KLASTERISASI PENGGUNA SEMEN BERDASARKAN PREFERENSINYA TERHADAP PT SEMEN INDONESIA (PERSERO) TBK MENGGUNAKAN PENDEKATAN K-MEANS CLUSTERING

Ismi Maisaroh, 2011510063 (2017) KLASTERISASI PENGGUNA SEMEN BERDASARKAN PREFERENSINYA TERHADAP PT SEMEN INDONESIA (PERSERO) TBK MENGGUNAKAN PENDEKATAN K-MEANS CLUSTERING. Undergraduate thesis, Universitas Internasional Semen Indonesia.

[img] Text (ABSTRAK)
5. ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
10. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)
[img] Text (FULLTEXT)
SKRIPSI - ISMI MAISAROH (2011510063).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (FULLTEXT DOC)
SKRIPSI - ISMI MAISAROH (2011510063).docx
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Persaingan industri semen di Indonesia semakin meningkat ditandai dengan kenaikan kapasitas produksi semen nasional dari 60,57 juta ton menjadi 78 juta ton. Selama ini PT Semen Indonesia (Persero) Tbk menguasai hampir 42% market share semen nasional. Hal tersebut membuat PT Semen Indonesia (Persero) Tbk berkeinginan untuk mempertahankan atau bahkan meningkatkan market share dengan menentukan strategi pemasaran yang tepat dalam meningkatkan penjualan. Namun penerapan strategi pemasaran tidak bisa diperlakukan sama terhadap karakteristik pengguna semen yang berbeda-beda. Akan tetapi pengguna semen yang berbeda dapat dikelompokkan menjadi beberapa golongan supaya biaya dan program dalam menjalankan strategi pemasaran lebih optimal. Upaya pengelompokan ini dapat dilakukan dengan metode K-Means Clustering. Penelitian ini diawali dengan melakukan perekapan data dari responden pengguna semen. Data tersebut akan dihitung persentasenya lalu akan menjadi dasar untuk melakukan klasterisasi. Dalam metode ini ditentukan jumlah kelompok yang akan dibentuk adalah sejumlah 3 (tiga) klaster yaitu Sangat Menggemari, Menggemari, dan Kurang Menggemari. Hasil penelitian dan analisa pada data responden pengguna semen dapat dijelaskan bahwa untuk secara umum tidak ada wilayah yang masuk ke dalam klaster Kurang Menggemari, 4 wilayah dalam klaster Menggemari, dan 11 wilayah dalam klaster Sangat Menggemari. Pada kategori Rumah Tangga semua wilayah masuk ke dalam klaster Sangat Menggemari. Pada kategori Tukang terdapat 9 wilayah dalam klaster Sangat Menggemari, 5 wilayah dalam klaster Menggemari, dan 1 wilayah dalam klaster Kurang Menggemari. Pada kategori Kontraktor/Developer terdapat 11 wilayah dalam klaster Sangat Menggemari, 3 wilayah dalam klaster Menggemari, dan 1 wilayah dalam klaster Kurang Menggemari. Pada kategori Ritel terdapat 1 wilayah dalam klaster Sangat Menggemari, 12 wilayah dalam klaster Menggemari, dan 2 wilayah dalam klaster Kurang Menggemari. Klaster tersebut berpengaruh pada penetapan strategi pemasaran PT Semen Indonesia (Persero) Tbk.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 44/KK.17/UISI-01/MR
Uncontrolled Keywords: Klasterisasi, K-Means Clustering, Pengelompokan Pengguna Semen
Contributors:
ContributionNameEmail
Thesis advisorDr. Eng. Ir. Ahmad Rusdiansyah, M.Eng., CSCP, CLTDahmad.rusdiansyah@uisi.ac.id
Thesis advisorAndhika Eko Prasetyo, S.T., M.T.andhika.prasetyo@uisi.ac.id
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Department of Engineering Management
Depositing User: Mahasiswa UISI
Date Deposited: 13 Jul 2020 10:24
Last Modified: 13 Jul 2020 10:24
URI: https://repository.uisi.ac.id/id/eprint/309

Actions (login required)

View Item View Item