Ahmad Ibrahim Farrasmahib, 2021510005 (2019) Penentuan Rute Distribusi Multi Produk Dengan Memperhitungkan Time Windows. Studi Kasus : Distribusi Center, Koperasi Karyawan Redrying Tembakau Bojonegoro (Kareb). Undergraduate thesis, Universitas Internasional Semen Indonesia.
Text (ABSTRAK)
5. Abstrak.pdf Download (163kB) |
|
Text (DAFTAR ISI)
7. Daftar Isi.pdf Download (476kB) |
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
11. BAB I.pdf Download (284kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
17. Daftar Pustaka.pdf Download (266kB) |
|
Text (JURNAL)
JURNAL - AHMAD IBRAHIM FARRASMAHIB (2021510005).docx Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (FULLTEXT)
2021510005_Ahmad Ibrahim Farrasmahib.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
|
Text (FULLTEXT DOC)
2021510005_Ahmad Ibrahim Farrasmahib.docx Restricted to Repository staff only Download (24MB) | Request a copy |
Abstract
Dalam melakukan kegiatan distribusi produk, tentunya akan membawa dampak bagi perusahaan dan lingkungan sekitar. Hampir setiap perusahaan memiliki alat transportasi dalam melakukan pengiriman dan pendistribusian. Tidak mudah untuk melakukan kegiatan pendistribusian, namun kebanyakan perusahaan masih melakukan pendistribusian sesuai dengan pengalamannya. Hal tersebut akan menjadi sebuah permasalahan bagi perusahaan. Ketika melakukan kegiatan pendistribusian, hal yang terpenting adalah menentukan rute yang optimal. Dengan rute yang optimal, perusahaan akan menghemat bahan bakar dan waktu dalam melakukan pendistribusian, sehingga perusahaan dapat meningkatkan nilai profit. Perhitungan yang tepat dalam pemilihan rute yaitu menggunakan model matematis Vehicle Routing Problem (VRP) dan Vehicle Routing Problem time windows (VRPTW) dengan menambahkan berbagai macam produk atau yang disebut (Multi Produk). Hasil yang didapatkan menghemat sebesar 18,45% dari rute eksiting. Setelah melakukan perhitungan tersebut akan dilakukan analisis pemilihan rute, sehingga dapat dihasilkan rute yang paling optimal dengan menghabiskan biaya bahan bakar 21 liter dan menghabiskan biaya bahan bakar Rp. 109.200. Analisa dan perhitungan yang dilakukan bertujuan untuk menghemat bahan bakar, waktu dan jarak yang paling optimal serta meningkatkan keuntungan bagi perusahaan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | 005/KK.19/UISI-01/TL | ||||||
Uncontrolled Keywords: | Distribusi, Transportasi, Vehicle Routing Problem dan Time Windows | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) | ||||||
Divisions: | Department of Logistic Engineering | ||||||
Depositing User: | Raudhatul Munawwarah | ||||||
Date Deposited: | 29 Jul 2020 15:59 | ||||||
Last Modified: | 29 Jul 2020 15:59 | ||||||
URI: | https://repository.uisi.ac.id/id/eprint/522 |
Actions (login required)
View Item |