtikah Aghdhi Pratiwi, S.T., M.Tatikah.pratiwi@uisi.ac.id
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Department of Management
Depositing User: Aliffia Cahyani
Date Deposited: 25 Jun 2020 08:33
Last Modified: 25 Jun 2020 08:33
URI: https://repository.uisi.ac.id/id/eprint/257

Actions (login required)

View Item View Item