ANALISIS UTILISASI CONTAINER YARD STUDI KASUS PT XYZ MENGGUNAKAN METODE AGENT BASED MODELING AND SIMULATION

Kamal Noor Amrullah, 2021510024 (2019) ANALISIS UTILISASI CONTAINER YARD STUDI KASUS PT XYZ MENGGUNAKAN METODE AGENT BASED MODELING AND SIMULATION. Undergraduate thesis, Universitas Internasional Semen Indonesia.

[img] Text (ABSTRAK)
5. ABSTRAK.pdf

Download (498kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (505kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
10. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (724kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (706kB)
[img] Text (JURNAL)
JURNAL.docx
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (FULLTEXT)
KAMAL NOOR AMRULLAH-2021510024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (FULLTEXT DOC)
KAMAL NOOR AMRULLAH-2021510024.docx
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Peningkatan arus petikemas menyebabkan beberapa subfungsi yard tidak berjalan dengan optimal. Kondisi ini menyebabkan permasalahan pada utilisasi lapangan penumpukan sehingga terjadinya antrian truk yang mengambil atau menaruh peti kemas di depo peti kemas, membuat ruang gerak dari alat bongkar muat semakin terbatas. Pada pendekatan permasalahan ini menggunakan pendekatan simulasi berbasis agen untuk mendapatkan presentase utilisasi normal dari lapangan penumpukan peti kemas. Simulasi berbasis agen sangat tepat sebagai identifikasi dan penyelesaian permasalahan pada depo peti kemas dikarenakan agen-agen yang terlibat dalam simulasi terdiri dari jadwal petikemas, jadwal kedatangan truk, serta lahan penumpukan. Ketika simulasi dijalankan pada skenario pertama dengan mempertimbangkan peti kemas tidak terpakai dan peti kemas rusak menghasilkan nilai 0,7125. Pada skenario kedua dengan mempertimbangkan peti kemas yang tidak terpakai menghasilkan nilai 0,5375. Pada skenario ketiga dengan mempertimbangkan peti kemas rusak menghasilkan nilai 0,6375. Pada hasil ketiga skenario tersebut maka skenario kedua dipilih dikarenakan memiliki nilai yang kecil dibanding dengan beberapa skenario-skenario yang ada. Sehingga utilisasi normal di depo peti kemas dapat tercapai.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 021/KK.19/UISI-01/TL
Uncontrolled Keywords: Simulasi, Agent Based Modeling and Simulation, Utilisasi, Peti kemas
Contributors:
ContributionNameEmail
Thesis advisorArtya Lathifah, S.T., M.Sc., MBA.artya.lathifah@uisi.ac.id
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Department of Logistic Engineering
Depositing User: Aliffia Cahyani
Date Deposited: 29 Jul 2020 16:22
Last Modified: 29 Jul 2020 16:22
URI: https://repository.uisi.ac.id/id/eprint/548

Actions (login required)

View Item View Item