Karina Virgiananda Sirsya, 2021510057 (2019) PENENTUAN JUMLAH KEBUTUHAN DAN KAPASITAS KAPAL YANG OPTIMAL UNTUK PENGIRIMAN KOMODITAS EKSPOR DAN IMPOR PADA JALUR PELAYARAN DI INDONESIA. Undergraduate thesis, Universitas Internasional Semen Indonesia.
Text (ABSTRAK)
5. ABSTRAK.pdf Download (406kB) |
|
Text (DAFTAR ISI)
7. DAFTAR ISI.pdf Download (428kB) |
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
10. BAB I.pdf Download (290kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (353kB) |
|
Text (JURNAL)
JURNAL - Karina Virgiananda Sirsya - TL 2021510057.docx Restricted to Repository staff only Download (109kB) | Request a copy |
|
Text (FULLTEXT)
SKRIPSI - KARINA VIRGIANANDA SIRSYA (2021510057).pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
|
Text (FULLTEXT DOC)
SKRIPSI - KARINA VIRGIANANDA SIRSYA (2021510057).docx Restricted to Repository staff only Download (19MB) | Request a copy |
Abstract
Sebagai negara maritim, Indonesia harus mampu mengintegrasikan antar pulau menjadi negara yang utuh dan berdaulat. Saat ini, pemerintah Indonesia bersama para pemangku kepentingan menciptakan peran strategis untuk mengembangkan sistem logistik nasional sebagaimana dinyatakan dalam visi dan misi cetak biru Sislognas. Salah satu misi mereka adalah menciptakan konektivitas dari antarpulau ke pelabuhan hub internasional. Pada tahun 2015, telah ada penelitian mengenai menentukan konektivitas optimal antara pelabuhan hub internasional dan pelabuhan domestik utama. Beberapa aspek dikembangkan oleh peneliti saat ini, seperti menentukan jumlah kapasitas, dan kebutuhan kapal yang optimal untuk pengiriman kargo pada rute yang menghubungkan pelabuhan domestik utama dan pelabuhan hub Internasional di Indonesia. Dengan menggabungkan Feeder Network Design Problem (FNDP), Multiple Commodities Network Design Problem (MCNDP), penelitian ini bertujuan untuk mengembangan model yang telah ada pada penelitian sebelumnya. Tujuan dalam model adalah menekan total biaya pengiriman pada setiap rute pelayaran dari pelabuhan hub Internasional dan pelabuhan domestik di Indonesia. Hasil yang diperoleh untuk rute bagian Barat, yaitu kapasitas kapal yang paling optimal adalah 3.000 TEUs, dengan jumlah kapal sebanyak 30 unit dan menghasilkan biaya total pengiriman sebanyak 94 milyar. Kemudian untuk rute Timur, kapasitas yang paling optimal yaitu 2.000 TEUs, dengan jumlah kapal yang ditugaskan sebanyak 20 unit dan menghasilkan biaya sebesar 22 milyar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | 043/KK.19/UISI-01/TL | ||||||
Uncontrolled Keywords: | feeder network design problem, kapasitas kapal, multiple commodities network design problem | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) | ||||||
Divisions: | Department of Logistic Engineering | ||||||
Depositing User: | Raudhatul Munawwarah | ||||||
Date Deposited: | 04 Aug 2020 11:36 | ||||||
Last Modified: | 04 Aug 2020 11:36 | ||||||
URI: | https://repository.uisi.ac.id/id/eprint/550 |
Actions (login required)
View Item |